5 Jajanan Sekolah yang Anda Bisa Bikin Dirumah

-

Setelah beranjak dewasa seperti sekarang ini, sebagian besar dari Anda mungkin kangen masa saat sekolah. Salah satu hal yang mungkin tidak bisa Anda lupakan dan selalu teringat, yaitu jajanannya. Ada banyak jenis jajanan sekolah yang tentunya pernah Anda coba, entah itu makanan ataupun juga minuman.

Baca juga : 5 Usaha Minuman Kekinian

Kalau dilihat sekarang ini yang menjual jajanan tersebut di sekolah-sekolah sudah cukup jarang atau bahkan sudah tidak ada. Tapi, Anda bisa temui para penjual jajanan sekolahan tersebut di pinggir jalan dan Anda tidak perlu khawatir, tentunya harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda ketika Anda masih sekolah.

Selain harganya yang terbilang sangat terjangkau, jajanan sekolahan yang Anda temui sekarang mungkin saja sudah ada sedikit perbedaan varian agar terlihat mengikuti jaman atau kekinian. Misalnya, jajanan yang dulunya memiliki rasa coklat atau vanilla saja, sekarang memiliki varian rasa lain seperti green tea atau keju mozarella.

Baca juga : 3 Olahan Cincau Hitam yang Bikin Ketagihan

Sekarang untuk bisa menikmati jajanan sekolah, Anda tidak perlu lagi pergi keluar rumah ataupun datang ke sekolah,  Anda juga bisa membuatnya dirumah. Melansir dari food.kompas.com berikut ini beberapa jajanan yang bikin Anda nostalgia saat masa-masa sekolah yang bisa dibikin dirumah.

Telur gulung

Hampir setiap orang yang yang terlahir di era 80an atau 90an pernah mencicipi jenis jajanan yang satu ini di sekolahnya. Telur gulung menjadi salah satu jajanan favorit pada waktu itu karena harganya yang sangat terjangkau. Selain itu, telur gulung juga memiliki rasa yang gurih dengan dicampur saus sambal membuat jajanan ini semakin lezat untuk dimakan.

Baca juga : 7 Resep Cara Membuat Telur Gulung yang Enak dan Anti Gagal

Jajanan yang berbahan dasar dari telur ayam ini sangat mudah dibuatnya, Anda perlu siapkan bahan-bahan seperti telur, garam, tusuk lidi atau bambu dan minyak goreng. Selain itu, Anda juga bisa tambahkan sedikit mie ataupun potongan sosis sebagai varian untuk memperkaya rasa dari jenis jajanan yang satu ini.

Cara penyajiannya pun juga sangat mudah, kocok telur hingga merata sampai tekstur telurnya sedikit cair. Setelah itu panaskan minyak goreng dan masukan telur tersebut kedalam minyak panas dan lilit telur adonan telur tersebut dengan stick atau potongan bambu yang berbentuk seperti lidi. Caranya cukup mudah bukan? Sekarang Anda bisa menikmati jajanan ini dirumah Anda.

Batagor

Saat Anda masih sekolah entah itu SD, SMP atau SMA pasti pernah mencicipi batagor. Jajanan ini pada umumnya satu paket dengan siomay, tapi sebagian besar orang lebih memilih batagor menjadi camilan favorit mereka. Memiliki rasa yang gurih dengan dicampur bumbu kacang membuat batagor menjadi camilan saat sekolah yang tidak boleh ketinggalan.

Baca juga : Cara Membuat Batagor Bandung yang Enak dan Murah

Walaupun sekarang sudah banyak yang dijual dipinggir jalan, Anda bisa membuat batagor sendiri dirumah. Bahan-bahannya pun juga mudah didapat dan ditemukan di pasar swalayan atau tradisional dekat rumah Anda. Untuk dapat menikmati jajanan sekolahan yang satu ini bahan yang perlu Anda persiapkan seperti, telur, tepung terigu, kulit pangsit, bawang putih dan juga merica.

Bahan-bahan tersebut Anda campur dan dibentuk seperti adonan lalu lapisi adonan tersebut dengan kulit pangsit. Setelah itu panaskan minyak dan masukan adonan yang dilapisi kulit pangsit yang sudah Anda buat, goreng hingga berwarna kecoklatan lalu tiriskan. Mudah bukan? jangan lupa tambahkan bumbu kacang dan perasan jeruk nipis untuk menambah selera makan Anda.

