Ide Green Business, Peluang Bisnis Ramah Lingkungan yang Menjanjikan

-

Ide green business ini telah marak bermunculan. Mulai dari makanan, daily essential seperti sabun, shampoo, pasta gigi hingga keperluan alat pendukung kecantikan, seperti kosmetik.

Ide green business berangkat dari kepedulian masyarakat terhadap kondisi kesehatan bumi yang semakin mengkhawatirkan. Seperti yang dikutip oleh Business News Daily, bisnis hijau atau go green business ini merupakan usaha yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja, namun juga berfokus pada pengurangan dampak lingkungan.

Meski kini kepedulian masyarakat terhadap barang-barang yang ramah lingkungan meningkat, tetapi ternyata produk go green ini masih minim dilakukan. Sehingga, ide green business atau ide bisnis hijau ramah lingkungan seperti ini bisa menjadi peluang bisnis yang inovatif dan menguntungkan tentunya. Nah, kira-kira apa saja peluang ide green business yang bisa kamu coba? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Kesehatan Bumi Bisa Dijaga dengan Melakukan 5 Hal Ini

Ide Green Business Pertama, Tote bag

source: canva.com

Dulu rasanya tidak lengkap jika belanja tanpa menggunakan kantong plastik. Kita terbiasa membeli dan membawa barang menggunakan plastik. Tapi, kamu tahu tidak, bahwa ternyata dulu penggunaan kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan bumi, lho! Kantong plastik pertama kali dibuat pada tahun 1959 oleh Sten Gustaf Thulin dengan tujuan untuk membantu lingkungan. Alasan Thulin menciptakan kantong plastik adalah untuk mengganti kantong kertas.

Pada masa-masa di tahun itu, penggunaan kantong plastik diharapkan bisa membantu dan memperbaiki lingkungan, tapi ternyata, optimisme terhadap penggunaan kantong plastik itu terlalu berlebihan. Kemudian terjadilah adanya pergeseran persepsi mengenai kantong plastik itu sendiri. Lambat laun, penggunaan kantong plastik yang diharapkan bisa dipakai berulang kali itu, justru malah memberikan dampak negatif, apalagi setelah diketahui puing-puing plastik banyak sekali ditemukan di lautan sekitar tahun 1960-an.

Kini gerakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik tengah digalakkan di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Terlebih lagi fakta bahwa Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua di dunia. Seram, kan?

Nah, melalui fakta ini, kamu bisa mencoba menjual tote bag sebagai alternatif untuk konsumen jika ingin berbelanja. Membuka usaha penjualan tote bag juga tidak membutuhkan modal yang besar, lho! Dengan menjual tote bag atau tas belanja, kamu tidak hanya membantu terciptanya lingkungan yang ramah dan sehat, tetapi juga turut mengajak orang lain untuk tidak lagi menggunakan plastik dan beralih menggunakan tas kain atau tote bag ketika berbelanja atau pun ketika membawa barang tertentu.

Baca Juga: Sejarah Kantong Plastik, Dulu Selamatkan Bumi Sekarang Jadi Penyumbang Sampah

Menjual Sabun atau Shampoo Ramah Lingkungan

source: canva.com

Ide green business yang kedua adalah dengan menjual sabun dan shampoo yang terbuat dari handmade dan tanpa deterjen. Kamu bisa membuatnya dengan bahan-bahan alami, seperti minyak alami, wewangian alami dari tumbuhan atau bisa juga dengan menggunakan susu kambing. Ide green business satu ini masih cukup jarang ditemui, namun peminatnya cukup banyak. Sebab, kini orang-orang sudah cukup peka terhadap pemakaian sabun dan shampoo berbahan dasar alami.
Memasarkannya pun cukup mudah. Kamu bisa memanfaatkan social media sebagai sarana dalam memasarkan produk bisnis kamu. Jangan lupa untuk tetap mengemas sabun dan shampoo organik yang kamu jual dengan kemasan yang juga eco-friendly dan menarik. Misalnya, kamu bisa mengganti plastik bubble wrap dengan honeycomb paper.

Baca Juga: Media Sosial x Bisnis

Reusable Cotton Pad

source: canva.com

Siapa sih, yang bisa lepas dari pemakaian kapas sehari-hari? Tentu tidak bisa. Apalagi bagi orang-orang yang dalam kesehariannya menggunakan make-up dan skincare, maka penggunaan kapas merupakan salah satu alat bantu yang sudah pasti digunakan, seperti penggunaan kapas ketika menggunakan toner dan pembersih wajah.

Namun, tahukah kamu, selain plastik sekali pakai, kapas juga merupakan ancaman terbesar pada kesehatan bumi kita ini, lho! Seperti yang dikutip dari World Wide Fund (WWF) menerangkan bahwa jumlah air yang digunakan dalam pembuatan satu kilogram kapas itu ternyata mampu memenuhi kebutuhan air minum untuk 3 tahun, lho! Bahaya sekali, bukan? Bisa dibayangkan, jika kita terus saja menggunakan kapas, maka menjadi sangat mungkin, suatu saat nanti bumi akan kekurangan air bersih, lalu kita akan kesulitan mencari air untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, demi mencegah terbuangnya air dalam proses pembuatan kapas, ide green business satu ini bisa dijadikan opsi, yaitu dengan memulai bisnis penjualan reusable facial pad dengan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari katun, bambu atau kain rami. Biasanya ukuran reusable cotton pad memiliki ukuran yang lebih besar daripada kapas pada umumnya. Jadi, selain membantu merawat dan melestarikan bumi, pemakaian kapas organik ini bisa menghemat pemakaian kapas kamu. Sebab, kapas organik ini dapat digunakan berulang kali.

Baca Juga: Trik Sukses Meluncurkan Produk Baru

Jadi itulah beberapa ide green business untuk kamu yang ingin membuka usaha sekaligus membantu memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Jika kamu ada ide green business unik lainnya, silakan ceritakan dan tinggalkan jejak di kolom komentar, ya!

Selalu ingat untuk memakai KAWN POS dalam pendamping bisnismu, ya! Sampai jumpa pada artikel berikutnya!