Minuman Bersantan Kreasi Tangan Orang Indonesia, Lezat No Debat!

-

Minuman hasil tangan orang Indonesia memang begitu banyak ragamnya.  Bukan hanya sebagai pelepas dahaga, kreasi minuman juga banyak disajikan dengan berbagai macam rasa dan tentunya menggugah selera.

Bahan campuran yang digunakan untuk membuat minuman pun juga sangat beragam. Ada yang mencampurkan susu, kental manis, gula merah atau bahkan sirup dengan berbagai macam rasa. Namun, banyak yang mencampurkan air santan ke dalam resep minumannya. Menariknya, banyak daerah di Indonesia yang menghasilkan kreasi minuman bersantan.

Santan sendiri merupakan air hasil perasan kelapa yang telah diparut terlebih dahulu. Berwarna putih seperti susu dengan rasa tawar yang sedikit gurih.

Selain bisa digunakan sebagai campuran minuman. Sebetulnya, santan lebih sering digunakan untuk membuat masakan, mulai dari gulai, rendang, sayur lodeh, opor, tongseng hingga Soto Betawi.

Baca juga: Soto Betawi Paling Enak Di Jakarta, Pecinta Kuliner Wajib Coba Nih!

Lantas, minuman apa saja yang mencampurkan santan kedalam resepnya? Dikutip dari beberapa sumber, berikut daftarnya.

Minuman Bersantan Khas dari Tanah Betawi, Es Selendang Mayang

Mungkin bagi Anda yang tidak tinggal di Kota Jakarta cukup asing dengan minuman bersantan yang satu ini, yakni es selendang mayang. Bagaimana tidak, minuman khas dari Tanah Betawi ini sudah masuk kategori kuliner langka, tentu saja karena keberadaan penjual minuman ini yang sulit ditemukan.

Es selendang mayang merupakan minuman segar yang memadukan kue kenyal berwarna-warni yang disiram dengan kuah santan dan gula cair. Konon ceritanya, es selendang mayang populer di Tanah Betawi sejak tahun 1940-an. Dimana, minuman ini selalu disajikan saat perayaan-perayaan penting warga Betawi, seperti hajatan, pernikahan atau perayaan adat Betawi lainnya, kutip food.detik.com.

Bisa dibilang, membuat es selendang susah-susah gampang. Ada dua langkah yang harus dilakukan, yakni membuat isiannya, selanjutnya tentu saja membuat kuahnya. Untuk rasanya, jangan diragukan lagi, tekstur isian yang lembut serta kuah yang manis nan menyegarkan membuat siapa saja sulit untuk menolaknya!

Baca juga: Resep Es Selendang Mayang

Nikmat nan Menyegarkan Saat Dinikmati Di Siang Hari, Es Cendol

Selanjutnya, minuman bersantan kreasinya orang Indonesia adalah es cendol. Bisa dikatakan, es cendol lebih familiar ketimbang es selendang mayan. Pasalnya, es cendol bisa ditemukan di belahan Indonesia manapun.

Namun banyak yang meyakini, kalau es cendol merupakan minuman khas dari Tanah Sunda, tepatnya Kota Bandung. Bahkan ada cerita menarik, saat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Menlu Inggris, Elizabeth Truss. Dimana, kehadirannya disuguhi Es Cendol Elizabeth oleh sang gubernur.

Baca juga: Sambut Menlu Inggris di Bogor, Ridwan Kamil Sajikan Es Cendol Elizabeth

Sekedar informasi, Es Cendol Elizabeth merupakan salah satu merek dagang es cendol ternama di Kota Bandung. Lahir sejak tahun 1972, tak salah jika menobatkannya sebagai es cendol favoritnya warga Bandung, kutip liputan6.com.

Tidak begitu sulit jika Anda ingin membuat es cendol. Namun, satu-satunya tantangan adalah mencari daun suji yang kerap digunakan sebagai pewarna hijau alami dan menimbulkan aroma yang wangi. Pasalnya, keberadaan daun suji saat ini sudah cukup sulit untuk ditemukan.

