Mari Lirik Bisnis Katering Vegan dan Vegetarian yang Kian Menarik

-

Gaya hidup nabati merupakan gaya hidup yang sedang populer di masyarakat urban. Masyarakat awam seringkali menyebut kaum ini dengan sebutan kaum vegan atau vegetarian. Namun, secara harfiah kedua istilah tersebut memiliki makna dan konsep yang berbeda.

Baca juga : Pola Makan Vegetarian: Jenis, Manfaat, dan Pertimbangan Kesehatannya

Vegetarian merupakan gaya hidup seseorang yang mengonsumsi makanan nabati, berupa sayur-mayur dan buah-buahan, tetapi masih bisa mengonsumsi produk olahan susu dan telur. Berbeda dengan kaum vegan yang benar-benar hanya mengonsumsi produk nabati saja tidak dengan olahan susu maupun telur.

Baik kaum vegan maupun vegetarian memiliki beragam alasan mengapa mereka memilih gaya hidup ini. Mulai dari alasan agama, moralitas, kepercayaan bahkan kesehatan menjadi faktor pendorong seseorang memutuskan menjadi kaum vegan atau vegetarian.

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Orang Pilih Gaya Hidup Vegan

Sebagian besar orang memutuskan menjadi kaum vegan atau vegetarian karena mereka merasa hewan juga memerlukan kesejahteraan hidup dan bukan menjadi objek pemuas kebutuhan manusia. Alasan kesehatan pun juga turut memberi andil terhadap kemunculan kaum vegan atau vegetarian, mulai dari keluhan kolesterol, diet, alergi dan penyakit kronis lainnya terkadang membutuhkan adopsi pola konsumsi vegan atau vegetarian.

Baca juga : 10 Manfaat Vegetarian bagi Kesehatan

Dengan semakin banyaknya orang yang mengadopsi pola hidup ini, membuat bisnis katering vegan dan vegetarian pun menjadi peluang bisnis baru untuk mendulang keuntungan. Dulu makanan khusus vegan atau vegetarian identik dengan makanan yang mahal dan sulit ditemui. Berbeda dengan saat ini, dimana dengan peran media sosial membuat banyak bisnis katering vegan dan vegetarian secara online, sehingga harga produknya pun cukup bersaing dengan bisnis katering makanan “umum”.

Baca juga : 5 Trik Manfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Tidak heran bisnis katering vegan atau vegetarian kian diburu oleh pelanggan. Namun, menjadi seorang pebisnis katering jenis ini tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan beberapa tips dan pengetahuan khusus agar pelanggan puas dan menjadi loyal terhadap bisnis Anda. Mengutip dari Novita Natalia Kusumawardhani pemilik bisnis katering vegan daring dan Alexander Raymon pemilik resto vegetarian Siti Fang Fang memberikan beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis katering khusus kaum vegan atau vegetarian.

Usahakan Pebisnis Juga Seorang Vegan atau Vegetarian

Bisnis atau pekerjaan yang dikelola dengan kesamaan minat dan karakter sang pelaku akan membuat hasil dari bisnis atau pekerjaan tersebut menjadi lebih maksimal dan natural. Sama halnya dengan mengelola bisnis katering vegan atau vegetarian.

Baca juga : Ini Alasan Passion Penting Dalam Berbisnis

Apabila bisnis ini dijalankan oleh seseorang yang juga merupakan kaum vegan atau vegetarian maka pebisnis tersebut akan lebih menjiwai dan memahami betul apa yang diinginkan oleh pelanggan. Produk yang dihasilkan pun akan jauh lebih natural dan pelanggan akan lebih percaya dengan produk yang ditawarkan.

Pemisahan Alat Masak Khusus Hidangan Vegan atau Vegetarian.

Tahukah Anda? Seseorang yang sudah mengadopsi pola hidup vegan atau vegetarian dalam kurun waktu yang lama akan memiliki indera pengecap dan pembau yang lebih sensitif. Mereka akan tahu mana hidangan yang dimasak dengan alat masak khusus vegan atau vegetarian dan mana yang bercampur dengan alat masak hewani.

Menurut Alex Raymon, pelanggan akan tahu apabila masakan di masak dengan menggunakan alat masak yang dipakai juga untuk memasak hidangan hewani. Meskipun alat masak tersebut sudah dicuci bersih, namun bau dari daging masih tetap menempel pada alat masak tersebut. Jadi usahakan untuk memisahkan alat masak khusus untuk hidangan vegan atau vegetarian.

Dapatkan Pemasok Bahan Baku yang Berkualitas.

Faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis katering vegan atau vegetarian, baik secara online maupun offline ialah dengan mendapatkan pemasok bahan baku yang berkualitas. Menurut Novita Natalia pemilik bisnis katering daring plantful.id harga bahan baku menjadi faktor penentu harga dan keberlangsungan bisnis ini.

Baca juga : 4 Faktor Penting Yang Menentukan Harga Jual

Dengan mendapatkan pemasok bahan baku yang berkualitas dengan harga yang kompetitif akan membuat produk yang dihasilkan pun menjadi ramah di kantong pelanggan dan tentunya memiliki rasa yang lezat. Menurutnya pemasok bahan baku bisa didapatkan dari petani langsung atau melalui pasar induk sebagai tangan pertama dari petani.

Baca juga : 7 Tips Lengkap Memilih Supplier Terbaik

Nah, berikut tadi adalah pemaparan seputar bisnis katering vegan atau vegetarian yang sedang naik daun. Jangan lupa untuk gunakan aplikasi kasir online KAWN untuk menemani perjalanan Anda memulai bisnis katering ini. Klik disini untuk merasakan pengalaman menggunakan aplikasi kasir online KAWN gratis selama 30 hari. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi untuk Anda dan nantikan artikel Kami selanjutnya.