Mau Daftar Menu Anda Terlihat Menarik, Ikuti 7 Tips Berikut

-

Sepintas, membuat daftar menu untuk bisnis restoran Anda merupakan hal yang cukup sederhana. Anda pun bisa saja membuatnya dengan selembar kertas berisi nama-nama menu beserta harganya. Namun, walaupun sederhana, masih saja banyak rumah makan atau restoran yang kerap mengabaikannya. Daftar menu untuk bisnis kuliner pun sebetulnya memegang peranan yang cukup penting. Pasalnya, daftar menu merupakan garda terdepan saat konsumen akan memutuskan pilihannya.

Baca juga : Mau Pengunjung Kafe Ramai? Ikuti 5 Inspirasi Desain Menarik ini

Sekarang, coba bayangkan jika Anda menjadi seorang konsumen yang sedang berkunjung ke sebuah restoran tanpa diberikan daftar menu. Anda tentu akan kesulitan dalam memilih hidangan apa yang akan dipesan, terlebih jika kedatangan kali ini merupakan yang pertama. Ditambah dengan kebiasaan konsumen masa kini yang selalu ingin dilayani, kondisi ini akan menimbulkan ketidaknyamanan yang dapat berujung pada berkurangnya minat konsumen untuk datang kembali.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Melihat pentingnya peranan daftar menu pada bisnis rumah makan, sepertinya membuat daftar menu adalah hal yang wajib untuk dipersiapkan. Lagipula, sebuah daftar menu juga terbukti memberikan dampak psikologis bagi konsumen yang berujung pada peningkatan keuntungan. Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat daftar menu yang baik dan menarik, melansir uprint.id berikut tips-tips yang bisa diaplikasikan saat Anda membuat daftar menu.

Membuat Daftar Menu dalam Bentuk Buku atau Lembaran

Membuat daftar menu bisa menghabiskan biaya yang bervariasi.  Mulai dari yang murah hingga memakan biaya yang cukup mahal, namun keduanya sangat memungkinkan Anda gunakan.

Baca juga : 7 Tipuan Psikologis Daftar Menu Makanan di Restoran, Bikin Laris!

Jika Anda menyiapkan budget yang sedikit, tentunya menggunakan bentuk lembaran adalah hal yang paling ideal. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan bahan atau kertas yang berkualitas dan sebaiknya diakhiri dengan proses laminating.

Namun, bila Anda memiliki budget yang cukup besar, mungkin daftar menu dalam bentuk buku bisa jadi opsi yang lebih baik. Karenanya, daftar menu dengan bentuk buku dapat memuat lebih banyak informasi menu untuk ditampilkan dan memiliki kesan yang lebih elegan.

Sesuaikan Desain Menu dengan Konsep Restoran

Penting untuk menyiapkan daftar menu makanan yang sesuai dengan konsep restoran Anda. Desain daftar menu ini dapat dibuat dengan memperhatikan segi warna konsep restoran maupun aksen-aksen seperti interior yang menjadi ciri khas dari restoran Anda.

Baca juga : Mau Pengunjung Kafe Ramai? Ikuti 5 Inspirasi Desain Menarik ini

Selain menampilkan kesan profesional dan menarik, mungkin saja desain daftar menu yang sesuai dengan tema restoran dapat menarik minat konsumen untuk mengunggahnya ke media sosial mereka. Karena hal ini, secara tidak langsung membuat restoran akan mendapat keuntungan dari segi branding dan marketing.

Buat Kategori Menu

Setelah Anda memutuskan bentuk daftar menu dan konsepnya langkah berikutnya adalah dengan membuat kategori menu yang ada pada restoran Anda, terlebih jika menu di restoran Anda sangat beragam. Tentunya, langkah ini dilakukan dengan tujuan agar konsumen tidak kebingungan dalam menentukan pesanan.

Kategori menu disini bisa berupa hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course) atau bahkan hidangan penutup (dessert). Namun, pengelompokan kategori menu juga bisa berupa berdasarkan bahan dasar hidangan tersebut, seperti menu olahan nasi, menu olahan mie atau menu olahan ayam. Lalu, jangan lupakan untuk membuat kategori sendiri untuk minumannya ya!  

Baca juga : Pengertian Appetizer, Main Course, Dan Dessert Beserta Contohnya

Maksimalkan Copywriting dan Tipografi

Konsumen akan lebih tertarik apabila daftar menu yang diberikan mempunyai kata-kata yang menggugah selera serta desain yang apik pada penulisannya. Untuk itu, maksimalkan keterampilan Copywriting dan  tipografi untuk memberikan karakter yang kuat dan menarik fokus konsumen terhadap menu-menu yang Anda tampilkan.

