Liburan Nuansa Betawi di Jakarta dalam 1 Hari, Berikut Daftarnya

-

Liburan seakan sudah menjadi agenda wajib bagi banyak masyarakat perkotaan atau kaum urban. Bagaimana tidak, 5 hari lamanya disibukan dengan segudang beban pekerjaan, membuat liburan menjadi momen  untuk melepas penat di akhir pekan.

Tidak bisa dipungkiri, daerah-daerah seperti pegunungan maupun pedesaan menjadi destinasi favoritnya masyarakat perkotaan, seperti halnya yang ada di Kota Bogor. Kota yang hanya berjarak kurang lebih 1,5 jam dari ibukota ini menyajikan ragam wisata alamnya yang memesona, seperti pegunungan, danau, air terjun hingga hamparan kebun teh yang luas.

Baca juga: Cuma Ada di Bogor, 7 Kafe Outdoor dengan View Pegunungan

Akan tetapi, selain wisata alam, liburan dengan nuansa adat atau kebudayaan dari suatu daerah menjadi pengalaman menarik untuk dilakukan. Jakarta misalnya, meski sebagai pusat pemerintahan, Jakarta atau Betawi juga menyajikan kebudayaan yang menarik untuk di explore lho, mulai dari makanan khas Betawi, rumah adat, pakaian adat hingga seni tari.

Bagaimana, tertarik untuk liburan dengan nuansa Betawi selama 1 hari di ibukota. Mau tau apa saja rekomendasinya? Yuk simak baik-baik artikel berikut ya!

Liburan Dimulai Mengunjungi Rumah Si Pitung Dipagi Hari

Source : orami

Liburan di Kota Jakarta memang selalu identik dengan Kebun Binatang Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan juga Taman Mini Indonesia Indah. Padahal, Anda bisa merasakan sensasi lain saat berlibur di Jakarta lho, yakni liburan dengan nuansa Budaya Betawi.

Pertama-tama, sediakan waktu paling tidak 1 hari untuk meng-explore hal-hal menarik dengan nuansa Betawi di Jakarta. Pagi hari sekitar jam 09.00, rekomendasinya Anda coba menyambangi Wisata Rumah Si Pitung yang ada di Jakarta Utara.

Baca juga: Sejarah Si Pitung, Jagoan Asal Betawi yang Melegenda

Disini, Anda akan diingatkan lagi dengan sejarah Betawi tempo dulu, baik dari struktur bangunan rumah panggung hingga sosok jagoan Betawi bernama Pitung. Dikutip wikipedia, rumah ini merupakan representasi rumah panggung masyarakat Betawi yang tinggal di wilayah pesisir. Bertahan hingga zaman modern sekarang ini, tak heran jika rumah Si Pitung dijadikan museum dan cagar budaya.

Meskipun model asli bangunan tetap dipertahankan, rumah Si Pitung tak luput dari sentuhan renovasi oleh pemerintah. Terakhir pada tahun 2010 yang menelan anggaran Rp. 3 miliar, dengan meninggikan pondasi bangunan hingga 4 meter. Tentunya, ini dilakukan agar terhindar dari air pasang laut.

Sediakan waktu sekitar kurang lebih 2 jam di kawasan wisata ini. Pasalnya, selain rumah Si Pitung, Anda bisa mengunjungi masjid Al Alam yang sudah berdiri lebih dari 400 tahun lamanya. Selanjutnya, Anda bisa menikmati angin sambil bersantai di Pantai Marunda.

Jarum jam sudah menunjukan pukul 11.00 siang, waktunya untuk mengisi perut yang sudah mulai lapar, coba tinggalkan rumah Si Pitung. Sarannya, cari rumah makan dengan menu Betawi yang sangat kental.

Alamat: Cagar Budaya Rumah Si Pitung, Jl. Kampung Marunda Pulo, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara.

Buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk pelajar.

