Lezat & Menggugah Selera, Berikut Hidangan Khas Makassar yang Wajib Anda Coba!

-

Makassar merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki destinasi wisata yang cukup populer, sebut saja Pantai Losari, Pulau Samalona, Fort Makassar, Pantai Barombong dan masih banyak lagi. Pantas saja, kalau banyak orang Jakarta yang mengidam-idamkan untuk dapat berwisata ke Kota Daeng tersebut.

Baca juga : Mengenal Kuliner Khas Betawi, Orang Jakarta Wajib Tau nih!

Namun, selain menyuguhkan destinasi wisata menarik, bertandang ke Kota Makassar kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi hidangan khas yang dikenal dengan citarasa bumbu rempah yang khas. Bahkan karena saking lezatnya, tidak sedikit hidangan khas Makassar yang saat ini banyak dijual di luar Kota Makassar seperti Coto Makassar, konro atau bahkan es pisang ijo.

Baca juga : Lapar? Yuk Kunjungi 5 Kedai Legendaris di Kota Bogor ini

Penasaran dengan hidangan khas Makassar apa saja yang lezat dan menggugah selera? seperti yang KAWN lansir dari id.wikipedia.org, berikut daftarnya.

Coto Makassar

Siapa yang belum pernah mencoba hidangan khas Makassar yang satu ini? Jika Anda belum pernah mencoba Coto Makassar, sepertinya Anda wajib untuk mencobanya. Pasalnya hidangan ini tidak hanya populer di tempat asalnya, tetapi juga sudah banyak dijumpai di luar Makassar, tanpa terkecuali di Kota Jakarta.

Baca juga : 6 Tempat Makan Coto Makassar di Jakarta yang Wajib Dicoba

Coto Makassar merupakan hidangan berkuah dari bahan dasar daging dan jeroan sapi yang dibumbui dengan aneka rempah, konon dibutuhkan 40 jenis rempah untuk membuatnya. Pantas saja, kalau hidangan ini begitu lezat dan menggugah selera untuk dinikmati.  

Sop Konro

Tidak kalah populer dari Coto Makassar, di Kota Daeng juga terdapat menu yang terkenal dengan sebutan konro. Hidangan berkuah ini menggunakan iga dan daging sapi sebagai bahan utamanya, bisa dibayangkan bagaimana cita rasa gurihnya hidangan ini. Sop kaya rempah ini memadukan rasa kluwek, bumbu rempah, air asam Jawa, dan aroma khas kayu manis, sehingga menciptakan kenikmatan rasa yang sungguh menggugah selera.

Baca juga : Enaknya 7 Konro di Jakarta Ini Sukses Bikin Ketagihan

Seporsi sop konro biasanya disajikan bersama irisan ketupat atau buras yang diberi taburan bawang goreng. Untuk penyajiannya pun ada 2 cara, cara pertama adalah iga sapi dimasak langsung dan dihidangkan dalam kuah sop, cara kedua, iga sapi dibakar terlebih dahulu dan disajikan terpisah dengan kuah sop, cara ini yang biasa dikenal dengan nama sop konro bakar.

Mie Titi

Salah satu hidangan khas Makassar dengan bahan dasar mie adalah mie titi. Mie ini merupakan hidangan khas daerah Makassar yang cukup terkenal yang terdiri dari perpaduan mie, sayuran dan seafood, seperti udang dan cumi. Sama seperti hidangan Makassar lainnya, mie titi juga menggunakan berbagai macam rempah-rempah yang menambah cita rasa mie ini menjadi lezat dan menggugah selera.

Baca juga : Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Asal Mula Mie Titi di Makassar

Berbeda dari hidangan mie di kota lainnya, ada keunikan tersendiri disaat Anda menyantap mie titi ini. Mie yang disajikan pada mie titi dibiarkan tetap keras, yang kemudian disiram dengan kuah bumbu, sehingga menimbulkan sensasi garing disaat Anda menyantapnya.

Pallubasa

Jika Anda kurang suka dengan Coto Makassar yang menggunakan ketupat karena terbiasa makan nasi, mungkin Anda bisa mencoba hidangan pallubasa. Hidangan ini mirip dengan Coto Makassar, namun berbeda dari segi penyajiannya.
Pallubasa memiliki kuah yang lebih kental dengan warna kecoklatan. Dalam penyajiannya biasanya dicampur dengan kuning telur dan serundeng. Uniknya, kuning telur ayam kampung akan dimasukkan ketika sup ini disajikan masih dalam keadaan panas, sehingga kuning telur akan matang dengan sendirinya saat disajikan.