Baca juga: Begini Cara Membuat Es Cendol yang Enak di Rumah

Bersantan dengan Isian yang Lengkap, Es Doger

Masih dari Tanah Sunda, satu lagi kuliner berupa minuman bersantan yang menyegarkan dan wajib Anda cicipi, yakni es doger. Es doger sendiri merupakan minuman bersantan yang memiliki isian cukup lengkap, mulai dari kelapa muda, potongan alpukat, bubur mutiara, potongan roti, ketan hitam hingga tapai singkong.

Baca juga: Olahan Singkong yang Lezat dan Siap Menggoyang Lidah Anda!

Disajikan dengan sirup merah, susu kental manis serta serutan es batu yang sudah dicampur santan, membuat minuman ini sangat segar jika dikonsumsi saat terik matahari. Bagaimana, tertarik coba?

Usut punya usut, penamaan es doger merujuk pada kebiasaan Orang Sunda yang menamai makanan atau minuman dengan singkatan. Seperti batagor, yaitu baso tahu goreng atau cireng yang merupakan akronim dari aci digoreng. Sedangkan, es doger sendiri merupakan es dorongan gerobak.

Diceritakan apasih.web.id, awalnya minuman ini dijual secara dipikul. Namun, cara ini dinilai memberatkan sang penjual dan tidak menarik perhatian pembeli. Akhirnya, muncul ide baru untuk menarik minat pembeli dengan menggunakan gerobak yang didorong. Akhirnya, sejak saat itulah, minuman ini dikenal dengan sebutan es doger atau es dorong gerobak.

Es Kacang Merah, Sajian Pelepas Dahaga dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Minuman segar bersantan bukan hanya milik masyarakat Sunda. Dialah Palembang, Bangka, Manado serta Makassar, beberapa kota di Indonesia yang sangat familiar dengan es kacang merah.

Menariknya, dari setiap kota tersebut memiliki racikan yang hampir sama. Dimana, kacang merah yang sudah dibersihkan lalu direbus terlebih dahulu agar teksturnya lunak. Sebagai pelengkap, tidak lupa menambahkan potongan buah nangka dan tapai.

Untuk kuahnya, perpaduan es serut, susu kental manis, sirup cocopandan dan tidak lupa santan yang teksturnya sedikit kental. Rasanya, sudah pasti kaya akan rasa dan tentunya menyegarkan.  

Selain itu, es kacang merah juga kaya akan manfaat kesehatan. Dikutip alodokter, kacang merah mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari karbohidrat, lemak, serat, vitamin B, folat serta mineral seperti kalium, magnesium, fosfor dan zat besi. Berkat kandungan nutrisinya, beberapa manfaat yang didapat oleh tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengontrol gula dan membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Kacang-Kacangan, Ketahui Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Segar dan Kaya akan Manfaat, Es Cincau

Terakhir, ada es cincau yang menjadi penutup pada artikel minuman bersantan kali ini. Tidak sulit untuk menemukan minuman bersantan yang satu ini. Pasalnya masih banyak penjual es cincau yang berseliweran keliling perkampungan atau bahkan mangkal di pinggir jalan. Kendati demikian, tidak ada salahnya jika Anda coba buat sendiri dirumah.

Cincau merupakan bahan minuman yang terbuat dari bahan alami, yakni daun cincau. Selain bertekstur kenyal dan lembut menyerupai jelly, cincau juga menyehatkan loh.

Diulas sehatq, manfaat cincau hijau cukup beragam untuk kesehatan. Secara umum kandungan daun cincau hijau adalah karbohidrat, lemak, protein dan senyawa lainnya, seperti polifenol dan flavonoid. Dimana, beberapa kandungan tersebut dapat menurunkan tekanan darah, menyehatkan pencernaan, menangkal radikal bebas serta mencegah osteoporosis.

KawanKAWN, baru saja kita ulas mengenai minuman bersantan yang lezat dan tentu saja menyegarkan. Akan tetapi, jika Anda memiliki minuman bersantan lainnya yang menjadi favorit Anda, silahkan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih!