5 Daftar Bisnis Makanan Ringan, Anda Perlu Coba

-

Bisnis makanan ringan dapat dikatakan suatu bisnis yang tidak ada matinya, beberapa bulan kedepan akan selalu ada perubahan daftar menu baru dari makanan ringan, entah itu dari rasanya atau dari bentuknya. Melihat banyaknya varian yang sering bermunculan, hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis.

Sebenarnya untuk membuat bisnis makanan ringan itu susah-susah gampang, tergantung bagaimana Anda mencari atau menemukan pemasok dan bagaimana memasarkannya. Kemudahan lainnya yang bisa Anda temukan, yaitu modal untuk bisnis makanan ringan ini terbilang sangat sedikit karena Anda juga dapat melakukan dropship barang.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Apabila modal Anda tidak cukup banyak untuk menyewa ruko atau kios di pinggir jalan, rumah Anda juga bisa disulap menjadi warung sementara untuk berjualan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi internet untuk memasarkan dagangan Anda melalui marketplace atau e-commerce.

Namun, sebelum Anda memastikan makanan ringan apa yang ingin dijual, Anda perlu riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mengetahui target pasar dan juga makanan ringan apa yang laku dipasaran. Hal ini bertujuan agar bisnis makanan ringan yang ingin atau sedang Anda jalankan dapat diterima oleh pelanggan.
Melansir dari ekonomi.kompas.com berikut ini beberapa daftar peluang bisnis makanan ringan yang bisa dicoba untuk tambahan penghasilan Anda.

Makaroni pedas

Daftar pertama dari bisnis makanan ringan yang perlu Anda coba, yaitu makaroni pedas. Sebagian besar orang menyukai jenis camilan yang satu ini dikarenakan teksturnya renyah dan rasanya sedikit gurih. Selain itu, makaroni pedas juga memiliki daya tahan yang cukup lama atau cukup awet apabila disimpan ditempat yang sesuai.

Baca juga : Usaha Kecil Omzet Miliaran, Yuk Belajar dari Makaroni Ngehe

Memiliki rasa gurih dan tahan lama membuat makanan ringan yang satu ini digemari oleh banyak kalangan, dari yang dewasa sampai yang muda. Karena camilan yang satu ini sangat cocok dimakan pada saat nongkrong bersama teman untuk menemani obrolan atau sekadar marathon menonton film.

Saat ini sudah banyak sekali varian rasa dan bentuk dari makaroni pedas, maka dari itu agar makaroni yang Anda jual dapat diterima dan laku dipasaran, Anda perlu cari pembeda dari makaroni jenis lainnya. Misalnya Anda juga bisa tambahan jenis rempah-rempah lain seperti daun jeruk atau varian rasa lain seperti balado pedas.

Cireng

Makanan ringan yang satu ini merupakan camilan yang sangat khas dari kota Bandung, tapi Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk mendapatkan cemilan yang satu ini. Sekarang sudah banyak supplier atau pemasok cireng dengan harga yang ditawarkan cukup murah apabila Anda membeli dalam jumlah yang banyak.

Baca juga : Modal Rp500 Ribu, Bisnis Cireng Ini Raih Omzet Rp60 Juta

Anda tidak perlu khawatir apabila kehabisan stok dari pemasok, ternyata cireng sangat mudah untuk dibuatnya, lho! Anda cukup bermodalkan tepung terigu dan juga aci yang diolah menjadi adonan padat lalu diiris tipis menyerupai keripik. Dengan membuat sendiri dirumah, setidaknya Anda dapat menekan sedikit pengeluaran atau modal awal.

Apabila Anda dirasa kurang handal untuk membuat cireng sendiri dirumah, tidak ada salahnya untuk mencari supplier atau pemasok. Bahkan, dengan memanfaatkan supplier Anda dapat memilih berbagai macam varian isi lain dari cireng, seperti potongan daging ayam dan juga abon.

Bakso goreng

Bakso goreng atau sering dikenal sebagai basreng adalah makanan ringan sebagai pelengkap seperti kerupuk. Namun, rasanya masih tetap enak jika dimakan tanpa pelengkap apapun atau dicemil. Hal ini membuat basreng menjadi camilan favorit bagi sebagian besar orang dan dari berbagai kalangan, karena harganya yang murah dan mudah didapat dimana saja.

Baca juga : Peluang Bisnis Bakso Goreng dan Analisa Usahanya

Apabila bakso goreng menjadi salah satu pilihan Anda untuk berbisnis, Anda tidak perlu khawatir dengan stok barangnya, saat ini sudah banyak pemasok basreng dari berbagai kota, tapi untuk mendapatkan ciri khasnya asalnya Anda perlu mengambil dari kota asalnya, yaitu Kota Malang Jawa Timur. Disana sangat terkenal sekali berbagai macam olahan basreng yang cukup enak.

Sama seperti makanan ringan yang memiliki tekstur kering, basreng memiliki daya tahan yang cukup lama tergantung tempat penyimpanannya. Apabila basreng yang Anda jual tidak banyak yang laku dalam waktu dekat, Anda masih bisa menjualnya kembali di waktu yang akan datang.

Tahu bakso

Selain bakso dapat di goreng seperti makanan ringan di atas, bakso juga dapat diolah menjadi makanan ringan lainnya yang tidak kalah enak. Walaupun hanya memiliki komposisi tahu coklat dan adonan bakso ternyata jenis makanan ringan yang satu ini banyak sekali penggemarnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Baca juga : Usaha Kecil Kecilan Hasil Jutaan : Usaha Tahu Bakso

Karena banyaknya permintaan, bisnis makanan ringan ini bisa jadi salah satu alternatif pilihan untuk Anda memulai bisnis baru. Sekarang sudah banyak supplier atau pemasok tahu bakso di kota-kota besar lainnya atau jika Anda tidak memiliki modal yang terlalu banyak untuk membeli dari supplier Anda juga bisa melakukan dropshipper.

Selain mendapatkan stok tahu bakso dari luar, Anda juga bisa membuat sendiri dirumah. Bahan baku mudah didapat di toko swalayan dan juga proses pembuatannya sederhana. Apabila Anda sudah ingin mencoba bisnis ini, Anda bisa menjual dalam satu porsi atau pack isi 10 tahu bakso, tidak lupa untuk tambahkan sambal kecap atau sambal pedas lainnya.

Keripik pisang

Nah makanan ringan yang terakhir, yaitu keripik pisang bisa jadi salah satu alternatif pilihan Anda untuk dijadikan peluang bisnis sampingan. Camilan atau makanan ringan yang satu ini banyak sekali peminatnya dikarenakan pilihan rasa keripik pisang saat ini beraneka ragam, seperti coklat, vanila, dan juga terdapat rasa buah-buahan seperti durian.

Baca juga : Peluang Bisnis Keripik Pisang dan Analisa Usahanya

Jika Anda ingin memulai bisnis makanan ringan ini tidak perlu repot untuk mencari supplier atau pemasok keripik pisang. Anda bisa memanfaatkan platform marketplace untuk mendapatkan keripik pisang dengan beraneka macam rasa. Salah satu pemasok keripik pisang yang paling terkenal, yaitu keripik pisang Lampung.

Berikut tadi beberapa daftar bisnis makanan ringan yang perlu Anda coba dan bisa dijadikan penghasilan tambahan. Untuk meningkatkan performa bisnis kedepan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi kasir online KAWN yang memiliki fitur canggih seperti kelola stok barang dan juga laporan kemajuan bisnis kedepan, klik disini untuk coba gratis selama 30 hari!