Mesin Digital Printing Banyak Ragamnya, Yuk Kenali Satu per Satu!

-

Mesin digital printing bisa dibilang merupakan cerminan dari kemajuan teknologi dalam dunia percetakan. Jika sebelumnya, teknik pencetakan dilakukan secara konvensional, beda dengan masa kini yang mengandalkan mesin cetak berbasis komputer atau yang biasa disebut digital.

Dikutip wikipedia, digital printing bisa diartikan sebagai metode pencetakan berupa file gambar atau teks, yang kemudian bisa langsung dicetak ke berbagai media secara instan. Setidaknya, ada 2 perangkat yang wajib disiapkan untuk mengoperasikan pekerjaan ini, yakni komputer yang sudah tersambung dengan mesin cetak digital.

Makin kesini, bisnis digital printing semakin banyak peminatnya. Tentunya hal ini didasari oleh semakin meningkatnya permintaan akan kebutuhan percetakan yang cepat.

Baca juga: Digital Printing, Nikmati Cuan Melimpah dengan Tips Berikut!

Namun, jika Anda tertarik membangun bisnis digital printing, ada beberapa hal dasar yang wajib Anda ketahui, salah satunya adalah jenis mesin cetak digital. Menentukan mesin cetak ini pun berpengaruh juga pada seberapa besar bisnis digital printing yang ada bangun.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, KAWN coba mengulas beberapa jenis dari mesin cetak tersebut. Dikutip dari laman snapy, berikut daftarnya!

Mesin Inkjet Printer

source : id.canon

Bisa dibilang, mesin jenis ini merupakan yang paling sering dipakai banyak orang. Bukan hanya pelaku usaha percetakan, lingkungan sekolah, kampus maupun perkantoran banyak yang menggunakan mesin cetak jenis inkjet. Jenis mesin printer ini kerap digunakan oleh pelaku UMKM, seperti bisnis fotocopy & print, bisnis cetak undangan, cetak foto dan lain sebagainya.

Baca juga: Fotokopi, Kenali Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Ini

Dikutip pintarkomputer, mesin inkjet printer memiliki ragam keunggulan dibanding mesin cetak konvensional, berikut diantaranya:

  1. Hasil cetakan yang berkualitas tinggi, walau menggunakan kertas yang tidak begitu baik.
  2. Durasi proses pencetakan yang sangat cepat.
  3. Harganya yang terbilang cukup murah.
  4. Pada tipe printer tertentu, mampu mencetak melalui SD card atau kamera digital langsung.

Mesin Plotter

source : jetitech

Jenis mesin digital printing selanjutnya adalah mesin plotter. Mesin plotter merupakan mesin cetak digital yang dipakai untuk mencetak pada media yang lebar. Pada merek tertentu, mesin ini tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari 1,5 meter, 3 meter hingga 5,4 meter.

Produk yang dihasilkan mesin ini biasanya berupa media promosi, baik yang digunakan di indoor maupun outdoor, mulai dari spanduk, banner, backdrop hingga baliho. Pemain bisnis ini biasanya bagi mereka yang memiliki modal cukup besar, pasalnya harga satu mesin dibanderol yang cukup mahal, hingga ratusan juta rupiah.

Mesin Cetak Offset Digital

source : pusat digital printing jepara

Dalam dunia printing, teknik offset manual merupakan salah satu teknik percetakan yang paling umum digunakan sejak dahulu. Proses cetak offset manual, bermula pada materi cetak yang dipindahkan dari sebuah plat ke media cetak. Proses ini menggunakan tinta basah dan memerlukan waktu pengeringan setelah proses percetakan selesai, kutip rhinoindonesia.

Akan tetapi, setelah hadirnya mesin cetak offset digital, semua proses pencetakan tersebut dapat diringkas menjadi waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu, mesin cetak offset digital kerap digunakan untuk mencetak dalam skala besar atau jumlah banyak. Berbeda dengan mesin inkjet printer, mesin ini mampu mencetak pada media yang lumayan besar, seperti pada kertas ukuran A4 hingga A0.

Mesin Flatbed Printing

source : solusi printing

Mesin cetak digital berikutnya adalah flatbed printing. Menggunakan teknologi dari tinta UV, jenis mesin mampu mencetak pada media yang berbahan keras, datar dan licin, seperti keramik, kaca, akrilik hingga mug.

Teknologi ini mampu membuat hasil cetakan kering dalam sekejap. Selain itu, keunggulan lainnya adalah hasil cetakan mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang.  

Mesin Sablon Digital

source : print graphic magz

Mesin ini tergolong masih baru dalam dunia sablon. Jika dahulu teknik sablon menggunakan film sebagai media cetaknya, saat ini teknik sablon sudah langsung melalui mesin cetak digital.

Baca juga: Potensi Cuan di Bisnis Sablon Kaos

Mesin ini menggunakan tinta khusus yang mampu menyerap cepat pada kain, yakni tinta neopigment kornit. Selain menyerap lebih cepat, tinta ini mampu menghasilkan cetakan yang sangat baik.  

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Tinta Sablon

KawanKAWN, baru saja kita ulas beberapa jenis mesin cetak digital. Untuk itu, jika Anda memutuskan untuk membangun bisnis digital print sebaiknya kenali dulu jenis-jenis mesinnya ya!

Kalian tunggu artikel selanjutnya ya. Jika Artikel ini bermanfaat untuk Anda, atau ada pertanyaan seputar mesin digital printing, silahkan tulis di kolom komentar ya! Terima kasih!