Yakiniku vs Teriyaki, Inilah Perbedaan yang Perlu Anda Ketahui

-

Yakiniku dan teriyaki merupakan makanan yang sama-sama berasal dari negeri Sakura, Jepang. Mungkin, bagi Anda yang hobi atau gemar mampir ke rumah makan Jepang, sudah tidak asing lagi dengan kedua menu tersebut. Karena, hampir setiap rumah makan Jepang pasti menyajikan keduanya.

Baca juga: Berencana Travelling ke Jepang? Yuk, Mari Bekali Pengetahuan Kuliner Khas Jepang

Makanan khas Jepang sendiri begitu banyak macamnya, mulai dari sushi, katsu, ramen hingga onigiri. Akan tetapi, bisa dikatakan yakiniku dan teriyaki lah yang sangat populer di Indonesia. Bagaimana tidak, makanan berbahan dasar daging sapi atau ayam ini sangat cocok dengan citarasa lidah orang Indonesia.

Yakiniku dan teriyaki memang memiliki tampilan yang begitu mirip. Mungkin Anda sendiri juga sulit untuk membedakan saat disajikan kedua menu tersebut. Untuk itu, kali ini KAWN coba mengulas beberapa perbedaan dari kedua menu tersebut, melansir idntimes.com, berikut ulasannya.

Secara Harfiah, Jelas Yakiniku dan Teriyaki Sudah Berbeda

source : google image

Sebelum kita lebih dalam mengulas tentang perbedaan yakiniku dan teriyaki, ada baiknya jika memahami dulu dari segi harfiahnya. Yakiniku berasal dari dua padanan kata, yakni kata ‘yaki’ dan ‘niku’, dimana dalam Bahasa Jepang, yaki berarti panggang sedangkan niku adalah daging. Jadi, secara harfiah, yakiniku berarti daging panggang.

Sementara itu, teriyaki memiliki dua padanan kata, yakni kata ‘teri’ dan ‘yaki’. Teri berarti berkilau, sedangkan yaki adalah panggang. Bisa disimpulkan, teriyaki merupakan suatu makanan yang dipanggang hingga berkilau.

Berbeda dari Segi Saus yang Digunakan

source : google image

Ada satu yang spesial dari kedua makanan ini, dimana saus yang digunakan bukanlah saus kemasan pada umumnya. Melainkan saus racikan yang khas dari tanah Jepang, yakni saus tare. Saus tare merupakan saus yang digunakan untuk merendam daging sebelum dipanggang.

Baca juga: Sambal-Sambal Khas Indonesia, Berani Coba Sensasi Pedasnya?

Akan tetapi, yang membedakan dari kedua makanan tersebut ada pada racikannya. Campuran shoyu, mirin, gula, madu, bawang putih cincang serta jahe merupakan racikan saus tare yang biasa digunakan pada teriyaki. Sedangkan saus tare pada yakiniku menggunakan racikan yang sama dengan teriyaki, namun ditambahkan dengan sake serta biji wijen.

Baca juga: 11 Fakta Menarik Mengenai Minuman Sake Jepang

Walau pada dasarnya menggunakan bahan yang mengandung alkohol, Namun Anda tidak perlu khawatir. Karena di Indonesia sendiri, pembuatan saus tare sudah di modifikasi dengan bahan-bahan yang terbilang halal.

Cara Pengolahannya pun Berbeda

source : google image

Meskipun menggunakan bahan yang hampir sama, kedua makanan ini melalui proses pengolahan yang berbeda. Bahan-bahan untuk membuat yakiniku dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dipanggang, berbeda dengan teriyaki yang dipanggang terlebih dahulu, barulah bahan-bahan tersebut dipotong-potong.

Baca juga: 5 Olahan Ayam dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Buat Nafsu Makan Anda Memuncak!

Sebelum dipanggang, daging pada kedua menu tersebut harus direndam ke dalam saus tare. Namun, yang membedakan ada pada durasinya, dimana perendaman teriyaki lebih lama dibanding yakiniku yang hanya mencelupkan sebentar saja.

Perbedaan dari Segi Rasanya

source : google image

Karena pengolahan dan saus yang digunakannya berbeda, sudah pasti jelas rasa yang dihasilkannya pun berbeda. Dominan rasa manis dan sedikit asin merupakan citarasa dari teriyaki, berbanding terbalik dengan yakiniku yang dominan rasa asin ketimbang rasa manisnya.

Tampilannya yang Sedikit Mirip, Namun Berbeda

source : hokben.co.id

Terakhir, perbedaan yang mungkin bisa langsung Anda rasakan saat melihat kedua makanan ini. Meskipun sama-sama berlatar warna coklat, teriyaki cenderung lebih pekat dengan tampilan yang begitu berkilau, sementara itu yakiniku memiliki warna coklat lebih pucat.

Diatas merupakan perbedaan yakiniku dan teriyaki yang telah kami sajikan. Semoga bisa menjadi jawaban saat Anda bingung untuk memilih keduanya ya! Akan tetapi, jika Anda memiliki pandangan lainnya terhadap kedua menu tersebut, silahkan tulis di kolom komentar ya, terima kasih!