5 Menu Restoran Tradisional yang Rasanya Bikin Ketagihan

-

Selain memiliki keragaman budaya, kuliner di Indonesia juga memiliki berbagai keragaman. Ketika berada di satu kota tertentu Anda akan menjumpai restoran yang menjual makanan khas daerah tersebut, mulai dari restoran lesehan sampai dengan restoran rumah makan yang memiliki menu andalan.

Menu restoran tradisional yang ada di Indonesia terkenal dengan olahan dari bumbu rempah-rempah pilihan, hal ini yang membuat menu makanan di restoran yang bikin Anda ketagihan. Makanya tidak heran sekarang sudah banyak sekali food vlogger yang mengulas makan tradisional khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang berbeda.

Baca juga : Mau Jadi Food Vlogger? Intip 5 Langkah Berikut Ini

Menurut salah satu icon foodie Indonesia, Bondan Winarno mengatakan sebagian besar menu makanan tradisional di Indonesia masuk dalam kategori dangerously delicious. Tentunya, makanan tradisional khas Indonesia sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

Nah, buat Anda yang sering jalan-jalan ke mall atau restoran pinggir jalan, wajib banget nyicip makanan khas Nusantara. Berikut ini beberapa menu restoran tradisional masing-masing daerah di Indonesia yang rasanya bikin ketagihan.

Mie Aceh

Menu makanan restoran tradisional yang pertama dari ujung barat Indonesia yang paling terkenal, yaitu mie aceh. Sesuai penamaannya mie aceh adalah salah satu makanan khas kota Aceh. Tidak hanya di Aceh, makanan ini juga mudah dijumpai beberapa restoran di dalam mall atau restoran pinggir jalan kota-kota lainnya.

Baca juga : 5 Kumpulan Resep Mie Aceh yang Enak dan Bikin Nagih

Makanan yang berbahan dasar mie ini memiliki 2 varian yang berbeda, ada yang basah atau dicampur dengan kuah dan ada yang kering. Selain itu yang membuat mie aceh ini sangat lezat, yaitu dengan campuran berbagai topping seperti daging sapi atau daging kambing dan juga udang, tidak lupa campuran potongan timun dan kerupuk yang dapat menggugah selera.

Perwakilan makanan dari Sumatera ini sudah tidak diragukan lagi kelezatannya, sekali Anda mencoba salah satu varian dari mie aceh dijamin bikin ketagihan.

Soto Kudus

Dari Sumatera kita beralih ke pulau Jawa, kalau Anda singgah ke kota sekitaran Jawa Tengah atau lebih tepatnya kota Kudus, Anda wajib mencicipi hidangan yang khas dari kota ini, yaitu soto kudus. Walaupun berasal dari kota Kudus, makanan yang bercampur kuah ini juga dapat dijumpai beberapa daerah kota besar lainnya.

Baca juga : 5 Soto Kudus Legendaris yang Juara Lezatnya

Soto kudus sendiri memiliki berbagai macam campuran di dalamnya, terdapat daging, mie putih, dan tentunya bumbu rempah-rempah pilihan. Sama seperti mie aceh, soto kudus juga memiliki berbagai menu varian yang berbeda, ada yang disajikan dengan daging ayam dan juga ada yang disajikan menggunakan daging sapi.

Menu restoran tradisional yang satu ini kelezatannya semakin menggugah selera ketika ditambahkan dengan taburan bawang goreng, sambal dan juga perasan jeruk nipis. Tidak lupa juga, tambahkan topping lain seperti sate ampela ataupun perkedel.

Soto Banjar

Masih dalam satu jenis soto, menu restoran tradisional yang satu ini perlu Anda coba. makanan khas dari Kalimantan atau suku Banjar ini juga memiliki rasa yang cukup unik dan berbeda dengan soto-soto lainnya yang Anda sering makan. Memiliki tekstur kuah yang sedikit cair dan berwarna agak bening, membuat soto ini masih menjadi favorit bagi sebagian besar orang.

Baca juga : Resep Soto Banjar, Hidangan Soto Andalan Kalimantan Selatan

Satu hal yang membuat soto banjar ini cukup enak, yaitu karena adanya olahan rempah-rempah khususnya kayu manis. Soto pada umumnya tidak menggunakan campuran kayu manis, tapi pada soto banjar, campuran kayu manis menjadi rempah-rempah andalan untuk memikat rasanya agar lebih nikmatnya.

Dari berbagai macam menu restoran tradisional dari Kalimantan, soto banjar memiliki rasa yang bikin ketagihan. Tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Kalimantan untuk mencicipi lezatnya soto banjar. Anda bisa temukan soto ini di berbagai kota-kota besar dan restoran pinggir jalan.

Sop Konro

Dari Kalimantan sekarang kita pindah ke Sulawesi, selain kota ini cukup terkenal dengan wisata alamnya ternyata kota ini juga menyajikan hidangan yang sangat lezat, yaitu sop konro. Makanan khas kota Makassar yang satu ini sudah terkenal juga di berbagai kota lainnya, bagi Anda penikmat sop dengan campuran kaldu, makanan ini rasanya bikin nagih.

Baca juga : Enaknya 7 Konro di Jakarta Ini Sukses Bikin Ketagihan

Berbahan dasar daging iga sapi yang direbus hingga teksturnya sedikit empuk dan ditambah kuah dengan campuran rempah-rempah, membuat hidangan yang satu ini ketika dimasak memakan waktu yang lama. Tapi, jangan khawatir, rasa yang ditawarkan oleh sop konro tidak akan mengecewakan lindah Anda.

Rasa kaldu dari kuah yang direbus dengan iga membuat rasa sop konro menggugah selera. Saat ini, untuk dapat menikmati gurihnya kaldu dan kandungan lemak dari semangkuk sop sup tidak perlu jauh-jauh ke Sulawesi, Anda sudah dapat dengan mudah mendapatkan sop konro di berbagai tempat seperti restoran pinggir jalan atau mall terdekat rumah Anda.

Udang Selingkuh

Menu restoran tradisional yang terakhir dari ujung timur Indonesia, yaitu udang selingkuh. Berbeda dengan menu sebelumnya, makanan tradisional dari Papua Barat ini dikategorikan sebagai seafood atau makanan laut. Ada juga bisa temui makanan khas ini di berbagai restoran seafood pinggir jalan rumah Anda.

Baca juga : Mengenal Hidangan Udang Selingkuh, Makanan Khas Papua

Pada umumnya menu ini terdapat dua olahan, seperti dibakar, rebus dan juga di goreng. Apapun olahannya udah selingkuh tetap memiliki rasa yang enak dan gurih. Selain itu, udang selingkuh memiliki bentuk yang cukup besar dibandingkan dengan udang pada umumnya, hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa menu tradisional khas Papua Barat membuat setiap orang jadi ketagihan.

Berikut tadi merupakan beberapa menu restoran tradisional dengan hidangan khas masing-masing daerahnya. Untuk menikmati kelezatan menu tersebut, Anda tidak perlu repot untuk datang ke daerah asalnya, cukup pesan melalui ojek online ataupun pergi ke restoran pinggir jalan.

Kalau Anda pernah mencicipi salah satu menu diatas, coba ulas singkat di kolom komentar dibawah ini ya!