Mengenal Jenis-Jenis Es Krim dari Berbagai Dunia

-

Di saat musim panas, pastinya es krim akan menjadi kudapan yang sangat nikmat untuk dicicipi. Terlebih lagi pada saat siang hari yang terik. Varian rasa yang bermacam-macam, membuat es krim dapat dinikmati oleh semua kalangan di belahan dunia manapun.

Baca juga : 7 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Es Krim

Sepertinya hampir semua orang baik tua dan muda akan sulit untuk menolak nikmatnya kudapan yang memiliki tekstur lembut, dingin dan manis ini. Kuliner beku yang sudah ada sejak zaman dahulu ini bahkan menjadi salah satu kudapan yang pasti ada disetiap negara yang ada didunia ini. Tidak heran, beberapa negara mempunyai varian es krim yang  khas, bahkan bisa saja hanya ditemukan di negara tersebut. Lantas, apa saja, jenis-jenis es krim yang ada di berbagai belahan dunia? Mungkin salah satunya adalah es krim favorit Anda, berikut daftarnya :

Gelato

Es krim pertama yang akan KAWN bahas adalah gelato. Mungkin es krim jenis ini merupakan yang paling familiar bagi Anda. Karena sudah banyak kedai gelato yang bermunculan, terutama di mal-mal besar.

Baca juga : Kenali Sejarah Gelato, Yuk!

Gelato merupakan es krim khas dari tanah Italia. Sekilas, tampilan gelato yang bertekstur lembut hampir tak dapat dibedakan dengan dengan es krim pada umumnya. Tapi bila dirasakan lebih dalam, gelato memiliki tekstur yang lebih padat dan creamy dibanding es krim yang lainnya. Selain itu, kandungan lemak susu di dalam gelato juga lebih sedikit, sehingga membuat es krim jenis ini mudah meleleh bila terkena panas.

Dondurma

Apakah Anda pernah melihat kedai es krim yang kerap menyajikannya pertunjukan atraksi dari sang penjualnya? Ya, es krim dondurma yang berasal dari Turki ini identik dengan cara penyajiannya yang sangat unik. Biasanya, es krim ini diletakkan menggunakan tongkat besi panjang dan disajikan di atas cone es krim.

Baca juga : Ternyata Ini Rahasianya Es Krim Turki Elastis dan Tidak Cepat Meleleh

Es krim dondurma memiliki tekstur yang sangat elastis, hal ini membuat dondurma berbeda dengan es krim pada umumnya. Karena sangat elastis, es krim ini dapat dibentuk menjadi berbagai macam rupa. Rahasia dari tekstur es krim yang elastis terletak pada salep yang merupakan salah satu bahan pembuatan es krim. Salep sendiri adalah tepung yang terbuat dari akar bunga anggrek ungu dan mastic, yaitu getah yang memberi tekstur kenyal pada es krim.

Es Krim Mochi

Apabila Anda sedang berkunjung ke Negara Jepang, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mencicipi ragam kuliner di negara tersebut. Salah satunya yang cukup populer adalah es krim mochi. Seperti yang KAWN lansir dari id.wikipedia.org, mochi sendiri adalah kue khas Jepang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sehingga memiliki tekstur lembut dan lengket.

Baca juga : Perbedaan Mochi Jepang Dan Mochi Indonesia

Biasanya kue mochi memiliki isian kacang merah, namun berbeda dengan es krim mochi, sesuai dengan namanya es krim mochi tentu saja memiliki isian berupa es krim pada bagian dalamnya. Tekstur yang dirasakan saat mengonsumsinya pun unik, terasa kenyal, agak lengket, tetapi akan terasa dinginnya es krim pada bagian dalamnya.

Kulfi

India memang memiliki kuliner yang sangat beragam dan beberapa diantaranya terbilang sangat terjaga keasliannya. Salah satunya ada kuliner legendaris berupa es krim tradisional yang sudah berumur lebih dari 100 tahun lamanya, namanya adalah kulfi.

