Makanan Internasional Berbahan Dasar Nasi yang Populer Di Indonesia

-

Makanan internasional dari dahulu hingga sekarang begitu banyak macamnya. Lain negara atau benua, lain pula karakter masakan yang dihasilkan.

Contoh kasus ada pada masakan dari Benua Eropa dan Benua Asia. Negara-negara di Benua Asia kerap menggunakan rempah dan bumbu yang kuat, sehingga menghasilkan masakan dengan cita rasa yang khas. Bahan makanan yang digunakan biasanya berupa hasil laut, beras, kacang-kacangan, umbi-umbian dan kerap menggunakan cabai.

Sementara itu, negara-negara di Eropa lebih sering menggunakan bahan makanan dari produk unggas dan daging, serta penggunaan bumbu atau rempah yang relatif lebih sedikit. Menariknya, bukan hanya bahan dan bumbu yang digunakan, cara memasak yang dilakukan orang-orang dari kedua benua tersebut pun juga sedikit berbeda, kutip dream.co.id.  

Kondisi ini juga membuat makanan yang dihasilkan begitu beragam, bahkan dari satu bahan sekalipun, misalnya nasi. Seperti yang kita ketahui, nasi menjadi makanan yang paling populer di dunia hingga saat ini.

Dikutip food.detik.com, nasi menempati urutan pertama sebagai makanan yang bisa ditemukan di seluruh dunia, disusul ikan dan jagung yang berada di urutan 2 dan 3. Selain itu, karena sifatnya yang mengenyangkan, banyak negara di dunia ini yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok.

Baca juga: Olahan Ikan Dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Yuk Dicoba!

Kembali ke makanan internasional. Dilansir awalilmu.com, makanan internasional merupakan makanan yang berasal dari suatu negara dan selalu identik dengan negara tersebut. Biasanya, makanan internasional dari suatu negara harus diakui oleh negara-negara lainnya di belahan dunia manapun.

Lantas, negara-negara mana saja yang memiliki makanan internasional berbahan dasar nasi? Dikutip dari beberapa sumber, berikut daftarnya.  

Makanan Internasional Asal Timur Tengah: Nasi Mandhi

source : canva

Nasi mandhi menjadi satu diantara banyaknya makanan internasional berbahan dasar nasi asal Timur Tengah. Ditulis diadona.id, setidaknya ada 6 hidangan nasi hasil karya masyarakat Timur Tengah, mulai dari nasi biryani, nasi kebuli, nasi hadramaut, nasi maqluba, nasi kabsah serta nasi mandhi.

Adalah beras basmati, merupakan beras yang kerap digunakan untuk membuat hidangan nasi khas Timur Tengah. Berbeda dengan beras asal Indonesia, butiran beras basmati memiliki ukuran yang lebih panjang.

Baca juga: Mengenal Beras Basmati, Nasi Pokok Khas Timur Tengah dengan Segudang Manfaat!

Sama seperti olahan nasi asal Timur Tengah lainnya, nasi mandhi juga diproses menggunakan berbagai macam rempah dan bumbu yang kuat. Sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang begitu ketara. Nasi mandhi biasanya dilengkapi dengan potongan ayam atau daging kambing.

Baca juga: 5 Hidangan Populer Khas Arab yang Menggugah Selera

Olahan Nasi Khas Italia: Risotto

source : canva

Berikutnya, Italia juga memiliki hidangan khas berbahan dasar nasi yang rasanya tidak kalah lezat, yakni risotto. Meski tidak sepopuler pizza dan pasta, bagi Anda masyarakat Indonesia sepertinya patut untuk mencobanya.  

Baca juga: Pasta, Kenali Macam Jenisnya dan Awas Jangan Sampai Keliru!

Risotto merupakan nasi kaldu creamy dari tanah Italia. Umumnya, bahan-bahan untuk membuat risotto terdiri dari kaldu ayam, mentega tawar, bawang bombay, minyak zaitun, keju parmesan, daun peterseli dan garam. Sedangkan beras yang digunakan sendiri merupakan beras khas Negara Italia, yakni beras arborio.

