Terapkan 5 Jenis Diskon ini, Dijamin Konsumen Bakal Happy

-

Sudah bukan rahasia lagi, kalau diskon merupakan salah satu hal yang paling disukai dan pastinya bikin happy konsumen Anda, terutama bagi konsumen yang hobi berbelanja atau mengunjungi restoran. Beragam diskon yang diberikan oleh pemilik usaha yang membuat bisnisnya selalu ramai dikunjungi oleh konsumen yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah. Walaupun sebenarnya harganya sudah di markup, tetapi kebanyakan orang masih tertarik dengan label diskon.

Baca juga : Cara Membuat Promo di Aplikasi Kasir Online KAWN

Diskon atau potongan harga merupakan salah satu strategi pemasaran yang terbukti sangat efektif hingga saat ini. Banyak pelaku bisnis mulai dari level kecil hingga besar yang menerapkan strategi ini. Ada beberapa kasus yang sebenarnya konsumen tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, tetapi kenyataannya karena ada label diskon membuat konsumen tersebut menjadi lupa diri untuk membelinya. Memang dengan menerapkan beberapa jenis diskon bisa membuat konsumen Anda bertindak lebih konsumtif dan kompulsif.

Baca juga : 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Saat ini jenis diskon pun cukup banyak, sehingga Anda harus benar-benar jeli dalam menerapkan strategi diskon agar omset penjualan bisa meningkat. Sebagaimana yang telah KAWN lansir dari kompas.com, berikut beberapa jenis diskon yang dijamin membuat konsumen Anda merasa happy:

Promo Buy 1 Get 1

Strategi diskon beli satu gratis satu ini paling sering dijumpai di mall atau supermarket. Biasanya jenis diskon ini diterapkan untuk produk yang baru launching dengan tujuan untuk meningkatkan awareness dan feedback konsumen. Sudah bisa dipastikan, dengan adanya diskon ini konsumen akan menerima 2 produk dalam 1 transaksi.

Baca juga : Membuat Paket Dinamis atau Buy 1 Get 1 di Aplikasi Kasir Online KAWN

Memang biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum diskon ini diterapkan, bagi sebagian konsumen akan paham dengan trik diskon seperti ini. Namun, bagi yang kurang tahu soal permainan harga, pastinya diskon ini sangat menarik. Seperti contohnya “buy one get one untuk pembelian tas Adidas”.

Baca juga : Buy 1 Get 1 Untung apa Rugi?

Diskon Berdasarkan Jenis Produk Tertentu

Diskon ini mengarah pada satu jenis produk yang Anda jual, sehingga calon konsumen akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Jenis diskon ini cocok diterapkan untuk produk yang baru saja Anda luncurkan ke pasar atau untuk meningkatkan penjualan pada produk yang stoknya sudah mendekati masa kadaluarsa.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Stok Barang Tidak Laku Tapi Menumpuk di Gudang

Biasanya syarat untuk mendapatkan diskon ini, calon konsumen hanya perlu membeli produk yang menjadi target diskon tersebut tanpa atau dengan minimum pembelian. Contoh diskon berdasarkan jenis produk tertentu adalah promo “diskon 25% untuk sepatu olahraga merek Puma” jadi dapat disimpulkan promo ini berlaku untuk pembelian sepatu olahraga saja.

Diskon Berdasarkan Metode Pembayaran

Zaman dahulu, metode pembayaran yang bisa dipakai hanya dengan menggunakan uang cash, namun seiring perkembangan teknologi, metode pembayaran saat ini memiliki banyak alternatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan e-money atau e-wallet,  sehingga masyarakat tidak perlu perlu mengantongi banyak uang kertas.

Baca juga : Perbedaan E-Money dan E-Wallet yang Harus Anda Tahu

Melihat fenomena tersebut, sudah pasti akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis di indonesia. Salah satunya adalah banyak para pengusaha yang menerapkan diskon berdasarkan metode pembayaran.

Jadi, sudah bisa diartikan bahwa diskon berdasarkan metode pembayaran adalah diskon dengan memberikan syarat atas penggunaan metode pembayaran tertentu, baik dengan atau tanpa minimum pembayaran. Sebagai contoh diskon yang dapat dibuat adalah "diskon 20% pembayaran dengan menggunakan OVO" jadi dapat disimpulkan, konsumen akan mendapat potongan harga sebesar 20% jika melakukan pembayaran dengan menggunakan OVO.

Diskon Member

Mungkin Anda sering mendengar ucapan kasir di salah satu minimarket yang isinya seperti ini “apakah ada kartu membernya pak?”. Bagi yang memiliki kartu member biasanya akan diperlakukan lebih istimewa daripada konsumen biasa, seperti dengan pemberian diskon, poin, undian di setiap pembelian.

Baca juga : Mengapa Toko Selalu Menawarkan Membership Card?

Strategi member ini tujuannya adalah mempertahankan konsumen yang dimiliki agar loyal, alasan inilah yang menjadikan member diperlakukan secara khusus. Untuk menjadi membership biasanya syaratnya tidak sulit, hanya perlu menyiapkan kartu identitas diri dan uang administrasi saja.

Cashback

Mungkin ini adalah strategi diskon yang sedang populer akhir-akhir ini, Pada dasarnya cashback sama dengan diskon. Bedanya, cashback adalah memberikan potongan harga dengan bentuk uang kembalian dan bukan lagi potongan harga seperti pada diskon.

Dengan melakukan pemberian cashback kepada setiap pembeli yang datang ini juga tidak kalah menarik dengan diskon, apalagi cashback langsung diberikan dalam bentuk uang tunai. Contohnya “Dapatkan cashback Rp 500.000 untuk setiap pembelian sepeda motor Honda Genio 110cc”.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi pemasaran dengan menerapkan diskon agar konsumen Anda selalu happy. Jika bisnis Anda ingin menerapkan diskon, cobalah dengan menggunakan aplikasi kasir online KAWN, karena KAWN kini hadir dengan fitur tampilan promo yang berfungsi untuk membuat dan menampilkan program promo atau diskon yang sedang berlangsung.

Ada 3 jenis diskon yang dapat diterapkan pada KAWN, yakni promo yang diterapkan untuk semua jenis order (misalnya: buy one get one all variant), promo yang diterapkan berdasarkan jenis produk tertentu (misalnya: diskon 25% untuk camilan) dan promo yang diterapkan berdasarkan tipe pembayaran tertentu (misalnya: diskon 10% untuk camilan dengan menggunakan OVO). Ketiga jenis promo ini bisa Anda buat dengan menggunakan KAWN, Anda cukup klik disini, untuk dapat merasakan kemudahan mengelola program promo dengan menggunakan aplikasi kasir online KAWN secara gratis selama 30 hari!