Oleh-Oleh Khas Jogjakarta yang Wajib Dibawa Pulang

-

Oleh-oleh menjadi salah satu budaya yang sudah lama mengakar di Indonesia. Bagi mereka yang sedang dalam perjalanan dan hendak kembali ke kampung halaman atau pulang ke rumah, biasanya akan membawa oleh-oleh bagi keluarga maupun kerabatnya. Bener gak nih KawanKAWN?

Salah satu kota yang menjadi destinasi di Indonesia yaitu Jogjakarta. Siapa yang tidak mengenal kota ini? Jogjakarta yang sering disebut sebagai kota pelajar mempunyai banyak destinasi wisata serta oleh-oleh yang sangat spesial untuk dicicipi maupun dibawa pulang untuk keluarga tercinta.

Baca juga: 10 REASONS TO FALL IN LOVE WITH JOGJA
Special Things that Get You Crazy in Love with Her

Jika ada yang bertanya tentang oleh-oleh khas Jogjakarta, apa yang pertama kali Anda ingat? Banyak pasti kan. Nah, dalam artikel kali ini KAWN akan menyajikan beberapa oleh-oleh yang wajib dibawa pulang oleh KawanKAWN saat berkunjung ke Jogja. Yuk kita simak sama-sama.

Oleh-Oleh Jogjakarta, Bakpia Pathok

Source: grid.id

Berbahan dasar tepung terigu, gula dengan isian klasik kacang hijau, siapa yang tidak mengenal bakpia pathok? Berukuran kecil, pas untuk digigit, dan memiliki rasa manis adalah ciri khas dari bakpia pathok. Banyak yang mengatakan bahwa belum ke Jogjakarta kalau tidak mencicipi bakpia pathok.

Varian isi dari bakpia pathok saat ini sangat beragam, dari kacang hijau, kumbu hitam, keju hingga durian. Semuanya memiliki keunikannya masing-masing namun tidak mengurangi kenikmatan dari rasa bakpia pathok itu sendiri. Jadi, manakah favorit Anda?

Baca juga: Kuliner Khas yang Membuat Anda Selalu Rindu dengan Kota Malang

Gudeg

Source: goodnewsfromindonesia.id

Makanan satu ini memang sangat familiar di Jogjakarta. Berbahan dasar dari nangka muda, gudeg selalu menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi pagi hingga malam hari. Namun, banyak dari pecinta gudeg yang ragu untuk menjadikannya oleh-oleh karena tekstur gudeg yang basah.

Bagi Anda yang juga pecinta gudeg khas Jogjakarta, jangan bersedih hati. Karena saat ini gudeg memiliki dua varian yang basah dan yang kering. Basah bisa Anda nikmati di tempat sedangkan yang kering bisa Anda bawa untuk oleh-oleh orang yang Anda sayangi.  

Baca juga:  Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Pastinya Buat Anda Ketagihan!

Yangko

Source: twitter/getukecomgl

Siapa bilang hanya Jepang yang bisa membuat mochi? Indonesia juga bisa loh. Kalau selama ini mochi khas Sukabumi sangat familiar di telinga Anda, kini perkenalkan mochi khas Jogjakarta yang tidak kalah enaknya, yaitu yangko.

Oleh-oleh satu ini memang banyak dibilang mirip dengan mochi. Berwarna-warni, rasanya manis dengan tekstur yang kenyal membuat yangko menjadi oleh-oleh yang patut Anda bawa pulang juga ya.

Baca juga: Daftar Bisnis Makanan Ringan, Anda Perlu Coba

Tasuba

Source: rri.co.id

Jangan gagal fokus dengan singkatannya ya. Tasuba sendiri merupakan singkatan dari tahu susu bakso lho KawanKAWN. Tahu susu bakso memang identik dengan Kota Semarang, namun Anda juga bisa menjadikan tasuba sebagai oleh-oleh dari Jogjakarta.

Tahu berwarna cokelat yang diisi dengan adonan bakso, membuat siapapun yang memakannya akan ketagihan. Oleh-oleh ini biasanya akan awetkan dengan metode vakum, jadi aman jika Anda mau membelinya atau mengirimnya ke luar pulau Jawa.

Baca juga: Gurihnya Bisnis Tahu Pedas, Omzetnya Bisa Rp 10 Jutaan/Bulan!

Nah, demikianlah empat oleh-oleh yang wajib Anda pulang jika berkunjung dari Jogjakarta. Anda juga bisa menjadikan salah satunya menjadi ide bisnis f&b loh. Karena penikmatnya yang banyak, sehingga peluangnya cukup besar.

Tetap nantikan artikel bisnis serta informasi seputar f&b lainnya di blog KAWN. Jangan ragu untuk menjadikan aplikasi kasir KAWN sebagai pendamping bisnis Anda. KAWN, satu harga untuk berbagai fitur. Sampai jumpa!