Baca juga : 5 Hidangan Terenak Khas Negeri Bollywood

Di India, kulfi sendiri dijual dengan menggunakan panci besar bernama matka yang diisi dengan es dan garam. Kulfi terbuat dari susu yang direbus selama satu jam, kemudian dibentuk kerucut. Bisa dibilang kulfi merupakan kudapan es krim yang memiliki rasa yang cukup unik, karena saat membuatnya ada tambahan beberapa bumbu, seperti pistachio, kunyit dan kapulaga. Bagaimana? Apakah Anda berminat mencobanya?

Spaghettini

Jika Anda menganggap makanan ini adalah spaghetti yang merupakan makanan khas dari Italia, sepertinya Anda salah. Spaghettini adalah kudapan berupa es krim yang berasal dari Negara Jerman.  Jika es krim pada umumnya memiliki wadah seperti cone atau cup, berbeda dengan es krim jenis ini, karena spaghettini memiliki bentuk seperti spaghetti yang disajikan diatas piring.

Baca juga : Makanan Khas Jerman yang Terkenal

Es krim ini dibentuk dengan menggunakan mesin pencetak kentang, sehingga memiliki bentuk yang kecil dan panjang layaknya spaghetti khas Italia. Anda akan merasakan citarasa yang menarik saat mencoba es krim ini, karena dibuat dengan rasa vanilla, kemudian diberikan selai stroberi dan taburan coklat putih yang diparut. Selai stroberi yang menyerupai saos tomat dan keju parut akan membuat tampilan es krim ini semakin menyerupai spaghetti.  

Frozen Yoghurt

Frozen Yoghurt atau lebih dikenal dengan istilah froyo berasal dari Amerika Serikat. Namun, sebelum dikenal dengan istilah froyo seperti sekarang, di tahun 1970-an, froyo dikenal dengan istilah frogurt.

Es krim yang berasal dari negeri paman sam ini dibuat dari yoghurt yang ditambah dengan berbagai macam rasa dan stabilizer es krim, namun dengan cara pembuatan yang sama dengan es krim pada umumnya. Frozen yoghurt sangat cocok bagi Anda yang  sedang menjalani program diet, karena memiliki  kandungan lemak yang sangat rendah.

Pagoto

Pagoto merupakan kudapan es krim khas dari negeri para dewa, yaitu Yunani. Jika indera perasa Anda cukup peka, pada saat menyantap es krim ini, Anda akan merasakan citarasa gabungan antara es krim gelato dari Italia dan dondurma dari Turki. Hal ini menjadikan es krim ini memiliki citarasa yang unik, yaitu rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut namun tetap kenyal di lidah. Untuk varian rasanya, pagoto sendiri memiliki pilihan rasa yang cukup beragam seperti gelato pada umumnya.

Sorbetes

Sorbetes merupakan kudapan es krim khas Negara Filipina yang terbuat dari campuran susu sapi dan curacao alias air kelapa. Pada umumnya, sorbetes disajikan dengan menggunakan roti atau wafer cone. Es krim ini memiliki rasa yang cukup beragam, seperti stroberi, coklat dan vanila. Namun, Anda jangan lewatkan untuk mencoba rasa keju, yang merupakan paling populer di negara asalnya.

Paletas

Umumnya, es krim memiliki rasa yang creamy dan terbuat dari bahan utama seperti susu, namun berbeda dengan paletas. Paletas justru memiliki citarasa yang lebih segar, karena bahan utama untuk membuat es krim jenis ini adalah buah-buahan. Es krim yang menjadi ciri khas dari Negara Meksiko ini memiliki rasa yang cukup unik loh, karena Anda akan merasakan sensasi asin atau pedas saat pertama kali mencoba es krim ini. Jadi, tidak selamanya ya, es krim memiliki rasa yang manis dan creamy.

Baca juga : 5 Makanan Khas Mexico yang Mendunia


Itulah beberapa jenis-jenis es krim dari berbagai negara yang ada di dunia ini. Terlihat sangat menggugah selera ya! Dari 9 es krim yang sudah KAWN sebutkan diatas, apakah ada yang menjadi favorit Anda, atau bahkan es krim favorit Anda belum masuk dalam artikel ini? Kalau begitu, jangan lupa untuk tulis di kolom komentar ya, ditunggu!