Bisnis Kopi Bikin Untung Tiap Hari

-

Di belahan negara lain seperti Australia melihat bahwa sebagian besar bisnis kopi  mengalami kegagalan. Namun, Indonesia menunjukan hal yang berbeda, hal ini dapat dilihat pertumbuhan bisnis kopi semakin bertambah dan disaat yang sama bisnis kopi memperoleh keuntungan yang meningkat tiap harinya.

Baca juga : Buka Bisnis Kopi, Sebulan Bisa Raih Keuntungan Rp30 Juta

Melansir dari wawancara yang dilakukan detik.com dengan salah satu pemilik kedai kopi asal Bandung mengatakan margin keuntungan yang bisa didapat terbilang cukup besar. Apalagi jika pengusaha kedai kopi bisa mendapatkan bahan baku biji kopi dengan harga murah, seperti dari petani langsung.

Bermunculan bisnis ini menunjukan adanya peningkatan jumlah konsumsi masyarakat terhadap kopi. Senada dengan data dari Kementerian Pertanian Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, konsumsi kopi nasional pada 2016 mencapai sekitar 249.800 ton. Pada 2018, angkanya tumbuh menjadi 314.400 ton.

Kedepannya konsumsi kopi Indonesia diprediksi terus tumbuh rata-rata sebesar 8,22% per tahunnya. Kemudian pada 2021, konsumsi kopi diprediksi mencapai angka 370.00 ton. Berdasarkan data tersebut, mungkin saja dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk memulai bisnis kedai kopi.

Baca juga : Di Indonesia Konsumsi Kopi Meningkat, Ratusan Miliar Dana Investor Masuk ke Start Up Kopi

Melihat jumlah konsumsi masyarakat Indonesia terhadap kopi yang cukup meningkat dan ditambah perolehan sumber bahan baku yang melimpah, membuat rapper asal Amerika Serikat, Jay Z, berani melakukan investasi yang cukup besar untuk salah satu kedai kopi di Indonesia.

Ketika seorang ingin melakukan investasi, pada dasarnya mereka ingin memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut. Oleh sebab itu, bisnis ini dapat menjadi peluang bisnis yang menarik. Berikut beberapa alasan kenapa bisnis kopi dapat untung setiap hari;

Modal relatif kecil

Melihat adanya peluang bisnis kopi yang menguntungkan di masa depan, Anda juga perlu memikirkan modal awal saat memulainya. Dari beberapa model bisnis yang sama, bisnis kopi dapat dikatakan cenderung memiliki modal yang cukup relatif kecil.

Baca juga : Modal Rp 10 juta Sudah Bisa Buka Bisnis Kopi, Simak Caranya

Saat memulai usaha, terkadang seseorang terhambat pada biaya sewa tempat. Namun, sekarang-sekarang ini rumah pribadi dapat disulap menjadi tempat bisnis, dengan cara tersebut setidaknya dapat mengurangi modal awal bisnis kopi Anda.

Setelah menekan biaya sewa tempat, biaya lain yang dapat ditekan yaitu seperti alat penggiling kopi dan juga staf kedai Anda nantinya. Disini peran kolega atau keluarga cukup penting dalam tahap awal bisnis Anda, karena bekerjasama dengan mereka dapat biaya untuk alat dan staf dapat dibagi secara merata.

Menekan biaya modal dengan cara tersebut, pada 1-2 tahun kedepan bisnis kopi Anda setidaknya akan mendapatkan keuntungan tiap harinya.

Sumber bahan baku mudah didapat

Segala bentuk bisnis apapun termasuk bisnis F&B, Anda juga perlu memikirkan bagaimana mendapatkan sumber bahan baku. Saat memulai bisnis kedai kopi, tentunya bahan bahan baku yang harus Anda dapatkan yaitu, biji kopi.

Baca juga : Macam-Macam Kopi yang Harus Kamu Tahu, Agar Tak Salah Pesan!

Dengan melihat data dari Kementerian Pertanian mengenai biji kopi sudah tidak perlu dipusingkan lagi, karena jumlahnya sudah cukup banyak. Dari beberapa jenis biji kopi yang diminati oleh konsumen, jenis biji kopi arabika dan robusta dari daerah Aceh dan Toraja yang menjadi favorit dikarenakan memiliki aroma dan rasa yang khas.

Saat ini biji kopi sudah sudah dapat Anda temukan di pasar tradisional ataupun pasar modern dekat rumah. Anda juga bisa mendapatkan biji kopi dari petani langsung, selain memiliki value lebih dengan membeli langsung dari petani justru lebih murah dan tentunya dapat menekan biaya pengeluaran.

Segmentasi market yang luas

Hal terakhir alasan mengapa bisnis kopi dapat untung tiap hari yaitu, karena konsumen penikmat kopi hampir di semua kalangan. Seorang penikmat kopi memiliki frekuensi lebih tinggi dalam mengkonsumsi kopi, biasanya sebelum atau sesudah memulai aktivitas mereka cenderung membutuhkan kopi sebagai pelengkap.

Baca juga : 5 Jenis Segmentasi Pasar yang Perlu Kamu Riset Sebelum Bisnismu Berkembang

Selain itu, kopi juga menjadi teman untuk dikala saat hangout bareng teman ataupun keluarga. Tak jarang juga kedai kopi ramai dikunjungi saat hari libur seperti weekend atau jam pulang kantor.

Karena kopi dapat dinikmati oleh semua kalangan dan hampir dibutuhkan tiap harinya, hal ini membuktikan bahwa bisnis kopi saat ini dapat dikatakan bisnis yang memiliki profit hari ini dan nanti.

Bisnis kopi memang memiliki peluang keuntungan lebih besar, namun sebelum memulai bisnis tersebut Anda perlu melakukan persiapan yang matang agar bisnis kedai kopi Anda sesuai dengan harapan.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Agar  bisnis Anda berkembang lebih baik, saat ini sudah ada sebuah teknologi kasir online untuk memudahkan segala urusan bisnis Anda. Di kasir online tersebut memiliki beberapa fitur yang tentunya sangat mendukung perkembangan bisnis Anda nantinya, seperti dapat melihat jenis kopi apa saja yang laku dipasaran dan juga dapat mengetahui bisnis Anda untuk jangka kedepan.

Nah, jadi hal yang sudah disampaikan diatas merupakan beberapa alasan kenapa bisnis kopi semakin hari semakin banyak dan memiliki prospek untung yang menggiurkan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis kopi?