Mau Buat Bisnis Cafe? 5 Menu Ini Wajib Ada!

-

Saat ini cafe menjadi sebuah gaya hidup atau trend bagi sebagian besar orang, terutama kalangan anak muda. Mereka rela menghabiskan waktunya berjam-jam untuk bercerita bersama teman terdekat dan keluarga untuk sekadar menikmati menu andalan di cafe tersebut.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Hal ini menjadikan cafe atau sering disebut juga coffee shop menjadi sebuah peluang bisnis baru untuk Anda, karena dari tingginya pengunjung setiap minggunya tentunya membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan dan omset yang cukup besar dari membuka bisnis ini.

Namun, sebelum Anda berkeinginan membuat cafe ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti modal, tempat dan pengetahuan atau wawasan. Hal inilah yang bisa menentukan apakah bisnis cafe yang sedang Anda jalankan mampu bisa bertahan dan memperoleh keuntungan.

Baca juga : 3 Tips Memulai Usaha F&B dengan Modal Kecil

Selain ketiga hal tersebut tentunya menu dari bisnis cafe yang ingin Anda jalankan juga memiliki peran untuk perkembangan bisnis Anda nantinya. Walaupun menu minuman kopi menjadi salah satu menu wajib, terdapat menu lain yang harus Anda miliki. Melansir dari IDN Times berikut ini beberapa menu yang perlu dimiliki dari bisnis cafe.

Pastry

Menu yang satu ini perlu dimiliki setiap bisnis cafe, kenapa? Karena pastry atau camilan yang berbahan dasar dari tepung terigu ini menjadi hidangan yang pas untuk menemani secangkir kopi. Dari berbagai jenis pastry, croissant dapat menjadi salah satu menu andalan untuk cafe Anda.

Baca juga : Menu Pastry ala Prancis Terlezat yang Wajib Anda Coba

Croissant pastry termasuk yang paling mudah dan banyak digemari oleh berbagai macam kalangan, seperti anak-anak hingga orang dewasa. Bentuknya pun cukup unik dan khas karena seperti bulan sabit. Apabila Anda menyajikan menu yang satu ini disarankan untuk lebih awal, karena cocok sekali untuk dinikmati saat pagi hari.

Selain itu, Anda juga bisa hadirkan menu pastry yang cukup menyegarkan, yaitu short pastry. Berbeda dengan croissant, short pastry bentuknya dan teksturnya mirip sekali dengan kue pie. Namun, pada bagian atasnya diberikan potongan kecil aneka buah-buahan seperti kiwi, anggur dan juga strawberry.

Sandwich

Menu lain yang wajib Anda coba untuk membuat bisnis cafe, yaitu sandwich. Pastinya Anda sudah mengetahui menu yang satu ini, bukan? menu yang memiliki berbagai lapisan potongan daging, sayuran, dan roti dapat menjadi pelengkap saat menikmati secangkir kopi saat pagi hari.

Baca juga : 12 Cara Membuat Sandwich, Enak dan Praktis

Sebuah kedai coffe shop atau cafe perlu pertimbangkan sandwich sebagai menu pilihan Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk tidak laku di pasaran, apabila cafe Anda menyediakan menu yang satu ini menjadi nilai tambah, karena banyak sekali penikmat sandwich, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain memiliki rasa yang nikmat, sandwich juga makanan yang ringan dan sehat. Anda juga bisa kreasikan sendiri untuk menu di restoran Anda, sekarang ini sudah banyak video tutorial cara membuat sandwich berbagai macam varian, seperti sandwich bakar dengan topping tuna atau keju mozarella.

Pasta

Siapa yang tidak kenal pasta? makanan yang khas dari Italia ini menjadi favorit bagi sebagian besar orang ketika berkunjung ke cafe. Karena porsinya yang pas, tidak sedikit dan tidak juga banyak, pasta menjadi pilihan untuk menemani ketika ngobrol bersama teman atau keluarga.

Baca juga : 6 Olahan Pasta Mudah dan Murah yang Bisa Kamu Bikin Di Rumah

Anda bisa coba menu yang satu ini sebagai menu pilihan untuk bisnis cafe Anda, seperti pasta spagetti atau juga fettuccine. Memiliki bentuk yang seperti roda dan pita membuat menu makanan yang satu ini memiliki rasa yang cukup unik ketika dimakan, tidak lupa untuk tambahkan varian rasa seperti saus carbonara agar lebih menggugah selera.

Sama seperti menu sebelumnya, pasta juga menjadi salah satu pilihan mereka ketika berkunjung ke cafe. Karena banyak sekali berbagai permintaan dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hampir setiap orang menyukai pasta, mungkin juga termasuk Anda.

Kue tart

Menggunakan konsep bisnis cafe dan bakery shop, merupakan pilihan yang menarik. Selain menjual berbagai macam aneka minuman kopi, Anda juga bisa menampilkan di etalase cafe Anda dengan aneka kue tart yang menarik, karena dengan perpaduan antara kopi dan kue tart adalah pilihan yang pas untuk bersantai bersama teman atau keluarga.

Baca juga :  10 Resep Kue Tart Enak, Sederhana, dan Antigagal

Tentunya Anda tidak perlu membuat menu tart dengan 1 loyang penuh, Anda bisa membuat beberapa bagian seperti dadu atau pizza untuk dapat mudah dinikmati sebagai pendamping minum kopi. Agar tampilan menu kue tart yang Anda buat lebih menarik, Anda juga bisa tambahkan topping seperti buah ceri merah.

Berbeda dengan menu sebelumnya seperti sandwich dan juga pastry, pilihan menu yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dinikmati saat sore hari atau menjelang malam hari. Jadi, apabila Anda ingin menjadikan kue tart ini menjadi pilihan menu di cafe Anda, siap-siap untuk menambah jam malam cafe Anda ya!

Kentang goreng

Nah satu menu wajib terakhir yang tidak boleh tertinggal di setiap coffee shop, yaitu kentang goreng. Kudapan yang satu ini pasti dan sering Anda jumpai. Karena harganya yang murah, cocok untuk pendamping berbagai minuman dan menjadi hidangan yang pas untuk menemani waktu santai bersama teman.

Baca juga : 10 Cara Membuat Kentang Goreng Renyah, Lezat, dan Praktis

Supaya menu yang satu ini dilirik oleh banyak pelanggan, Anda perlu kembangkan atau tambahkan varian rasa untuk kentang goreng yang Anda jual, misalnya tambahkan keju mozarella atau toping rasa lainnya seperti bumbu balado agar rasanya tidak begitu hambar di lidah.

Jadi dengan pilihan menu tadi apakah Anda sudah siap untuk membuat bisnis cafe? Anda tidak perlu sekaligus mencoba semua, pilihlah menu yang sekiranya sesuai dengan konsep cafe Anda. Selain itu, Anda juga perlu aplikasi kasir online KAWN untuk mendukung cafe Anda lebih berkembang, klik disini untuk coba gratis selama 30 hari!