Metode Menjaga Kualitas Frozen Food Tetap Aman Saat Hendak Dikonsumsi

-

Metode menjaga kualitas makanan beku (frozen food) memang wajib kita ketahui. Mengapa begitu? Agar saat kita mengonsumsinya tetap mendapatkan cita rasa dan manfaatnya.

Baca juga: Aneka Makanan Frozen yang Dijamin Best Seller Di Pasar

Banyak metode yang pastinya sudah biasa Anda lakukan untuk mencairkan frozen food sebelum dikonsumsi. Tapi, apakah Anda yakin metode tersebut juga menjaga kualitas gizi di dalamnya? Jika iya, coba sebutkan metode yang Anda lakukan di kolom komentar ya!

Dalam artikel kali ini, KAWN akan secara khusus membahas metode yang dapat digunakan untuk menjaga kualitas frozen food agar tetap aman saat dikonsumsi. Metode-metode di bawah ini dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Bisnis Frozen Food, Nikmati Cuan Melimpah Saat Pandemi Covid-19

Selain itu, jika Anda seorang usahawan, metode-metode di bawah ini juga bisa digunakan di usaha/bisnis Anda lho. Pastikan usaha/bisnis Anda memenuhi syarat dan menyediakan barang-barang yang diperlukan ya. Berikut penjelasannya.

Metode Pertama, Cairkan Frozen Food Di Suhu yang Tepat

Source: Canva

Ada tiga metode untuk mencairkan frozen food dengan benar. Yaitu, simpan di lemari es bagian bawah, cairkan di dalam air dingin atau di dalam microwave. Jika, frozen food dicairkan pada suhu air dingin atau di microwave harus segera dimasak ya agar tidak ada bakteri yang masuk kedalam frozen food yang sudah mencair tersebut.

Baca juga: 5 Daftar Bisnis Makanan Ringan, Anda Perlu Coba

Simpan Frozen Food Sesuai Dengan Waktu yang Dianjurkan

Source: Canva

Jenis makanan yang dapat dibekukan pada freezer memiliki karakteristik dan durasi tertentu. Misalnya daging mentah bisa disimpan dalam freezer selama 4-12 bulan, daging cincang mentah dapat bertahan hingga 3-4 bulan, sementara daging unggas mentah juga bisa bertahan selama 9-12 bulan.

Beberapa jenis frozen food lain yang dapat dimasukkan di dalam freezer adalah roti beku atau roti instan, sayuran beku, nugget, bacon, sosis. Sementara jenis makanan yang tidak dapat atau tidak disarankan untuk dimasukkan ke dalam freezer diantaranya sayuran yang mengandung banyak air, makanan kaleng, mentega maupun keju.

Baca juga: Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave, Apa Saja?

Jaga Tingkat Suhu Dalam Freezer

Source: Canva

Kunci dalam menyimpan frozen food di freezer adalah suhu yang stabil. Sayuran beku, misalnya. Bahan makanan ini dapat disimpan selama 8-12 bulan di dalam freezer bersuhu -17 derajat. Selain itu, sebaiknya hindari membuka pintu freezer ketika listrik padam, agar suhu dingin tidak keluar dari freezer. Pastikan pula pintu freezer tertutup rapat dan tidak ada karet pelindung yang longgar.

Baca juga: 5 Makanan yang Lebih Enak Disantap Jika Dingin

Demikian beberapa metode sederhana yang dapat digunakan saat Anda hendak mengolah/mengonsumsi frozen food. Jangan lupa baca artikel inspiratif dan seputar dunia usaha lainnya hanya di website kawn.co.id ya.