Bengkel Motor, Bisnis yang Tak Lekang Oleh Waktu

-

Bengkel motor sampai saat ini menjadi bisnis yang menarik untuk digeluti. Hal ini dapat dibuktikan dari hadirnya banyaknya bengkel motor di setiap jalan-jalan, baik itu di jalan besar maupun di dalam gang sekalipun.

Bisa dikatakan, bengkel motor merupakan salah satu bisnis yang tak lekang oleh waktu. Semakin bergantungnya mobilitas masyarakat menggunakan sepeda motor, semakin besar juga peranan atau jasa bengkel motor. Sederhananya, selama industri otomotif masih memproduksi sepeda motor, sepanjang masyarakat masih menggunakan sepeda motor, disitulah bengkel motor akan selalu dibutuhkan.

Mengapa demikian? Sama seperti tubuh manusia, bahwasanya sepeda motor pun juga butuh perawatan agar tetap prima. Oleh karena itulah, bengkel motor menjadi destinasi wajib untuk merawat atau bahkan memperbaiki kerusakan sepeda motor.  

Baca juga: Barbershop, Bisnisnya Para Lelaki yang Semakin Menjanjikan

Sudah banyak contoh pengusaha sukses dibidang bengkel motor. Bahkan, ada cerita menarik yang diberitakan oto.detik.com. Dialah Iwan Setiyono, seorang montir sebuah bengkel motor yang mendapatkan upah Rp 35.000 per harinya. Suatu saat, ia memberanikan diri untuk keluar dan membuka usaha bengkelnya sendiri. Berkat kegigihannya tersebut, saat ini dia bisa meraup keuntungan kurang lebih Rp 500.000 per hari.  

Akan tetapi, membangun sebuah bengkel motor juga tidak dapat diwujudkan semudah membalikan telapak tangan. Banyak hal yang perlu Anda persiapkan, namun yang paling penting adalah pengetahuan serta keterampilan diri tentang sepeda motor itu sendiri.

Lantas, apa saja langkah yang perlu disiapkan saat seseorang ingin membangun usaha bengkel motor? Dilansir dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

Bengkel Motor, Siapkan Modal yang Cukup

source : pexels

Tidak bisa dipungkiri, kekuatan modal keuangan menjadi kunci saat seseorang hendak membangun sebuah bisnis, tak terkecuali pada bisnis bengkel motor. Pasalnya, besarnya modal keuangan bisa menjadi dasar saat Anda menentukan hal-hal lainnya, seperti besar kecilnya bengkel, jenis layanan, kelengkapan onderdil serta peralatan atau fasilitas penunjang.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki modal yang cukup besar. Anda bisa menyewa ruko atau tempat dengan lahan yang cukup luas, akan tetapi jika modal Anda minim, Anda bisa memanfaatkan lahan di rumah Anda, seperti garasi atau halaman depan.

Selain modal keuangan, penting juga bagi Anda untuk membekali diri dengan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang otomotif, terutama sepeda motor. Dalam hal menyediakan peralatan bengkel misalnya, coba bayangkan jika Anda sama sekali minim pengetahuan akan hal tersebut. Tentunya Anda akan kesulitan, menentukan peralatan apa saja yang sifatnya wajib disiapkan dan yang tidak.  

Baca juga: Komunitas Bisnis, Temukan Manfaat Saat Anda Bergabung Didalamnya

Cari Mekanik yang Kompeten

source : pexels

Tidak dapat dipungkiri, kalau kegiatan bisnis yang utama pada bengkel motor adalah memberikan pelayanan kepada pemilik kendaraan sepeda motor. Layanan tersebut bisa berupa perawatan maupun service kendaraan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menguasai dengan baik cara merawat serta memperbaiki sepeda motor. Akan tetapi, jika dirasa kemampuan Anda masih jauh dari kata mumpuni, Anda wajib mencari montir atau mekanik yang kompeten.

Caranya, lakukan seleksi terlebih dahulu dengan melihat resume atau pengalaman dia sebelumnya. Atau kalau perlu, lakukan tes terhadap calon mekanik baru. Agar Anda sebagai pemilik usaha tahu, seberapa jauh kemampuan calon karyawan Anda.

Lokasi Merupakan Kunci

source : urban digital

Bisa dibilang lokasi strategis merupakan poin penting pada sebuah bisnis. Bukan hanya bengkel motor, banyak juga bisnis yang mengandalkan lokasi demi menarik banyak konsumen, mulai dari bisnis minuman kekinian, bisnis laundry, toko roti, toko sepeda serta bisnis fotocopy.

Baca juga: Fotokopi, Kenali Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Ini

Jalan ramai, yang banyak dilalui pengendara sepeda motor bisa dikatakan lokasi yang strategis untuk bisnis bengkel motor. Selain mudah dijangkau, jalan ramai juga menjadi strategi branding yang ramah dikantong.

Baca juga: Branding: Unsur, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya yang Harus Anda Ketahui

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa banner dengan visual yang menarik dan mudah dilihat. Bukan tidak mungkin, dengan cara seperti itu bengkel motor Anda akan semakin dikenal banyak orang.  

Sediakan Onderdil dan Aksesoris Sepeda Motor

source : inspirasi pagi

Sudah menjadi hal yang biasa, jika sepeda motor rusak memerlukan onderdil atau spare parts baru. Di sisi lainnya, ada saja pemilik kendaraan yang ingin sepeda motornya terlihat lebih menarik. Biasanya dia tidak segan-segan merogoh koceknya untuk membelanjakan aksesoris.

Tentunya ini menjadi ladang profit lainnya yang bisa Anda ambil dari bisnis ini. Bisa dikatakan, onderdil dan aksesoris sepeda motor menjadi strategi cross selling yang menarik untuk diterapkan.

Baca juga: Kenalan dengan Cross Selling, Salah Satu Strategi Marketing yang Paling Efektif

Menyediakan onderdil dan aksesoris juga harus dilakukan dengan pemikiran dan perhitungan matang. Kuncinya, cari pemasok pemasok dengan margin kompetitif dan kualitas yang baik. Sehingga Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dan tetap dipercaya konsumen.

KawanKAWN, baru saja kita ulas mengenai langkah-langkah membangun bisnis bengkel motor. Akan tetapi, jika Anda seorang pebisnis bengkel motor yang sudah meraih kesuksesan, boleh dong berbagi ceritanya di kolom komentar. Kami tunggu ya! Terima kasih!