5 Minuman Dingin yang Cocok untuk Buka Puasa

-

Selama satu hari menahan dahaga karena berpuasa, saat berbuka perlu hidangan makanan atau minuman  yang menggugah selera. Selain makanan kurang lengkap rasanya apabila Anda tidak menghidangkan minuman segar, manis, dan tentunya dingin sebagai menu buka puasa.

Minuman dingin dan manis bagi sebagian orang menjadi favorit mereka untuk berbuka, selain menyegarkan minuman dingin dapat meningkatkan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa selama satu hari penuh.

Baca juga : 12 Resep Minuman Buka Puasa Sederhana, Praktis dan Segar!

Biasanya minuman dingin ini banyak komposisi di dalamnya atau banyak campuran pemanis lain yang membuat minuman ini segar ketika diminum saat buka puasa. Sirup, susu, buah-buahan menjadi komposisi paling dominan dalam hidangan minuman.

Namun, sebelum mengonsumsi minuman dingin dan manis ini, Anda perlu minum air putih terlebih dahulu untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh dan makan makanan besar atau berat seperti nasi.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Metabolisme Agar Mudah Langsing

Berikut ini beberapa pilihan minuman dingin yang perlu Anda coba sebagai menu pelengkap buka puasa Anda bersama keluarga.

Es blewah

Siapa yang tak kenal dengan es blewah, minuman segar yang cocok saat buka puasa menjadi kenikmatan tersendiri. Rasa manis dan segar dari blewah dan dinginnya es serasa melebur menjadi satu dalam mulut dan melegakan dahaga.

Baca juga : Resep Takjil Buka Puasa Es Blewah Manis Segar Menggugah Selera

Saat Anda memilih minuman ini untuk berbuka puasa, Anda perlu memperhatikan tingkat kematangan dari buah ini, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Hal itu bertujuan ketika daging blewah dicampurkan kedalam es tekstur daging blewah mudah untuk dinikmati saat dikonsumsi.

Ada berbagai macam olahan minuman dingin dari blewah ini, Anda dapat mencampurkan blewah dengan pemanis seperti sirup, susu, atau topping lainnya yang menyegarkan seperti agar-agar, kolang-kaling, dan lain-lain.

Es rumput laut

Minuman dingin selanjutnya yaitu es rumput laut, mungkin sebagian besar dari Anda cukup asing dengan jenis minuman ini. Siapa sangka, minuman berbahan dasar dari gulma atau tumbuhan yang tidak diinginkan di laut dapat disulap menjadi minuman yang segar dan menyehatkan saat buka puasa.

Baca juga : 4 Resep Olahan Es Rumput Laut, Jadi Minuman Segar Buka Puasa Ramadhan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Applied Phycology menunjukkan bahwa berbagai jenis rumput laut mengandung nutrisi yang bermanfaat, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, zat besi, dan juga yodium. Manfaat tersebut tentunya dibutuhkan oleh tubuh dan dapat menjaga kesehatan selama puasa sehari penuh.

Minuman yang kaya akan manfaat ini sangat mudah dibuat, Anda cukup campurkan rumput laut dengan es batu dan pemanis seperti sirup dan kental manis. Selain itu, Anda juga bisa coba campurkan bahan lain seperti selasih, kolang-kaling atau potongan kecil buah-buahan.

Es kopyor

Jenis minuman ini memang seperti es kelapa muda, tapi yang membedakan dari es kelapa muda terlihat pada daging buahnya. Biasanya es kelapa muda memiliki tekstur yang padat, tapi kopyor memiliki tekstur yang lembek. Hal ini disebabkan karena adanya kelainan genetik dari buah kelapa tersebut. Tapi jangan khawatir, kopyor aman untuk dikonsumsi.

Baca juga : Yuk, Bikin Es Kopyor Segar untuk Menu Berbuka Puasa ala Dapur Almyra

Dalam proses pembuatannya sama seperti es kelapa muda, walaupun daging buah (kopyor) sudah masih, minuman ini juga perlu dicampur pemanis tambahan seperti sirup atau kental manis.

Untuk membuat minuman ini Anda tidak perlu pemanis tambahan terlalu banyak. Karena daging buah kopyor memiliki kandungan gula yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan daging buah kelapa pada umumnya.

Es alpukat coklat

Minuman dingin berbahan dasar buah ini pada umumnya digunakan untuk jus ataupun topping ice cream, tapi Anda dapat sulap buah alpukat ini menjadi minuman dingin untuk buka puasa bersama keluarga.

Baca juga : Awas Ngiler! 10 Es Alpukat Pilihan Netizen Ini Cocok Buat Berbuka

Cara penyajiannya pun cukup mudah, Anda perlu kerok bagian daging buah alpukat menggunakan sendok atau alat khusus, masukan kedalam mangkuk atau gelas yang berisi serutan es, campuran kental manis coklat atau Anda bisa mencoba dengan mencampurkan bubuk coklat lainnya.

Selain menyegarkan dan dapat melepas dahaga di kala puasa, es alpukat memiliki berbagai macam manfaat seperti dapat mencegah resiko kanker, mencegah sakit jantung dan juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Es mega mendung

Sebagian besar dari Anda ketika mendengar minuman ini mungkin cukup asing. Tapi, bahan dasar yang digunakan dari minuman ini mudah Anda temukan dimana saja, seperti supermarket ataupun toko kelontong dekat rumah Anda.

Es mega mendung merupakan minuman yang berbahan dasar dari soda cola, kental manis, dan pastinya es batu. Cara membuatnya pun sangat sederhana dan mudah, cukup aduk secara merata soda cola dengan kental manis lalu tambahkan es batu secukupnya untuk menyegarkan minuman.

Baca juga : Ini Dia 5 Varian Es Favorit Yang Digemari Saat Buka Puasa

Wah, dari beberapa rekomendasi diatas bikin Anda semakin haus ya! Anda bisa kembangkan lagi topping dari 5 minuman diatas tadi untuk buka puasa. Apabila punya rekomendasi minuman dingin lainnya yang cocok untuk diminum saat buka puasa, tulis kolom komentar dibawah ini ya! Selamat mencoba.