Oleh-Oleh Khas Bali Ini Wajib Anda Bawa Pulang, Yuk Kita Cek Satu Persatu!

-

Oleh-oleh atau buah tangan biasanya menjadi bawaan wajib saat Anda akan kembali ke kota asal. Bentuknya pun sangat beragam, mulai dari makanan, minuman, pakaian hingga kerajinan tangan khas dari suatu daerah.

Terlebih, jika Anda baru saja berlibur ke suatu daerah. Sudah pasti, oleh-oleh menjadi poin pertama yang ditanyakan oleh teman atau sanak saudara, saat Anda kembali pulang.

Bisa dibilang, Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang tidak ada habisnya untuk dibahas. Banyak hal menarik di pulau ini, selain memiliki wisata alam yang memesona, pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini juga menyajikan ragam oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang. Karena itulah, banyak orang yang senantiasa semakin cinta dengan Pulau Bali, dan bahkan semakin berhasrat untuk kembali lagi dilain kesempatan.

Baca juga: Kafe Nuansa Bali Di Jakarta dan Sekitarnya

Lantas, oleh-oleh khas Bali apa saja yang wajib Anda bawa pulang? Dilansir dari laman liburanbali.net, berikut daftarnya!

Oleh-Oleh Khas Bali untuk Pecinta Kopi, Kopi Kintamani

source : kintamani.id

Punya teman atau saudara yang gemar minum kopi, bawakan saja oleh-oleh yang satu ini, yakni Kopi Kintamani. Seperti yang kita ketahui, Indonesia kaya dengan biji kopinya yang sangat beragam. Hampir di setiap daerah di Indonesia, punya daerah sebagai penghasil kopi unggulan, tidak terkecuali dengan Kintamani, yang ada di Pulau Bali.

Karakternya, Kopi Kintamani memiliki tingkat keasaman atau acidity yang cukup rendah. Namun, rasa yang paling menonjol dari kopi ini adalah rasa jeruk dengan body yang sedang dan tidak terlalu pahit.

Selain terkenal di negeri sendiri, Kopi Kintamani merupakan salah satu kopi Indonesia yang mendunia lho! Terhitung beberapa negara seperti, Australia, Jepang, Arab Saudi dan beberapa negara di Eropa gemar mengonsumsi Kopi Kintamani.

Baca juga: Kopi Nusantara yang Sudah Terlanjur Dicintai Masyarakat Dunia

Pakaian Khas Pulau Bali, Baju Barong

source : google image

Bicara oleh-oleh khas Pulau Bali tidak melulu berupa makanan maupun minuman. Pasalnya, ada beberapa pakaian yang menjadi ciri khas dari Pulau Bali, baju barong salah satunya. Design yang cukup sederhana dengan menampilkan tokoh mitologi Bali, membuat baju barong kerap menjadi buruan para pelancong.

Tidak sulit mencari baju barong di Pulau Bali. Pasalnya, hampir di setiap sentra oleh-oleh atau pasar tradisional menawarkan baju barong dengan berbagai jenis, warna dan ukuran. Harganya pun cukup beragam, namun kebanyakan baju ini dibanderol mulai dari Rp 25.000 per baju.

Baca juga: Potensi Cuan di Bisnis Sablon Kaos

Pie Susu Khas Pulau Bali

source : liputan6

Camilan berukuran kecil dan tipis ini merupakan salah satu oleh-oleh yang paling banyak diburu oleh turis, baik mancanegara maupun domestik. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut dan renyah membuat siapa saja tertarik untuk mencobanya. Sehingga, tak jarang orang dirumah atau teman dikantor selalu meminta dibawakan oleh-oleh pie susu khas Bali.

Baca juga: Gusti Ngurah Anom Sang Pemilik Toko Oleh-Oleh Krisna Bali, Yuk Intip Kisah Suksesnya!

Gurih dengan Teksturnya yang Renyah, Kacang Disko

source : herworld indonesia

Jika Anda dan keluarga suka dengan camilan renyah dengan sensasi gurih dan pedas, kacang disko lah jawabannya. Camilan ini seperti kacang tepung pada umumnya, namun komposisi tepungnya lebih tebal dan kaya rasa.

Tidak seperti dahulu, saat ini kacang disko tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari pedas, keju, barbeque, original hingga rasa udang. Camilan ini sangat mudah ditemukan, hampir setiap toko oleh-oleh di penjuru Pulau Bali pasti menyediakan kacang disko di dalam etalasenya.

Baca juga: Kacang-Kacangan, Ketahui Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ragam Kerajinan Khas Masyarakat Pulau Bali

source : detik

Seperti yang kita ketahui, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni berupa kerajinan tangan. Maka, tak jarang yang menjadikan kerajinan tangan hasil masyarakat Bali sebagai oleh-oleh saat kembali kota asal.

Kerajinan tangan khas Bali begitu banyak jenisnya. Ada yang hanya sebagai pajangan atau hiasan rumah, bahkan ada juga kerajinan yang bisa Anda kenakan saat berpergian, seperti tas anyaman, perhiasan perak, kain tradisional dan juga penutup kepala khas Bali.

Sebetulnya, banyak penjual kerajinan tangan di pinggiran jalan di Bali. Akan tetapi, Anda akan merasakan keseruan tersendiri jika berburu kerajinan tangan khas Bali di beberapa pasar tradisional berikut, seperti Pasar Sukawati, Pasar Guwang, Pasar Ubud, Pasar Seni Kuta dan juga Pasar Kumbasari.

Baca juga: 6 Pasar Tradisional di Bali yang Menjadi Objek Wisata

KawanKAWN, berburu oleh-oleh memang memberikan kepuasan tersendiri saat berlibur di Bali. Karena hal itulah, banyak yang memasukan berburu oleh-oleh kedalam itinerary selama berlibur di pulau Bali. Dari kelima oleh-oleh yang sudah disebutkan diatas, mana yang menjadi favorit Anda?

Oh iya, jika Anda pemilik toko oleh-oleh dan masih bingung mengelolanya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir online KAWN lho! Dilengkapi fitur-fitur mumpuni, KAWN mampu memberikan kemudahan saat berbisnis oleh-oleh, seperti pencatatan penjualan lengkap, pencatatan stok hingga mengelola multi cabang. Bagaimana, ingin mencoba free trial aplikasi kasir online KAWN selama 15 hari, silahkan klik disini ya!