Olahan Bebek Khas Indonesia yang Wajib Anda Cicipi Saat Travelling

-

Olahan bebek juga termasuk masakan khas Indonesia yang tidak boleh Anda lewatkan saat travelling. Daging unggas ini, banyak dikatakan mirip dengan daging ayam. Namun, tahukah Anda bahwa daging bebek memiliki banyak keistimewaan?

Baca juga: Kuliner Khas yang Membuat Anda Selalu Rindu dengan Kota Malang

Dari segi kesehatan, manfaat daging bebek diantaranya, memiliki kandungan gizi yang kompleks, dapat menjaga daya tahan tubuh hingga menyehatkan jantung. Dari segi cita rasa, daging bebek lebih berserat karena kapasitas daging bebek tidak sebanyak daging ayam. Selain itu aroma bebek lebih amis seperti seafood namun jika dapat memasaknya dengan tepat, olahan bebek lebih gurih daripada daging ayam.

Baca juga: Pengawetan Daging Dengan Metode Autoklaf

Setelah kita mengetahui keistimewaannya, kini saatnya kita mengulik bagaimana cara untuk memasaknya agar menjadi olahan bebek yang nikmat. Diantaranya yaitu, merebus bebek mentah selama 1,5 jam dengan batang sereh, daun salam, jahe, daun jeruk dan lengkuas agar hilang bau amisnya. Cara tersebut juga dapat melunakkan daging bebek sebelum diolah menjadi suatu menu yang nikmat.

Baca juga: Tips Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Berbau

Nah, kini kita akan mulai membahas tentang olahan bebek khas Indonesia. Karena di beberapa provinsi, olahan bebek menjadi signature dish (hidangan khas) yang dapat dinikmati dengan bumbu rempah khas daerah tersebut. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jogjakarta yang Wajib Dibawa Pulang

Olahan Bebek Hitam Khas Madura

Source: Google Image

Madura memang tidak bisa Anda pandang sebelah mata. Terkenal dengan olahan bebeknya yang nikmat, yaitu nasi bebek bumbu hitam. Apakah Anda pernah mencicipinya?

Olahan bebek ini menggunakan bebek muda yang dimasak dengan bumbu merah khas Indonesia dan ditambahkan dengan daun jeruk, daun salam, gula merah, asam jawa. Jangan lupa untuk makannya dengan nasi ya, biar semakin kenyang.

Baca juga: 10 Makanan Khas Madura yang Pantang Dilewatkan Saat Melancong

Olahan Bebek Betutu Khas Bali

Source: Google Image

Membaca sub-judulnya saja, pasti Anda sudah bisa menebak kan olahan bebek satu ini berasal dari Bali. Memiliki rasa pedas yang khas, namun tahukah Anda apa arti dari betutu? Betutu sebenarnya adalah proses memasak menggunakan ayam dan bebek.

Olahan bebek ini menggunakan bumbu dasar seperti bumbu putih, merah, dan kuning (kunyit). Sebagai pelengkap yaitu iris kasar daun singkong muda kemudian masukkan ke dalam rongga badan bebek. Bungkus dan masak daging bebek dalam gulungan daun pisang dan alumunium foil hingga matang.

Baca juga: 13 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba Kalau Liburan ke Bali Lagi

Olahan Bebek Khas Bukittinggi, Itiak Lado Mudo

Source: Google Image

Travelling ke Pulau Sumatera, khususnya daerah Bukit Tinggi, Anda tidak boleh melewati olahan bebek satu ini. Hawanya yang dingin, membuat Anda akan terasa lapar terus. Menu ini patut Anda coba ya.

Daging bebek/itik dilumuri dengan cabai hijau yang berlimpah sehingga rasanya pedas. Satu porsi itiak lado mudo menyajikan ¼ daging bebek, sehingga Anda bisa menyantapnya dengan keluarga maupun kerabat untuk makan bersama. Selamat menikmati!

Baca juga: 10 Kuliner Asli Bukittinggi yang Bikin Nambah Porsi, Lamak Bana!

Olahan Bebek Rica-Rica Khas Manado

Source: Google Image

Olahan bebek dengan sensasi pedas tidak saja dimiliki oleh Bukittinggi, namun Manada juga punya loh. Namanya bebek rica-rica. Membaca namanya saja, Anda pasti sudah bisa membayangkan rasanya bukan.

Olahan bebek ini memang menggabungkan antara cabai dan lada, sehingga dobel-dobel rasa pedasnya. Tidak lupa juga disertai dengan bumbu rempah khas Indonesia yang membuat rasanya semakin nikmat. Berani mencoba?

Baca juga: 10 MAKANAN MANADO TERFAVORIT

Source: Google Image

Olahan Bebek Goreng, Menu Tersimpel & Menjadi Favorit

Menu satu ini banyak kita lihat di kota besar, seperti Jakarta. Tidak harus di restoran khusus yang menjual bebek, olahan bebek goreng juga banyak kita jumpai di restoran umum.

Rasa bebeknya yang gurih, ditambah bumbu bebek yang digoreng hingga krispi membuat siapapun tidak akan bisa menolaknya. Jangan lupa colek sambal, jika Anda pecinta makanan pedas ya.

Baca juga: Wisata Kuliner Dalam Gang di Kota Jakarta, Berikut Daftarnya!

Lima menu olahan diatas wajib masuk ke dalam bucket list saat Anda bepergian/travelling. Pastikan untuk selalu mendukung menu olahan khas Nusantara ya, karena itu juga berkontribusi dalam memajukan UMKM Indonesia loh.

Anda berminat untuk membuka bisnis olahan bebek tapi masih bingung dengan sistem operasional hariannya? Tenang, ada aplikasi kasir KAWN yang siap mendampingi bisnis Anda. Karena KAWN, satu harga dengan beragam fitur andalan.

Sampai jumpa & salam sukses!