Mengenal Cash Drawer dan Jenis-Jenisnya

-

Seorang pebisnis kuliner yang menggunakan aplikasi kasir online (point of sale) pasti sudah tidak asing dengan alat yang satu ini. Laci kasir atau yang sering disebut dengan cash drawer merupakan salah satu perangkat pelengkap untuk menunjang kinerja aplikasi kasir online.

Baca juga : Sistem POS (Point of Sale) yang Perlu Diketahui

Sederhananya laci kasir memiliki fungsi utama sebagai penyimpan uang tunai hasil transaksi antara penjual dan pembeli. Namun, saat ini ternyata laci kasir memiliki fungsi yang melebar. Tidak hanya sebagai penyimpan uang tunai saja, laci kasir pun saat ini sudah dapat terintegrasi dengan printer untuk mencetak resi pembayaran.

Baca juga : Fakta Tentang Printer Thermal

Di pasaran laci kasir dijual cukup beragam, mulai dari ukuran kecil, sedang dan besar. Namun, biasanya yang sering Anda temui dan gunakan sehari-hari adalah laci kasir dengan ukuran kecil atau sedang. Ukuran besar biasanya dipakai pada industri-industri tertentu.

Bahan pembuatan laci kasir rata-rata terbuat dari metal atau stainless steel. Tetapi pada beberapa merek, laci kasir ada yang terbuat dari plastik ABS, yang membuat bobot dari alat ini menjadi lebih ringan. Laci kasir yang terbuat dari metal atau stainless steel tetap menjadi primadona karena ketahanan dan keamanan yang lebih mumpuni.

Saat ini metode pembayaran non tunai lebih populer daripada pembayaran tunai, namun peran dari laci kasir tetap penting. Karena, meskipun pembayaran non tunai mengandalkan mesin EDC untuk mencetak resi pembayaran, tetap saja Anda butuh mencetak resi pembayaran dari aplikasi kasir online Anda sendiri dan itu terkadang membutuhkan bantuan dari laci kasir yang sudah terintegrasi dengan printer thermal.

Baca juga : Kenali 5 Manfaat Transaksi Non Tunai

Di atas KAWN sudah jelaskan mengenai apa itu laci kasir dan manfaatnya terhadap bisnis Anda. Nah, pada bagian selanjutnya KAWN akan menjelaskan 2 jenis laci kasir yang biasanya digunakan sebagai pelengkap aplikasi kasir, apa saja itu berikut penjabarannya:

Laci Kasir RJ11

Laci kasir ini merupakan laci kasir yang memiliki harga yang cukup terjangkau dengan fitur standar. Meskipun standar, laci kasir ini sudah mampu memberikan fungsi utama sebagai penyimpan uang tunai.

Laci kasir ini dapat diintegrasikan dengan aplikasi kasir online dan printer thermal melalui kabel LAN. Laci kasir RJ11 dapat keluar secara otomatis untuk mengeluarkan kotak deposit ketika transaksi sukses dilakukan oleh aplikasi kasir online. Apabila Anda tertarik untuk membelinya, Anda dapat klik disini untuk melihat deskripsi dari laci kasir ini.

Laci Kasir mPOP Star Micronics

Laci kasir selanjutnya yang KAWN dapat jabarkan adalah laci kasir dengan tipe mPOP Star Micronics. Laci kasir ini memiliki harga yang lumayan tinggi, namun dengan fitur yang canggih dan tampilan yang modern.

Perbedaan yang mencolok antara laci kasir biasa dengan mPOP Star Micronics adalah kemampuannya yang sangat compact, karena sudah termasuk dengan printer thermal dan menggunakan koneksi bluetooth sebagai konektor antara laci kasir dengan aplikasi kasir online.

Dengan mengusung konsep serba nirkabel membuat tampilan mesin kasir Anda menjadi terkesan simple, stylish dan modern. Cukup dengan komputer tablet, tablet stand dan mPOP Star Micronics,  Anda sudah dapat melakukan kegiatan transaksi bisnis dengan mudah. Klik disini apabila Anda ingin mendapatkan laci kasir ini dengan sistem pre-order.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai laci kasir dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi berharga untuk Anda dalam memilih laci kasir yang tepat untuk menemani perjalanan bisnis Anda. Jangan lupa untuk komen dan terus membaca artikel selanjutnya yah, Terima Kasih!