Es Pisang Ijo

Berbicara hidangan khas Makassar tidak melulu tentang makanan saja, Makassar juga punya hidangan berupa minuman es, namanya es pisang ijo. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Bukan hanya banyak di jumpai di Makassar, namun sudah terkenal di seantero Indonesia.

Baca juga : Ini Fakta Menarik Es Pisang Ijo dari Makassar

Es pisang ijo terbuat dari pisang kepok atau pisang raja yang dibungkus dengan adonan berwarna hijau hasil perpaduan tepung beras dan daun suji. Pisang yang sudah dibalut dengan adonan hijau tersebut, kemudian dikukus hingga matang. Dalam penyajiannya, pisang ijo disajikan dengan vla tepung beras, sirup dan juga susu.

Pisang Epe

Pisang merupakan buah yang bisa dimakan secara langsung atau melalui tahap proses terlebih dahulu, seperti dijadikan kolak, keripik atau bahkan dijadikan pisang bakar. Seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat Kota Makassar, bukan hanya dijadikan es pisang ijo, pisang juga dijadikan hidangan lainnya, yaitu pisang epe.

Baca juga : 5 Kuliner Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang, Legit & Manis

Hidangan ini menggunakan pisang raja yang dijepit hingga berbentuk pipih lalu dibakar. Umumnya disajikan dengan cairan gula merah, sehingga manisnya tak perlu diragukan lagi. Kini, berbagai variasi rasa pun bermunculan seperti coklat, durian, keju, dan lainnya. Hidangan ini sangat mudah ditemui pada malam hari di kawasan Pantai Losari, Kota Makassar.

Es Palu Butung

Hidangan es berikutnya yang menjadi khas Kota Makassar adalah Es Palu Butung. Masih berbahan dasar pisang, namun berbeda dengan es pisang ijo. Es campur ini menawarkan citarasa manis dengan komposisi berupa pisang kukus yang ditambah dengan santan dan susu. Untuk kesegarannya tidak perlu diragukan lagi, sehingga sangat cocok jika dinikmati pada panasnya siang hari.

Sop Saudara

Selanjutnya hidangan khas Sulawesi Selatan yang berkuah adalah sop saudara. Sebetulnya sop saudara adalah hidangan khas dari daerah Pangkep, sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan, tetapi juga cukup terkenal di Kota Makassar. Umumnya sop saudara ini berbahan dasar daging sapi yang kemudian dicampur dengan bihun, kentang, paru goreng, telur rebus, ikan bakar dan nasi.

Baca juga : Penasaran dengan Penamaan Sop Saudara? Ini Sejarahnya

Sarabba

Jika di daerah lain memiliki sekoteng, STMJ dan wedang uwuh, Makassar juga memiliki minuman sejenis dengan nama Sarabba. Terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren dan merica bubuk, Anda akan mendapatkan sensasi yang menghangatkan badan kala mengonsumsi minuman ini.

Pantas saja, ditengah virus corona yang sedang mewabah di Indonesia, minuman ini banyak diburu masyarakat Kota Makassar. Karena berbahan dasar jahe yang diyakini dapat meningkatkan imun dan menjaga kesehatan.

Jalangkote

Jika melihat tampilannya, Anda pasti sudah sangat familiar dengan hidangan yang satu ini. Jika di daerah lain disebut dengan pastel, tapi di Makassar sebutannya adalah jalangkote. Hal yang membedakan pastel dengan jalangkote ada pada kulit dan isiannya.

Baca juga : Punya Bentuk Yang Mirip, Ini Bedanya Pastel Dengan Jalangkote

Jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis dan garing dibandingkan pastel. Selain itu, jika pastel pada umumnya hanya berisi wortel dan bihun, jalangkote berisi wortel, kentang, telur, tauge, serta bawang putih dan bawang merah. Untuk menyantapnya pun jalangkote ditemani dengan sambal kari yang terbuat dari cuka dan dan cabai.


Berikut adalah kesepuluh hidangan khas Makassar yang lezat dan menggugah selera. Jika Anda tertarik untuk menikmatinya, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Makassar, karena kelezatan hidangan Makassar tersebut dapat Anda nikmati di kota-kota lainnya, seperti Jakarta, Surabaya dan lain lain.

Dari yang sudah KAWN sebutkan diatas, mungkin Anda punya pengalaman menikmati hidangan-hidangan tersebut. Jika Anda pernah mencobanya atau bahkan Anda punya rekomendasi lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya!