Horas! Jangan Ngaku Cinta Medan Kalau Belum Coba 5 Jajanan ini

-

Tentunya, setiap daerah di Indonesia memiliki jajanan khasnya masing-masing. Tidak terkecuali dengan Kota Medan, kota yang dihuni mayoritas suku Batak ini juga memiliki ragam kuliner yang wajib Anda coba.

Baca juga: 12 Kuliner Paling Pecah di Medan, Nyesel kalau Gak Mampir ke Sini!

Berbicara tentang kuliner Kota Medan bukan hanya soal makanan utama saja, seperti Soto Medan, Lontong Medan serta mie gomak. Aneka jajanannya pun sepertinya wajib untuk Anda coba. Untuk itu, jika Anda masyarakat asli Medan atau warga luar Medan yang sudah terlanjur cinta dengan Kota Medan, sepertinya wajib tahu ragam jajanan kota yang dijuluki Paris Van Sumatera tersebut. Seperti yang KAWN lansir dari brilio.net, berikut ulasannya.

Baca juga: Kenali Macam-Macam Soto yang Ada Di Indonesia

Pancake Durian

Source: Google Image

Medan memang sangat terkenal dengan buah duriannya. Bahkan, jika mendengar kata durian dan Medan, pasti yang terlintas dipikiran adalah Ucok Durian yang berada tepat di tengah-tengah Kota Medan.

Baca juga: Ucok Durian, Destinasi Wisata Kuliner Jokowi di Medan

Namun, selain durian yang dimakan langsung, di Kota Medan juga terkenal dengan jajanan durian yang diolah menjadi pancake durian. Pancake durian adalah jajanan khas Medan yang berisi daging durian yang dibalut dengan krim dan kulit pancake yang lembut.  

Lemang

Source: Google Image

Lemang juga merupakan jajanan khas Medan yang tepatnya berasal dari daerah Tebing Tinggi, atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Medan. Namun, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Tebing Tinggi untuk menikmati jajanan ini, karena di Kota Medan pun banyak pedagang yang menjajakan kudapan ini.

Baca juga: Resep Lemang Khas Medan yang Gurih dan Nikmat, Yuk Bikin di Rumah!

Lemang merupakan jajanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan. Satu hal menarik dari jajanan ini, yaitu cara pembuatannya yang di masukan kedalam bilah bambu kemudian dibakar diatas bara api hingga matang. Biasanya, kebanyakan orang Medan mengonsumsi lemang yang dicampur dengan buah durian.

Bika Ambon

Source: Google Image

Jangan terkecoh dengan namanya ya, jika Anda cinta dengan Kota Medan, pasti Anda sangat paham, kalau jajanan ini bukan berasal dari Ambon. Lantas, kenapa dinamakan Bika Ambon?

Baca juga: Ini Cerita di Balik Nama Bika Ambon

Menurut seorang budayawan sekaligus sejarawan, M Muhar Omtatok menjelaskan bahwa, jajanan ini pertama kali dijual dan popular di Jalan Ambon, Sei Kera, Kota Medan. Sejak saat itulah, jajanan ini terkenal dengan sebutan Bika Ambon.

Jajanan ini dibuat dari adonan tepung, santan, gula dan kuning telur. Selanjutnya adonan tersebut difermentasi dengan menambahkan air nira. Proses inilah yang menyebabkan Bika Ambon bercita rasa manis yang sangat khas.

Kue Ombus-Ombus

Source: Google Image

Mungkin jajanan ini adalah salah satu jajanan khas Medan yang kurang terkenal jika dibandingkan dengan Bika Ambon, lemang atau bahkan pancake durian. Ombus-ombus merupakan jajanan khas Medan yang terbuat dari tepung beras dengan campuran gula merah.

Baca juga: Berburu Ombus-Ombus, Kue Tradisional Batak yang Manis dan Lezat

Ada cerita menarik dari terciptanya nama ombus-ombus. Ombus-ombus sendiri berasal dari bahasa Batak yang berarti embus atau ditiup. Karena jajanan ini disajikan dalam keadaan panas, sehingga Anda harus menghembus-hembuskan terlebih dahulu sebelum Anda memakannya.

Tahu Balek

Source: Google Image

Jika Anda pecinta tahu dan sedang jalan-jalan ke Kota Medan, seperti wajib mencoba tahu balek. Secara harfiah, makna dari tahu balek sendiri adalah tahu yang dibuat dengan cara terbalik. Definisi ini menggambarkan bentuk dari tahu itu sendiri, dimana bagian dalam tahu yang warnanya putih, justru berada di sisi luar, sementara sisi warna kuning berada di bagian dalam tahu.

Biasanya orang Medan mengonsumsi tahu balek dengan pelengkap sambal kecap. Sehingga, campuran tahu dengan kecap manis menciptakan cita rasa manis, pedas dan gurih saat Anda mencicipinya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba jajanan khas Medan yang satu ini?

Baca juga: Sambal-Sambal Khas Indonesia, Berani Coba Sensasi Pedasnya?

Mungkin, sebagian besar masyarakat Kota Medan sudah sangat familiar dengan jajanan diatas. Namun, bagi Anda orang luar Medan tidak ada salahnya mencoba beberapa jajanan khas Medan, paling tidak sekali seumur hidup. Dari kelima jajanan yang sudah KAWN ulas, mungkin Anda punya masukan jajanan lainnya. Kalau ada, silahkan tulis di kolom komentar ya! Ditunggu!