Lanjut Makan Siang Ala Masakan Betawi Di Warung Mak Dower

Source : isa-travel

Liburan nuansa Betawi, makannya pun harus menu Betawi juga dong! Selepas dari rumah Si Pitung, coba set google map Anda ke Warung Mak Dower yang berada di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur.

Bisa dibilang, Warung Mak Dower menjadi surganya bagi pecinta makanan khas Betawi. Disini, Anda akan dimanjakan dengan makanan dan minuman khas Betawi yang sudah mulai langka, seperti gabus pucung, pecak bandeng, semur jengkol hingga bir pletok.

Baca juga: Langka tapi Enak! Berikut Kuliner Khas Betawi yang Mulai Sulit Ditemukan

Akan tetapi, sayur asem menjadi menu wajib yang dipesan saat makan di Warung Mak Dower. Dengan konsep self service, Anda bisa mengambil sayur asem sesuka hati.  

Saat Anda mampir kesini, Anda akan disambut dengan ornamen kental nuansa Betawi. Dan bagi yang membawa kendaraan, Anda tidak perlu khawatir, karena Warung Mak Dower menyediakan lahan parkir yang cukup luas.

Alamat: Jl. Pemuda No. 72 Rawamangun, Jakarta Timur

Buka: Setiap hari, mulai pukul 09.00 - 20.30

Kisaran harga: Rp 100.000 berdua

Diakhiri dengan Mengunjungi Kampung Betawi Setu Babakan

Source : ootb.id

Wisata sejara sudah, wisata kuliner dengan menu Betawi juga sudah, sedangkan hari masih panjang. Selanjutnya, untuk menghabiskan hari, rekomendasinya Anda mengunjungi Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang ada di Jakarta Selatan.

Bisa dibilang, Kampung Betawi Setu Babakan merupakan paket lengkap untuk berlibur nuansa Betawi. Segalah hal yang berbau Betawi ada disini, mulai dari dari seni, sejarah, rumah khas Betawi, adat istiadat, tradisi, pakaian, hingga kuliner bisa Anda temukan di sini.

Baca juga: Mengenal Kuliner Khas Betawi, Orang Jakarta Wajib Tahu nih!

Pakaian misalnya, di Kampung Betawi Setu Babakan Anda melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan kain batik khas motif Betawi. Bukan hanya itu, proses pembuatan dodol pun juga bisa Anda saksikan disini.

Kampung Betawi Setu Babakan juga menyajikan wisata air yang bisa Anda coba dengan menyewa perahu bebek. Bahkan di waktu-waktu tertentu Anda bisa menyaksikan ragam kesenian Betawi lho, seperti tari topeng, kesenian lenong dan juga palang pintu

Penjual camilan khas Betawi juga menghiasi setiap sudut di Kampung Betawi Setu Babakan, seperti kue rangi, kerak telor, es selendang mayang, kue kembang goyang hingga kue dongkal. Menikmati semilir angin tepi danau sambil menikmati camilan khas Betawi, menjadi pengalaman berharga yang sayang untuk dilewatkan.

Patut untuk dicatat, masuk ke kawasan Kampung Betawi Setu Babakan free entry lho, alias gratis. Anda hanya dikenakan biaya parkir saja sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda 4.

Alamat: Jl. RM. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari

Tiket Masuk: Gratis

KawanKAWN, itulah rekomendasi dari kami tentang destinasi wisata nuansa Betawi di Jakarta dalam 1 hari. Bagaimana, tertarik?

Oh iya, sedikit informasi bagi para pelaku UMKM, aplikasi kasir online KAWN merupakan pendamping bisnis yang sangat bisa untuk diandalkan. Hadir dengan berbagai macam fitur-fitur unggulan, aplikasi kasir online KAWN mampu memudahkan ragam operasional saat menjalankan bisnis. Untuk itu, jika Anda tertarik merasakan manfaat dari aplikasi kasir online KAWN juga? Silahkan klik disini untuk menikmati free trial selama 15 hari ya!