Daycare, Peluang Bisnis Sasar Orang Tua Super Sibuk

-

Daycare atau rumah penitipan anak menjadi alternatif bagi sebagian orang tua yang super sibuk karena rutinitas pekerjaan sehari-hari. Di kota besar layaknya Jakarta, keberadaan bisnis daycare sudahlah bukan barang baru lagi.

Faktor biaya hidup yang meningkat di kota besar, membuat sebagian orang tua memilih untuk tetap bekerja agar kebutuhan tetap terpenuhi. Keberadaan daycare menjadi penolong dikala orang tua kesulitan mencari suster atau perawat yang kompeten untuk merawat sang buah hati dari pagi hingga ke sore hari.

Baca juga: 5 Tips Parenting untuk Orangtua Super Sibuk

Bagi Anda yang mempunyai latar belakang di bidang keperawatan, psikologi anak atau tenaga pendidik mungkin fenomena  ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, sebagian orang pasti akan bertanya-tanya, apa perbedaan antara daycare dengan TK atau mungkin playgroup? Disinilah KAWN akan memberikan jawabannya.

Daycare merupakan lembaga perawatan anak, dimana orang tua menitipkan anak mulai dari umur bayi hingga usia balita untuk dirawat dengan beragam pilihan paket perawatan. Berbeda dengan TK atau playgroup yang hanya menyediakan wadah untuk belajar dan bermain bagi anak dan biasanya diperuntukan untuk anak mulai dari usia sekolah.

Pada daycare pun orang tua diberikan pilihan beberapa paket perawatan,  mulai dari paket makan siang, camilan, kelas khusus, olahraga ringan bahkan spa khusus anak. Tinggal tentukan kebutuhan dari masing-masing orang tua terhadap kenyamanan yang ingin diberikan ke si buah hati.

Baca juga: Apa Tantangan untuk Ayah dan Ibu yang Bekerja?

Memulai bisnis daycare memang membutuhkan modal dan waktu yang tidak sebentar. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya.

Bersama artikel kali ini KAWN akan berikan beberapa tips untuk memulai usaha daycare. Tips ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk segera memulai usaha yang paling disasar oleh orang tua super sibuk di kota-kota besar. Simak baik-baik ya!

Daycare Butuh Lokasi yang Strategis

source : XDA Developers

Anda mempunyai rumah besar di wilayah yang padat pemukiman penduduk dan berada di wilayah bersegmentasi ekonomi menengah ke atas? Sepertinya kondisi tersebut adalah langkah baik bagi Anda untuk memulai bisnis daycare.

Pasalnya lokasi yang strategis dan dekat dengan target market bisa menjadi faktor utama bisnis daycare berjalan dengan baik. Orang tua bisa mengantarkan buah hati mereka bersamaan ketika mereka berangkat ke kantor.

Lokasi yang searah antara rumah, daycare dan kantor bisa menghemat waktu orang tua untuk melakukan pengantaran dan penjemputan. Lokasi strategis lainnya yang bisa menjadi opsi adalah berdekatan dengan lokasi kantor sang orang tua, karena orang tua bisa dengan mudah mengunjungi sang buah hati pada saat jam istirahat.

Baca juga: Hobi Nonton Drakor? Cari Tahu Yuk Peluang Bisnis Di Balik Drama Korea

Berikan Layanan Prima

source : orami

Faktor penentu dari orang tua untuk memilih daycare adalah dari paket layanan yang diberikan. Buat paket layanan yang bervariasi dan berkualitas agar orang tua bisa mempercayakan daycare Anda sebagai pilihan terbaik bagi sang buah hati.

Sebagai contoh, daycare bisa memberikan kelas agama, paket makan siang dengan diet tertentu atau adanya layanan CCTV yang prima. Tentu layanan-layanan tersebut bisa menjadi poin tambah bagi orang tua untuk memilih daycare Anda.

Baca juga: Toko Mainan Anak-Anak yang Semakin Memikat!

SDM yang Kompeten

source : Brainfit Indonesia

SDM meliputi perawat, petugas keamanan, guru, staf administrasi dan lainnya perlu mendapatkan perhatian khusus bagi Anda. SDM yang kompeten dan dapat dipercaya adalah aset berharga bagi kelangsungan bisnis daycare.

Konsep background checking dirasa perlu untuk dilakukan demi mengetahui riwayat hidup SDM, baik secara akademik, keterampilan maupun perilaku. Ingat, Anda diberikan tanggung jawab untuk menitipkan anak, yang merupakan manusia berharga bagi orang tuanya, jadi jangan sampai lalai ya!

Baca juga: Lokasi Strategis Bisnis Kedai Kopi Dengan Tema Pegunungan

Izin Usaha

source : BNK Consulting

Usaha yang sudah berizin dan legal akan membuat usaha lebih dipercaya oleh calon konsumen. Jadi, mengurus perizinan untuk usaha daycare Anda adalah elemen yang penting untuk dilakukan.

Baca juga: Waralaba yang Cepat Balik Modal

Mainan yang Edukatif dan Variatif

source : popmama

Mainan adalah sarana yang dibutuhkan pada bisnis daycare agar anak tidak merasa bosan dan dapat mempelajari sesuatu dari mainan tersebut. Oleh karena itu, menyediakan mainan yang edukatif dan variatif bisa membuat anak menjadi betah, disamping itu dapat juga mengasah skill motorik dan sensorik mereka.

Baca juga: Mau Tahu Manfaat yang Di Dapat Jika Anak Bermain Mainan Edukatif ?

Baiklah KawanKAWN baru saja tadi adalah beberapa tips bisnis yang bisa Anda terapkan untuk memulai usaha daycare. Terus simak artikel-artikel lainnya yang tentu saja memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!