Di Jakarta sendiri, Anda bisa menemukan makanan internasional yang satu ini di restoran-restoran khas Italia. Bagaimana, tertarik coba?

Makanan Internasional Berbahan Nasi Asal Korea: Bibimbap

source : canva

Demam korea di Indonesia bukan hanya pada aspek keseniannya saja, baik itu musik, style, drama maupun filmnya. Akan tetapi, kuliner khas negeri gingseng juga menjadi tren di Indonesia saat ini, seperti tteokbokki, bulgogi, jajangmyeon dan yang paling terkenal di Indonesia adalah kimchi.

Selain yang disebutkan diatas, ada satu makanan internasional dari Tanah Korea yang patut Anda cicipi, yakni bibimbap. Bibimbap sendiri merupakan hidangan nasi putih yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, mulai dari bayam, wortel, timun dan jamur. Selain itu, tidak lupa menyertakan daging dan telur ke dalam seporsi bibimbap.  

Baca juga: Sayuran Hijau: Kenali Jenis, Nutrisi Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Cara membuatnya yang cukup sederhana, membuat siapa saja bisa membuat makanan ini. Pertama, siapkan nasi putih, kemudian tambahkan dibagian atasnya irisan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah itu, siram dengan minyak dan biji wijen, aduk hingga merata, seporsi bibimbap siap untuk dinikmati!

Kerap Dijadikan Bekal Masyarakat Jepang: Onigiri dan Sushi

source : canva

Menu makanan yang kerap dijadikan bekal saat bepergiannya masyarakat Jepang adalah sushi atau onigiri. Bukan tanpa alasan, kedua makanan berbahan dasar nasi ini mudah dibuat sekaligus juga mengenyangkan.

Meski sama-sama terbuat dari nasi putih, namun ada beberapa hal yang membedakan dari kedua hidangan ini. Yang pertama tentu saja dari bahan pelengkapnya, yang kedua dari cara membuatnya.

Ada beberapa bahan yang biasanya dicampur saat membuat sushi, seperti ikan salmon, mentimun, alpukat, udang serta lembaran rumput laut atau yang dikenal dengan sebutan nori. Sedangkan orang Jepang kerap mencampurkan suwiran daging ayam atau sebelum ditutup dengan lipatan nori.

Di Indonesia sendiri, kedua makanan internasional ini selalu hadir dalam buku menu di rumah makan khas Jepang. Tentunya, dengan berbagai macam pilihan isian.

Baca juga: Berencana Travelling ke Jepang? Yuk, Mari Bekali Pengetahuan Kuliner Khas Jepang

Nasi Ayam Hainan yang Enaknya Kebangetan!

source : canva

Ada yang kurang rasanya, jika tidak memasukan nasi ayam hainan ke dalam daftar pada artikel kali ini. Bagaimana tidak, makanan internasional berbahan dasar nasi ini begitu lezat dan gurih saat Anda cicipi.

Hampir mirip dengan membuat nasi pada umumnya, hanya saja nasi ayam hainan menggunakan air kaldu dari rebusan ayam, yang tentu saja membuat hidangan ini begitu kaya akan rasa. Saat merebus ayam, tidak lupa beberapa campuran rempah dan bumbu, mulai dari jahe, bawang putih, minyak wijen, lada serta garam.

Nasi ayam hainan juga begitu familiar terhadap lidah masyarakat Indonesia. Karena tak jarang kita temukan rumah makan yang menyajikan menu ini.

Lantas, dari mana nasi ayam hainan berasal? Meski banyak ditemukan di Malaysia dan Singapura, ternyata makanan ini bukan berasal dari negara tersebut lho! Pulau Hainan di Negeri China lah merupakan tempat lahirnya hidangan ini. Dahulu kala, banyak penghuni Pulau Hainan yang menjadi imigran ke seluruh pelosok Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Singapura, kutip cookin.id.

KawanKAWN, diatas merupakan beberapa makanan internasional berbahan nasi yang bisa Anda temukan dan bahkan populer di Indonesia. Bagaimana, tertarik mencoba?