Makanan Khas yang Biasa Disajikan saat Idul Adha

-


Makanan menjadi suatu hal yang wajib disiapkan saat merayakan momen-momen penting, mulai dari perayaan ulang tahun seseorang, pesta pernikahan, ulang tahun pernikahan hingga perayaan tahun baru. Pasalnya, tanpa kehadiran berbagai macam makanan di meja makan, momen-momen tersebut akan terasa biasa tanpa adanya kesan spesial sama sekali.

Hal ini pun berlaku pada saat perayaan hari-hari besar keagamaan, seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Natal atau bahkan Tahun Baru Imlek. Bahkan uniknya, masing-masing hari besar keagamaan tersebut memiliki makanan yang sudah menjadi ciri khas.

Baca juga: 3 Hidangan Lebaran yang Tidak Boleh Ketinggalan

Sebut saja, Hari Raya Idul Fitri yang khas dengan ketupat sayurnya, atau bahkan kue keranjang yang merupakan simbol dari Tahun Baru Imlek bagi Etnis Tionghoa. Lantas, makanan khas apa saja yang biasa disajikan saat momen Hari Raya Idul Adha?

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai makanan khas Idul Adha, sebaiknya kita pahami dulu yuk, makna dibalik perayaan Hari Raya Idul Adha. Berbeda dengan Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha sendiri identik dengan penyembelihan hewan kurban. Adapun hewan yang disembelih, yaitu kambing, sapi, domba atau kerbau. Jika dilihat dari filosofi dan sejarah berkurban, Idul Adha bisa dimaknai sebagai pengorbanan serta keikhlasan.

Baca juga: Mengenal Makna Idul Adha, Berbagi, Pengorbanan dan Keikhlasan

Tak mengherankan, jika dirumah seorang muslim saat Idul Adha akan tersedia daging kurban, seperti sapi atau kambing. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, KAWN coba mengulas beberapa makanan yang identik dengan Hari Raya Idul Adha. Melansir briliofood, berikut daftarnya. Yuk, kita bahas satu persatu.

Makanan Wajib Saat Idul Adha, Sate Kambing

source : kompas

Makanan khas Idul Adha pertama yang paling jamak ditemui adalah sate kambing. Bagaimana tidak, cobalah Anda berjalan di sore hari di sekitar perumahan, niscaya Anda akan mencium aroma sate kambing yang sedang dibakar di bara api.

Hampir di seluruh penjuru nusantara, makanan berbahan dasar daging kambing ini bisa Anda temui. Cara mengolahnya pun cukup sederhana, pertama-tama potong daging kambing menjadi kecil, kemudian tusuk dengan batang bambu lalu bakar diatas bara api. Sebagai sentuhan akhir, sajikan dengan bumbu kecap serta irisan cabai dan bawang. Dijamin, Anda akan ketagihan saat menyantapnya.

Dikenal sebagai Makanan Terenak Di Dunia: Rendang

source : tastynesia

Bukan hanya terkenal di Indonesia, tetapi makanan berbahan dasar daging sapi ini juga dikenal masyarakat dunia. Tentu saja karena kelezatannya yang tidak ada duanya. Bahkan, yang cukup membanggakannya lagi, rendang pernah menyandang predikat sebagai makanan terenak di dunia dengan menempati urutan pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011.

Baca juga: 15 Kuliner Paling Lezat di Dunia Versi CNN, Rendang Tempati Posisi Pertama

Rendang menjadi makanan favorit orang Indonesia yang disajikan Saat momen Idul Adha. Namun, diluar momen tersebut, Anda pun dapat dengan mudah menemukan makanan ini.

Baca juga: Rendang And Nasi Goreng Were Voted The World’s Best Foods… Again!

Diolah menggunakan berbagai macam rempah dan santan, rendang memiliki cita rasa yang gurih dan lezat serta pedas. Dalam pengolahannya, ada 2 cara yang bisa Anda coba, yakni rendah basah serta rendang kering. Akan tetapi, keduanya sama lezatnya, tinggal tentukan sesuai selera Anda.

Pakai Daging Kambing atau Daging Sapi Sama Enaknya: Gulai

source : selerasa

Jika Anda ingin mencoba makanan khas Idul Adha dengan karakter kuah yang melimpah, Anda bisa coba gulai. Gulai merupakan masakan berbahan dasar daging yang diolah menggunakan berbagai macam rempah dan santan.

Baca juga: Bukan Hanya Sebagai Penyedap Masakan, Kenali Ragam Manfaat Kesehatan dari Rempah-Rempah Berikut ini

Makanan yang bisa disebut juga sebagai kari ala Indonesia ini banyak ditemukan di Sumatra dan Jawa. Daging yang digunakan pun bisa menggunakan daging sapi atau daging kambing.

Bercita Rasa Manis dengan Kuah Berwarna Hitam: Semur Daging

source : masakapahariini

Makanan khas Idul adha yang juga menjadi makanan khas Betawi ini adalah semur daging. Hampir mirip dengan makanan lainnya yang menggunakan berbagai macam rempah, namun yang menjadi pembeda adalah tambahan kecap yang membuat citarasa makanan ini terasa manis.

Baca juga: Mengenal Kuliner Khas Betawi, Orang Jakarta Wajib Tahu nih!

Biasanya, selain berbahan dasar daging sapi, semur juga dilengkapi dengan bahan makanan lainnya, seperti tahu atau telur. Jangan lupa, taburan bawang goreng yang membuat sajian semua daging begitu menggugah selera.

Baca juga: Soto Betawi Paling Enak Di Jakarta, Pecinta Kuliner Wajib Coba Nih!

Sop Daging

source : masakapahariini

Terakhir, makanan yang biasa disajikan saat momen Idul Adha adalah sop daging. Meski makanan ini sering juga dijumpai saat hari-hari biasa, akan tetapi menyantap sop daging saat momen Idul Adha akan terasa berbeda.

Baca juga: Sei Sapi Favorit Di Jakarta. Sudahkah Anda Kunjungi?

Makanan ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyantap makanan berbahan dasar daging yang berkuah tetapi tidak bersantan. Biasanya, dalam penyajiannya ditambahkan dengan irisan berbagai macam sayuran, seperti kentang, wortel, buncis, tomat serta daun bawang. Bagaimana, tertarik mencoba sop daging?

KawanKAWN, diatas merupakan makanan yang biasa disajikan saat momen Idul Adha. Dari kelima makanan tersebut, apakah ada yang menjadi favorit Anda? Silahkan bubuhkan jawaban di kolom komentar ya! Terima kasih!