Makanan Khas Wajib saat Mampir Ke Kota Brebes

-

Makanan khas dari suatu daerah bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan. Bagaimana tidak, saat seseorang berwisata ke suatu daerah, menikmati wisata alamnya yang memesona dan mencicipi lezatnya makanan khas menjadi kesempurnaan yang sulit untuk dilewatkan.

Banyak daerah di Indonesia yang menyajikan kedua elemen tersebut sekaligus. Sebut saja Manado, kota yang terkenal dengan Wisata Taman Laut Bunakennya ini juga menyajikan makanan khas yang menarik untuk dicicipi, yakni Bubur Manado. Tidak mau kalah, Yogyakarta yang terkenal dengan sebutan kota gudeg ini juga terdapat kawasan wisata yang wajib untuk dikunjungi, yakni Jalan Malioboro. Untuk itu, menikmati suasana malam di Jalan Malioboro sambil ditemani seporsi nasi gudeg merupakan suatu keharusan saat mampir ke kota ini.

Baca juga: Siap Menggoyang Lidah Anda! Berikut 7 Hidangan Khas Manado yang Wajib Anda Coba

Lantas, bagaimana dengan Kota Brebes? Memang tidak banyak yang tahu tentang wisata alam di kota ini. Akan tetapi, jika ditelusuri lebih dalam, banyak juga yang mampu menyerap atensi para wisatawan, mulai dari Ranto Canyon, Curug Bentar, Wisata Alam Kaligua serta Waduk Malahayu, kutip idntimes.

Baca juga: Wisata Ranto Canyon, Surga Tersembunyi di Brebes

Meski begitu, kota yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini menyajikan berbagai makanan khas yang menarik untuk dicoba lho! Walaupun sangat terkenal dengan telur asinnya, Kota Brebes juga dikenal karena kekhasan makanannya. Apa sajakah itu?

Daripada menerka-nerka, yuk kita ulas saja beberapa makanan khas Kota Brebes yang wajib dicicipi. Dikutip dari beberapa sumber, berikut daftarnya.

Makanan Khas yang Kerap Dijadikan Oleh-Oleh, Telur Asin

source : kompas

Kota Brebes, selain dikenal sebagai penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, kota ini juga memiliki makanan khas yang sudah dikenal seantero Indonesia, yakni telur asin. Bahkan, ada anggapan yang mengatakan, kurang afdol rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh telur asin dari Kota Brebes. Tidak mengherankan memang, Jalan Pantura yang melintas di sepanjang Kota Brebes selalu hadir penjual telur asin.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Dibawa Pulang

Telur asin berasal dari telur bebek yang diolah sedemikian rupa, sehingga bercitarasa asin yang cukup pekat. Selain itu, telur asin juga memiliki daya tahan yang cukup lama. Rasa asin yang cukup pekat, membuat makanan khas Brebes ini kerap dijadikan menu pendamping saat seseorang sedang mengonsumsi nasi.

Sate Khas Kota Brebes, Sate Blengong

source : koran bogor

Bukan hanya Madura, Bali atau bahkan Padang yang memiliki makanan khas berupa sate. Akan tetapi, Kota Brebes juga menyajikan makanan serupa, sate blengong namanya.

Baca juga: Sate Padang Kesukaannya Orang Jakarta Nih, Lamak Bana!

Sate blengong sendiri terbuat dari perpaduan daging bebek dan daging entok. Rasanya pun cukup unik, dan kelezatannya tidak kalah dari sate yang pada umumnya. Karena menggunakan daging bebek dan entok, sate blengong memiliki serat yang cukup tebal, namun masih terasa lembut saat dikunyah.  

Sate blengong menjadi salah satu makanan favorit bagi warga Brebes sendiri maupun wisatawan. Secara visual, sate ini mirip dengan sate lainnya, Hanya saja, sate blengong memiliki ukuran lebih panjang dari sate biasanya.

Sarapannya Masyarakat Brebes Nih! Nasi Lengko

source : resep istimewa

Selanjutnya ada nasi lengko yang menjadi makanan khas dari Tanah Brebes. Memang tidak se-familiar nasi uduk khas Betawi, maupun nasi Padang khas Sumatera Barat. Namun, bagi warga Brebes, nasi lengko lah sang primadonanya. Pasalnya, nasi lengko menyuguhkan rasa yang unik, gurih dan tentunya menggiurkan.

Baca juga: Berbahan Dasar Nasi, Berikut Hidangan yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Sesungguhnya, nasi lengko hanyalah nasi putih hangat yang tidak diberi bumbu saat memasaknya. Spesialnya ada pada penyajiannya, nasi putih dilengkapi dengan berbagai macam lauk, mulai dari tahu dan tempe goreng, tauge dan potongan mentimun.

Sebagai sentuhan akhir, hadirnya sambal kacang dan taburan kerupuk guna melengkapi kelezatan dari makanan ini. Sebagai amunisi perut untuk memulai hari, nasi lengko kerap dijadikan menu sarapan bagi Warga Brebes.

Ketupat yang Disiram Kuah Santan Pekat, Kupat Glabed

source : panturapost

Selain 3 menu makanan diatas, berikutnya ada kupat gabled yang sama sekali tidak boleh dilewatkan saat berada di Kota Brebes. Dalam penyajiannya, kupat yang sudah dipotong-potong kemudian disiram dengan sayur bersantan yang isinya terdiri dari, pepaya muda dan juga potongan daging sapi.

Topping-nya pun tidak kalah lengkap, taburan bawang goreng serta kerupuk membuat kupat gabled begitu kaya rasa. Bagi warga Brebes, biasanya mengonsumsi kupat gabled dilengkapi juga dengan sate blengong. Bagaimana, terdengar menggugah selera pastinya?

Kerupuk Tulang Bandeng

source : kompas

Bisa dibilang, hampir seluruh masyarakat Indonesia suka dengan kerupuk. Bahkan, banyak daerah di Indonesia ini yang dikenal sebagai penghasil kerupuk, tidak terkecuali dengan Brebes. Salah satu kerupuk khas Brebes adalah kerupuk tulang bandeng. Sama halnya dengan telur asin, kerupuk tulang bandeng juga kerap dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Brebes.

Terbuat dari tulang ikan bandeng, yang kemudian diolah sedemikian rupa, sehingga menjadi camilan gurih dan juga renyah. Tidak mengherankan memang, jika tulang ikan dijadikan bahan baku pada makanan khas yang satu ini. Pasalnya, ikan bandeng banyak dibudidayakan masyarakat Kabupaten Brebes, terutama di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, kutip lagimakan.com.

Baca juga: Kerupuk Tulang Bandeng Khas Brebes

Dimakan langsung, maupun dijadikan teman makan nasi sama nikmatnya. Bagaimana KawanKAWN, tertarik mencicipi kerupuk tulang bandeng?

KawanKAWN, baru saja kita ulas 5 makanan khas yang berasal dari Kota Brebes. Apakah Anda pernah mencicipi salah satunya? Atau bahkan, Anda belum pernah tahu sebelumnya? Yuk diskusikan di kolom komentar.