5 Cemilan Khas Indonesia yang Mudah Dibuat di Rumah

-

Indonesia bukan hanya kaya akan keindahan alamnya, tetapi terkenal juga dengan cemilan khasnya yang lezat dan beraneka ragam dengan bentuk dan warna yang menarik. Kekayaan budaya membuat Indonesia punya ragam kuliner yang melimpah, walau ditengah maraknya bermunculan kue-kue kekinian, sepertinya cemilan tradisional khas Indonesia tidak akan hilang di hati masyarakat Indonesia.

Baca juga : 5 Jajanan Sekolah yang Anda Bisa Bikin Dirumah

Cara membuatnya pun cukup beragam, mulai cemilan yang cukup sulit dibuat bahkan cemilan yang sangat mudah dibuat pun sering kita jumpai. Memang, untuk membuat cemilan sepertinya terkesan ribet dan rentan gagal, dikarenakan butuh proses yang cukup ulet. Selagi Anda salah dalam membuat takaran bahan, bisa saja cemilan tersebut terasa tidak enak atau bentuk yang tidak sesuai.

Baca juga : 5 Minuman Khas Daerah yang Wajib Anda Coba!

Jadi bagi Anda yang ingin menikmati cemilan khas Indonesia, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri di rumah. Melansir dari idntimes.com berikut beberapa cemilan khas Indonesia yang cukup mudah untuk Anda buat.

Kue Cucur

Jika dilihat dari tampilannya, cemilan ini memang tampak tidak menarik. Bentuk dan warna coklat yang gelap sepertinya sama sekali tidak menggugah selera Anda. Tapi jangan salah, sekali Anda mencobanya pasti membuat Anda ketagihan dan tidak mau berhenti memakannya.

Kue yang memiliki cita rasa manis, legit, empuk di bagian tengah dan renyah di bagian pinggirnya merupakan cemilan khas Indonesia yang banyak ditemukan di berbagai daerah, akan tetapi dalam acara adat budaya betawi, kue ini wajib selalu tersedia.

Untuk membuatnya pun tidak ada cara khusus, cukup mencampur semua adonan yang terdiri dari tepung beras, tepung terigu, gula merah dan daun pandan kemudian menggorengnya. Cemilan ini sangat cocok disandingkan dengan teh hangat. Mungkin ini bisa jadi kombinasi yang sempurna untuk mengawali pagi Anda.

Kue Lumpur

Mungkin kue lumpur adalah salah satu cemilan tradisional Indonesia yang banyak Anda temui di pasar tradisional hingga di pusat perbelanjaan modern. Kue lumpur merupakan jenis kue basah tradisional yang memiliki ciri khas, bentuknya bundar dan teksturnya pun lembut, biasanya di bagian atasnya ditambahkan kismis, kelapa, keju atau pemanis lainnya.

Konon kue lumpur ini berasal dari bangsa Portugis yang dibawanya ke Indonesia, nama aslinya yaitu pasteis de nata, dimana terbuat dari custard, susu dan keju. Penamaan kue lumpur itu sendiri karena teksturnya yang lembut layaknya lumpur.

Cara membuatnya pun tidak begitu sulit, pertama-tama campur adonan kentang yang sudah dihaluskan bersama santan, kemudian aduk telur, gula, vanili, mentega, garam dan tepung terigu selama 3 menit. Setelah semua tercampur lalu tambahkan adonan kentang santan tadi, aduk hingga rata. Kemudian masukan kedalam cetakan, masak hingga matang. Sajikan kue lumpur selagi hangat.

Kue Onde-onde

Berbicara cemilan tradisional Indonesia, kita semua pasti tau cemilan yang satu ini, memiliki paduan rasa gurih, manis dan asin yang sangat digemari orang banyak ialah onde-onde. Ya, onde-onde merupakan cemilan yang terbuat dari adonan tepung ketan yang ditaburi biji wijen dan di bagian dalamnya diisi dengan kacang hijau. Tetapi ada pula yang menggunakan tepung terigu dengan diberi warna pada permukaannya

Membuatnya pun tidak begitu sulit namun ada 2 langkah yang harus dikerjakan. Pertama buat adonan kacang kacang hijau untuk isian, kemudian dilanjutkan dengan membuat adonan kulit onde-onde.

Sebetulnya saat ini Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membuatnya, karena sudah banyak penjual cemilan ini. Tetapi tidak ada salahnya untuk Anda mencoba membuatnya sendiri dirumah, cemilan ini sangat nikmat disantap selagi hangat.

Kue Klepon

Cemilan tradisional yang satu ini sudah banyak disajikan di restoran-restoran dan cafe papan atas sebagai teman high tea. Bahkan di hotel berbintang pun cemilan ini sudah banyak ditemui. Sehingga saat ini sepertinya tidak sulit untuk menemukan kue klepon.

Bentuk bulat dengan tekstur kenyal, yang diselimuti taburan kelapa parut dan isi gula jawa. Dengan adanya isian gula jawa cair, akan memberikan sensasi ledakan rasa manis yang akan memenuhi rongga mulut Anda saat menggigitnya. Cemilan ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau atau putih, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih.

Kue Pukis

Sangat mudah menemukan kue ini, saat Anda mengunjungi pasar tradisional sudah pasti ada penjual cemilan ini. Bukan hanya di pasar tradisional saja, di dalam bahkan di bagian luar mall pun pasti dapat kita temui kios yang menjual kue pukis. Disaat Anda melawati penjual pukis akan sangat terasa aroma harum tanda bahwa kue pukis sedang dimasak.

Sebetulnya bisa saja Anda jajan kue pukis ini, tapi mungkin lebih seru kalau Anda coba untuk membuatnya sendiri di rumah. Dengan bermodalkan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti telur ayam, gula, terigu, ragi, vanili bubuk, santan dan mentega.

Pertama kocok gula dan telur sampai mengembang, kemudian masukan terigu, ragi, vanili dan santan. Lalu masukan mentega yang sudah dilelehkan, aduk dan diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Panaskan cetakan kue pukis, kemudian tuang dan masak kue sampai matang. Dan kue pukis hangat siap untuk dihidangkan.

Nah, berikut daftar cemilan khas Indonesia yang mungkin cukup mudah dibuat. Semoga dapat menjawab kerinduan akan cemilan tradisional Indonesia ya, kira-kira dari daftar diatas, kue apa yang akan kalian coba buat, tulis di kolom komentar dibawah ini ya !