Mau Pengunjung Kafe Ramai? Ikuti 5 Inspirasi Desain Menarik ini

-

Saat ini nongkrong di kafe sudah menjadi gaya hidup bagi kaum urban. Mereka datang ke kafe bukan hanya untuk menikmati makanan atau minuman saja, namun juga menikmati suasana kafe yang menyenangkan untuk dikunjungi. Namun, bagaimana cara agar kafe Anda ramai dikunjungi pelanggan? berbagai cara dilakukan pemilik kafe, dari meningkatkan kualitas makanan, memberikan bermacam-macam promo, hingga menyajikan nuansa atau desain kafe yang menarik.

Baca juga : Mau Buat Bisnis Kafe? 5 Menu Ini Wajib Ada!

Untuk menciptakan kafe yang terlihat unik dan menarik, Anda perlu mendesain agar memberikan kenyamanan dan ketertarikan bagi pengunjung untuk datang lagi dilain waktu. Kafe yang dirancang tanpa persiapan yang matang, tentunya akan memberikan hasil yang kurang maksimal dan cenderung membosankan. Untuk itu, perlu persiapan dalam mendesain kafe Anda seperti interior, nuansa warna, furnitur dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Rekomendasi Tempat Makan Enak di Kemang, Jakarta Selatan

Seperti yang KAWN lansir dari idntime.com, berikut 5 inspirasi desain interior kafe yang unik dan menarik, yang tentunya bisa membuat kafe Anda ramai dikunjungi pelanggan.

Gunakan Perpaduan Warna Cerah

Kombinasi pilihan warna merupakan cara paling mudah untuk menjadikan interior kafe terlihat lebih modern. Pilihan warna yang tepat bisa menciptakan daya tarik bagi pelanggan terhadap kafe Anda.

Baca juga : Warna-warna yang Bisa Bikin Orang Jadi Nafsu Makan

Mengutip edupaint.com, warna bisa menjadi unsur paling penting yang dapat memunculkan kesan beragam saat diaplikasikan pada sebuah bangunan, baik interior maupun eksterior, tidak terkecuali pada bangunan kafe. Inspirasi warna yang bisa digunakan untuk kafe adalah warna abu-abu dan putih. Kedua warna tersebut merupakan yang paling tepat untuk memunculkan kesan modern pada interior kafe. Anda juga bisa menggunakan warna merah, karena warna tersebut memiliki karakter yang dapat meningkatkan selera makan dan membuat seseorang merasa cepat lapar.  

Gunakan Gaya Interior Unik

Desain interior yang unik bisa menjadi salah satu cara branding kafe Anda. Kafe yang memiliki ciri khas atau keunikan tertentu pasti akan lebih mudah diingat oleh pengunjung. Desain kafe seperti gaya modern, kontemporer, industrial, atau minimalis menjadi konsep yang paling banyak digunakan untuk penataan kafe saat ini. Akan tetapi jika Anda memiliki konsep kafe sendiri, tidak perlu ragu untuk mencoba mengaplikasikannya di dalam kafe Anda.

Kursi dan Meja

Interior untuk kafe yang paling utama dan sering digunakan pengunjung, yaitu meja dan kursi. Agar pengunjung bisa betah berlama-lama di kafe Anda, tentunya perlu pertimbangan dalam pemilihan meja dan kursi. Ada berbagai model meja dan kursi yang bisa Anda gunakan, tergantung dari fungsinya.

Baca juga : 9 Rekomendasi Kursi Kafe yang Unik dan Minimalis

Jika Anda ingin mengusung konsep outdoor, kursi berbahan kayu dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi, bisa Anda gunakan, sehingga pengunjung lebih nyaman menikmati pemandangan. Sedangkan jika Anda ingin membawa kesan modern, model mini bar yang memanjang dapat diaplikasikan di kafe Anda, sehingga pengunjung dapat merasakan kesan modern saat duduk disana.

Gunakan Jendela Kaca Ukuran Besar

Jendela kaca tembus pandang dengan ukuran besar menjadi inspirasi desain terbaik untuk sebuah kafe. Mengutip tripadvisor.com, jendela besar pada sebuah kafe sangat ideal agar orang-orang dari luar bisa menyaksikan seberapa nyaman interior dari sebuah kafe.

Penggunaan jendela kaca ukuran besar juga dapat memaksimalkan dari sisi pencahayaan, hal ini dikarenakan jendela dapat memanfaatkan cahaya matahari dikala siang. Terlebih lagi, dengan memanfaatkan cahaya matahari akan mengurangi pemakaian energi listrik.

Pencahayaan

Saat pengunjung melihat dari luar, pasti mereka akan mendatangi kafe yang memiliki kesan cerah dan terang. Kafe yang terlihat gelap dan pasti akan membuat beberapa orang enggan untuk masuk ke dalam. Pengunjung pasti akan berpikir kalau kafe masih belum buka atau masih dalam persiapan. Tentunya Anda pasti tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya pencahayaan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga : 12 Inspirasi Lampu Gantung Minimalis ala Cafe yang Berkelas!

Pencahayaan yang sesuai akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah saat ingin menghabiskan waktu di dalam kafe. Anda bisa memberikan pencahayaan di kafe Anda dengan bantuan cahaya lampu atau dari cahaya matahari. Kedua hal tersebut memberikan kesan yang berbeda. Kebanyakan orang akan menggunakan pencahayaan dari lampu karena dirasa bisa dikreasikan lebih maksimal. Lampu bisa memberikan kesan yang berbeda tergantung dengan penempatan dan penggunaanya.

Sedangkan lampu sendiri terdapat beberapa jenis warna atau pencahayaan, yang terdiri dari daylight, cool white dan warm white. Pemilihan warna lampu dapat dinilai efektif atau tidak berdasarkan ukuran ruang. Warna dinding, penempatan cahaya dan faktor lainnya. Sehingga, Anda sendiri sebagai pemilik kafe yang bisa menentukan warna lampu apa yang cocok dengan konsep kafe Anda.

Baca juga : Kenali Perbedaan Lampu Daylight, Cool White, dan Warm White

Itulah beberapa inspirasi yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik tampilan kafe Anda. Tampilan kafe yang unik dan menarik akan memberikan kesan yang berbeda dan sudah pasti akan membuat kafe Anda semakin ramai. Jadi, apakah Anda tertarik membuka bisnis Kafe dengan inspirasi desain dari KAWN? Silahkan tulis di kolom komentar ya!