Ide Dan Peluang Usaha Di Bidang IT Yang Menjanjikan

-

Ide dan peluang usaha adalah salah satu ‘jalan ninja’ yang dipikirkan oleh banyak orang saat ini. Mengapa demikian? Pandemi mengajarkan bahwa kita tidak bisa sepenuhnya bergantung pada orang lain. Dengan memiliki skill atau keahlian di bidang tertentu, Anda dapat menjadikannya sebagai nilai jual.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, pada Maret 2020 persentase kemiskinan di Indonesia menjadi 9,78%. Angka tersebut sebagian besar disumbangkan oleh banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya karena tidak bisa beradaptasi dan bertahan atas bergejolaknya perekonomian nasional maupun global. Sehingga bertambahnya jumlah pengangguran penduduk Indonesia yang meningkat akibat pandemi satu tahun terakhir.

Baca juga: 4 Bisnis Milenial yang Sangat Potensial

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa belajar suatu keahlian untuk bertahan hidup. Bagaimana caranya? Anda lihat tren yang sedang berkembang saat ini, kemudian temukan ide dan peluang yang bisa Anda pelajari sehingga dapat  menyesuaikan dengan tren saat ini.

Melihat dunia dan IT saat ini sedang berkembang pesat bersama-sama, Anda dapat memanfaatkan momentum ini untuk menggali potensi apa yang Anda miliki. Banyak ide dan peluang usaha berbasis IT yang saat ini sangat potensial untuk digeluti. Apa saja ide dan peluang usaha di bidang IT? KAWN sudah merangkumnya untuk Anda

Baca juga: TECHNOPRENEUR, KOMBINASI TEKNOLOGI DAN ENTREPRENEUR

Ide dan Peluang Usaha dari Keahlian Menulis

Source: pexels.com

Anda memiliki hobi menulis? Jika selama ini Anda menulis untuk kebutuhan redaksional atau penerbit konvensional, bagaimana jika Anda ubah haluan? Hobi Anda tetap tersalurkan, sekaligus membuka jalan untuk ide dan peluang usaha sebagai penulis blog.

Blog menurut Merriam Webster adalah “website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog.” Manfaat dari blog selain Anda bisa menyalurkan hobi menulis, blog bisa di-monetisasi (diuangkan).

Pertama, dengan Ads Google. Pastikan Anda menulis konten yang spesifik, misal hiburan/edukasi/lain sebagainya. Kelak jika banyak pembaca yang datang ke halaman blog Anda, maka akan mempengaruhi trafik kunjungan. Sehingga, Anda akan dengan mudah bekerja sama dengan layanan iklan milik Google tersebut.

Kedua, dengan bantuan KOL (Key Opinion Leader) atau yang sering disebut influencer. Anda bisa melakukan endorse kepada mereka. Mereka sangat potensial untuk mempengaruhi opini pengikutnya. Namun, dibutuhkan sejumlah uang untuk bisa bekerja sama dengan mereka.

Ketiga, media branding. Dengan maraknya portofolio tulisan Anda, dapat dijadikan ide dan peluang untuk membuka jasa freelance. Pelajari beberapa bidang menulis di dunia digital, misalnya sebagai blogger, copywriting, digital marketing dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Blog Beserta Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Web Developer

Source: pexels.com

Profesi satu ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Banyaknya permintaan saat ini untuk membuat website dapat dijadikan ide dan peluang yang menjanjikan. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang detail pekerjaan web developer, mari kita cari tahu dulu tentang peran website itu sendiri.

Website adalah identitas yang dapat menceritakan tentang sebuah brand, bagaimana brand tersebut memiliki kredibilitas, produk-produk apa yang dijual, menampilkan testimoni pengguna, media CRM (Customer Relationship Management) serta media promosi secara digital. Sehingga, website memegang peran yang sangat besar mengenai bagaimana sebuah brand dapat berkembang dan berkompetisi di pasar.

Detail pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang web developer adalah membuat situs website, mengetes situs, membuat dan melakukan pengetasan API, serta bertanggung jawab dengan semua dokumentasi di dalam website. Secara general, tanggung jawab seorang web developer adalah menciptakan pengalaman baik bagi user yang datang berkunjung ke halaman website.

Baca juga: Memahami Peran dan Pekerjaan Web Developer

Desain Grafis

Source: pexels.com

Memiliki jiwa seni dalam bidang menggambar, ditambah lagi Anda juga tertarik dengan bidang komunikasi visual ternyata sangat potensial di era digital saat ini. Mengapa demikian? Banyak perusahaan besar maupun start-up yang saling berlomba-lomba untuk menarik perhatian pelanggannya dengan visual yang estetik.

Visual yang estetik disertai dengan copywriting yang menarik ternyata terbukti menjadi salah satu daya tarik pelanggan untuk membeli sebuah produk. Berdasarkan riset inilah, terbuka sebuah ide dan peluang usaha sebagai desain grafis. Sehingga berdampak pada banyaknya perusahaan yang merekrut desain grafis baik secara permanen maupun freelance.

Detail pekerjaan seorang desain grafis adalah mempersiapkan bahan visual yang sesuai dengan brief yang diberikan, kemudian mencoba untuk menuangkan ide ke dalam visual (image, logo, video, ilustrasi, maupun desain untuk media promosi). Jika memang sudah selesai dan mendapat persetujuan project manager,  seorang desain grafis akan memfinalisasi desainnya ke dalam bentuk akhir sesuai dengan kehendak client.

Baca juga: 5 Bisnis Kreatif yang Duitnya Fantastis

SEO Konsultan

Source: jurnal.id

Profesi yang terakhir ini, mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya. Mengapa untuk SEO saja, dibutuhkan seorang konsultan? Apa sebetulnya manfaat SEO bagi sebuah perusahaan berbasis digital? Sebelum kita membahas ide dan peluang sebagai konsultan SEO, kita jawab dulu pertanyaan-pertanyaan di atas.

SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu cara untuk mengoptimasi sebuah halaman website agar menempati urutan atas di kolom pencarian. Dengan menempati urutan teratas, maka otomatis akan meningkatkan potensi trafik secara organik. Sehingga dapat dipastikan engagement pun akan ikut meningkat.

Pentingnya SEO sejalan dengan pentingnya peran konsultan SEO itu sendiri. Memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan petunjuk tentang bagaimana seharusnya teknik SEO yang baik dan benar, serta yang paling utama adalah membantu pemilik website untuk mendapatkan trafik yang potensial sehingga dapat dikonversikan menjadi prospek bisnis industri yang menguntungkan.

Baca juga: SEO dan Optimasi Halaman Website Bisnis Anda

Ragam profesi di atas dapat Anda jadikan referensi untuk serius menggeluti dunia teknologi informasi (IT). IT menjadi salah satu elemen penting dalam perkembangan dunia yang berbasis digital saat ini. Adakah salah satunya yang menginspirasi Anda? Atau Anda sudah berkecimpung pada salah satu profesi di atas?

Jika passion Anda pada dunia f&b, perkembangan IT sangat ramah menunjang dunia f&b itu sendiri. Salah satunya aplikasi kasir online yang saat ini sangat memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis f&b. Terus perbaharui pengetahuan dan kemampuan Anda, sehingga apapun bisnisnya tetap bisa mengikuti perkembangan jaman yang ada.

Baca juga: Teknologi yang Digunakan Aplikasi Kasir Online