Cafe & Coffee Shop, Bisnis Serupa Namun Tak Sama

-

Cafe dan coffee shop bisnis satu ini mulai menjamur seiring dengan berkembangnya media sosial. Dewasa ini, pelanggan berkunjung ke sebuah cafe atau coffee shop tak hanya sekedar bersantap siang semata, melainkan banyak motif lain, seperti berswafoto, bersosialisasi atau sekedar untuk bekerja.

Menjawab pergeseran perilaku konsumen tersebut, akhirnya banyak usaha cafe dan coffee shop yang menambahkan dekorasi dan kenyamanan sebagai salah satu aspek dalam berbisnis. Persaingan bisnis yang cukup ketat membuat usaha bidang kuliner ini harus sigap memutar otak menciptakan strategis bisnis yang tepat guna.

Akibat dari konsep bisnis yang saling menyerupai, terkadang pelanggan sering salah kaprah membedakan antara cafe atau coffee shop. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa kedua usaha ini merupakan satu kesatuan alias tidak ada pembeda sama sekali.

Daripada Anda salah duga membedakan antara cafe dan coffee shop, melalui artikel kali ini KAWN akan berikan beberapa perbedaan yang menjadi ciri khas dari masing-masing usaha tersebut. Penasaran? Mari kita ulas bersama.

Baca juga: Potensi Bisnis Kuliner, yang Pasti Menguntungkan

Cafe dan Coffee Shop Berbeda Konsep Menu

source : design.tutsplus

Faktor pertama inilah yang menjadi pembeda yang jelas antara cafe dan coffee shop.  Varian menu yang ditawarkan antara cafe dan coffee shop memiliki perbedaan dan kesamaan.

Pada cafe tidak hanya menyajikan minuman kopi saja, namun beberapa variasi minuman lain pun turut hadir dalam daftar menu. Selain itu, cafe juga menyajikan makanan berat yang tentu saja berbeda dengan konsep menu pada coffee shop.

Sesuai dengan namanya, coffee shop hanya menyajikan minuman kopi atau teh kepada pelanggan. Beberapa coffee shop juga menjual camilan, seperti cookies, sandwich atau roti manis sebagai pendamping kopi atau teh. Letak kesamaan antara cafe dan coffee shop ada pada sajian minuman kopi yang ditawarkan.

Baca juga: Kreasi Pastry, Croffle, yang Wajib Anda Icip Di Jakarta!

Pramusaji atau Barista?

source : topcareer

Meskipun sama-sama mempunyai tugas dan tanggung jawab melayani pesanan pelanggan.  Namun, kedua profesi ini memiliki kompetensi yang berbeda, loh!

Cafe yang menyajikan sekedar minuman kopi biasanya hanya mempekerjakan seorang pramusaji untuk melayani pesanan pelanggan. Berbeda dengan bisnis coffee shop yang memiliki variasi sajian kopi beragam membutuhkan peran seorang barista yang handal dalam meracik minuman kopi.

Seorang pramusaji belum tentu seorang barista, namun sebaliknya seorang barista bisa jadi seorang pramusaji. Jadi, pilihan bergantung pada Anda.

Baca juga: Kedai Kopi Terbaru di Cipanas, Cek!

Jam Operasional

source : canva

Perbedaan terakhir yang membedakan antara cafe dan coffee shop adalah dalam hal jam pelayanan atau operasional. Seringkali coffee shop mempunyai jam operasional yang lebih panjang ketimbang dengan cafe.

Baca juga: Mesin Kopi Espresso Andalan, Untuk Coffee Shop Impian

KawanKAWN sekarang sudah tidak perlu bingung lagi yah membedakan antara cafe dan coffee shop favorit Anda. Semoga informasi yang telah diberikan bisa memberikan penerangan untuk Anda.

Jangan lupa untuk terus simak artikel KAWN yang membahas aneka informasi dunia bisnis, teknologi dan F&B. Sampai jumpa lagi!