Kue leker

Jajanan yang satu ini bisa dibilang cukup legend di Indonesia, menurut beberapa sumber sejarah, kue leker sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Walaupun sudah ada sejak jaman dulu, tidak membuat kue leker kehilangan penggemarnya. Bahkan saat ini Anda dapat dengan mudah menemui pedagang kue leker di pinggir jalan atau di sekitar sekolahan.

Baca juga : Cara Membuat Kue Leker Renyah

Kue leker yang dijajakan saat ini sudah memiliki berbagai macam varian rasa, tidak seperti dulu yang hanya terdapat topping keju dan coklat saja. Sekarang, para pedagang kue leker sudah mulai mengembangkan cita rasa lain, seperti red velvet, green tea, dan bahkan ada yang menjual kue leker dengan campuran kornet daging dan telur.

Anda tidak perlu khawatir dalam penyajiannya, kue leker sangat mudah dibuatnya kok. Anda perlu siapkan adonan dari campuran tepung terigu, tepung maizena, tepung beras dan gula pasir. Setelah itu, panaskan loyang dan masukan adonan tersebut secara merata dan tipis, lalu tambahkan topping yang sesuai dengan selera Anda.

Cilok

Siapa yang tidak kenal dengan cilok? jajanan yang berbahan dasar dari tepung aci favorit anak-anak. Memiliki tekstur yang kenyal dan gurih membuat cilok menjadi jajanan yang pas saat istirahat sekolah. Selain itu, campuran dari saus sambal atau bumbu kacang membuat jajanan yang berbahan dasar dari tepung aci ini menjadi lebih nikmat.

Baca juga : 5 Cara Membuat Cilok Lezat Beserta Resepnya

Kalau ingin menikmati cilok Anda tidak perlu lagi datang ke sekolah, sekarang sudah banyak pedagang cilok di pinggir jalan dan murah harganya. Tapi, kalau penasaran racikan tangan sendiri, Anda bisa tonton video tutorial di Youtube bagaimana cara proses pembuatan cilok seperti pedagang di pinggir jalan.

Pembuatannya pun cukup sederhana dan mudah, Anda perlu siapkan adonan tepung sagu, tepung terigu dan beberapa rempah lain seperti merica atau bawang putih. Setelah itu, campur seluruh bahan tersebut dan dibentuk kecil menyerupai bola. Anda juga bisa tambahkan varian rasa lain seperti keju mozarella atau potongan daging di dalamnya.

Es mambo



Beberapa jajanan sebelumnya lebih enak jika dinikmati saat masih panas atau hangat. Nah, untuk yang satu ini justru lebih nikmat ketika teksturnya masih beku atau dingin, yaitu es mambo. Jajanan ini banyak sekali penggemarnya, saat masih sekolah biasanya es mambo dijual oleh ibu kantin dengan berbagai pilihan rasa.

Baca juga : 5 Aneka Resep Es Mambo, Si Camilan Beku Primadona Anak

Pada umumnya es mambo yang dijual di sekolah-sekolah memiliki rasa manis seperti susu, kacang hijau, atau rasa manis dari buah-buahan lainnya. Rasa manis tersebut membuat es mambo menjadi camilan favorit bagi sebagian anak saat masuk jam istirahat. Selain itu, es mambo juga terbilang memiliki harga yang sangat murah, cukup 2 ribu rupiah sudah bisa menikmati jajanan ini.

Tapi Anda juga bisa buat es mambo sendiri di rumah, pembuatannya pun juga sangat mudah. Anda perlu siapkan bahan seperti gula pasir cair, air mineral dan perasa manis lain yang sesuai keinginan. Campurkan bahan tersebut dan masukan kedalam plastik panjang dan dinginkan selama 4 jam di lemari pendingin. Mudah bukan?

Buat Anda yang ingin bernostalgia dengan jajanan sekolah, sekarang sudah tidak perlu repot lagi nyari kesana kesini, semua bisa dibuat dirumah Anda. Nah, dari beberapa jajanan di atas mana yang menjadi favorit Anda saat masih sekolah? tulis di kolom komentar dibawah ini ya!