Baca juga : Tips Copywriting Produk Makanan yang Efektif Beserta Contohnya

Tipografi sendiri adalah seni merancang, menyusun, dan mengatur tata letak serta memilih jenis huruf untuk menghasilkan desain yang menarik, sedangkan Copywriting merupakan teknik menghasilkan tulisan terhadap menu yang akan disajikan kepada konsumen.

Gunakan Foto yang Menarik

Visual memang tidak pernah gagal untuk mencuri perhatian konsumen. Melengkapi desain daftar menu restoran dengan foto atau gambar pendukung yang berkualitas dapat meningkatkan imajinasi konsumen terhadap menu makanan tersebut. Pastinya, foto yang disertakan harus sesuai dengan hasil makanan yang akan disajikan kepada konsumen. Karena bisa saja, foto yang tidak sesuai akan menimbulkan kekecewaan dari pihak konsumen.

Baca juga : Tips Membuat Foto Produk lebih Ciamik Hanya dengan Kamera HP

Pemilihan foto pun perlu diperhatikan dari semua aspek fotografi yang baik, seperti memperhatikan cahaya, penataan objek dan komposisi yang tepat. Untuk itu hindari mengambil foto secara gratis yang ada di internet ya!

Memberikan Keterangan yang Representatif dan Detail

Mungkin Pelayan Anda tidak akan sempat untuk menjelaskan satu per satu setiap menu yang ditawarkan kepada konsumen. Untuk itu, agar lebih efisien, sertakan pula deskripsi menu pada daftar yang diberikan. Paling tidak, Anda bisa memberikan keterangan mengenai komposisi bahan yang digunakan dalam sajian tersebut.

Selain itu, bisa juga Anda berikan keterangan permintaan khusus atau modifier pada daftar menu Anda. tujuannya tentu saja agar dapat mengakomodir permintaan atau selera konsumen yang sifat beragam, seperti tingkat level pedas, pemilihan topping atau bahkan pemilihan bentuk makanan itu sendiri.

Baca juga : Macam-Macam Modifier dan Bagaimana Menyikapinya

Berbicara tentang permintaan khusus pelanggan, aplikasi kasir online KAWN juga memiliki fitur permintaan khusus atau modifier, melalui fitur ini Anda dapat dengan mudah melakukan modifikasi produk sesuai dengan permintaan dan selera konsumen secara akurat dan real-time. Untuk Itu, Anda dapat klik disini untuk mencoba secara gratis selama 30 hari, aplikasi kasir online KAWN yang didalamnya terdapat beragam fitur, termasuk fitur permintaan khusus.

Hindari Penggunaan Mata Uang

Langkah terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah memangkas penulisan harga dan jangan sertakan mata uang pada daftar menu Anda. Karena, semakin banyak deret angka atau jumlah nol pada harga, bisa saja konsumen akan ragu untuk memilih menu makanan yang sebenarnya menarik perhatiannya. Itulah sebabnya, Anda dianjurkan untuk memangkas penulisan nominal harga makanan, misalnya yang semula Rp 25.000 cukup ditulis menjadi 25K saja. Selain lebih nyaman dilihat, konsumen juga dapat lebih fokus pada menu makanan daripada harganya.

Baca juga : Redenominasi Mulai Akrab, Rp 100.000 Jadi Rp 100 K

Itulah beberapa tips desain menu hidangan untuk usaha restoran Anda agar terlihat lebih menarik. Namun, jika dirasa Anda masih merasa kurang mengerti, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya ya!

Nah, apabila urusan daftar menu untuk restoran Anda sudah beres, jangan lupa untuk mengutamakan kelancaran operasional restoran Anda. Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir online KAWN dengan beragam manfaat untuk bisnis restoran Anda, mulai dari pencatatan penjualan secara lengkap, mengelola multi-cabang hingga memudahkan konsumen untuk melakukan pesanan.

Khusus pada point terakhir, KAWN secara resmi telah merilis aplikasi tambahan bernama KAWN Pesan Mandiri, dimana berfungsi untuk memudahkan pelanggan melakukan pemesanan secara mandiri. Didukung fitur-fitur yang terintegrasi antara Anda dengan konsumen, sehingga memudahkan konsumen mengetahui informasi yang mereka butuhkan, seperti informasi katalog menu, konfirmasi pesanan hingga dapat mengetahui billing atau tagihan dari pesanannya. Untuk itu, silahkan klik disini untuk mengunduh aplikasi KAWN pesan Mandiri.