Tips Membuat Foto Produk lebih Ciamik Hanya dengan Kamera HP

-

Saat ini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Beberapa platform media sosial mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram diubahnya menjadi lapak yang potensial bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya, terlebih pada sektor online shop.

Baca juga : 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Jika Anda sedang menjalankan bisnis online shop, memasarkan produk pada media sosial memerlukan foto produk yang lebih ciamik dan eye catching. Sehingga mampu mencuri perhatian konsumen dengan harapan berlanjut pada proses pembelian. Sayangnya, banyak penjual online yang belum paham tentang cara mengambil foto produk yang lebih ciamik, bahkan banyak yang beranggapan bahwa foto produk yang ciamik hanya dihasilkan oleh kamera mahal dan dilengkapi oleh peralatan berkualitas tinggi. Pada akhirnya mereka menyerahkan pekerjaan ini pada fotografer profesional yang menyediakan jasa foto produk, namun ternyata hal tersebut bukan satu-satunya cara.

Baca juga : Media Sosial x Bisnis

Jika bisnis Anda memiliki dana terbatas untuk membeli kamera profesional atau menyewa jasa fotografer, Anda bisa memanfaatkan kamera HP sebagai alternatifnya. Hasil fotonya pun bisa dibilang cukup mumpuni, apakah Anda yang ingin mencobanya? Melansir dari infotografi.com, berikut beberapa tips membuat foto produk agar lebih ciamik hanya dengan menggunakan kamera HP.

Gunakan HP dengan Resolusi Kamera yang Tinggi

Hal yang pertama harus Anda siapkan adalah menyiapkan HP dengan kamera yang memiliki resolusi yang tinggi. Kualitas kamera HP saat ini tidak kalah dengan kamera profesional, setidaknya rata-rata HP dengan jenis smartphone sudah memiliki resolusi kamera di atas 5 megapixel.

Baca juga : Deretan Ponsel Baru denag Kamera 48 Megapixel ke Atas di Indonesia

Dengan kualitas tersebut sebenarnya HP sudah mampu menghasilkan foto produk dengan kualitas yang baik. Terlebih sekarang sudah banyak kamera smartphone dengan sistem manual, dimana Anda dapat mengatur resolusi kamera. Anda harus memanfaatkan resolusi terbaiknya untuk menghasilkan foto produk berkualitas. Selain pengaturan pada resolusi, Anda juga harus mengatur ISO yang tepat, white balance yang sesuai dan lain sebagainya.

Baca juga : Memahami Fungsi ISO pada Kamera

Siapkan Background Foto Produk

Pemilihan background foto produk produk merupakan elemen yang sangat penting. Hal ini bukan hanya berlaku pada foto produk yang akan di­unggah di media sosial, tetapi juga foto-foto yang akan terpampang di media promosi lain seperti flyers, banner, website dan lain sebagainya. Background foto produk bisa bermacam-macam, Anda bisa menggunakan background polos atau dengan aksen yang senada dengan produk, dan lainnya.

Baca juga : 5 Cara Memilih Background Foto Produk yang Bagus

Background polos akan membuat produk yang difoto terlihat lebih elegan. Penggunaan background polos juga akan membuat konsumen fokus pada produk. Pilihan ini sangat cocok bila foto produk ditujukan untuk katalog. Sedangkan background dengan aksen senada dapat menonjolkan nilai dari produk yang difoto. Contohnya bila Anda memotret produk herbal, Anda dapat menggunakan aksen bernuansa alam seperti kayu-kayuan atau dedaunan. Namun, usahakan agar background tidak terlalu ramai agar tidak berlebihan. Sehingga konsumen dapat tetap fokus pada produk.

Maksimalkan Pencahayaan dan Minimalisir Budget dengan Membuat Light Box

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam proses foto produk adalah pencahayaan. Pencahayaan menjadi penentu utama bagus atau tidaknya hasil foto produk yang Anda ambil, karena pencahayaan yang buruk akan berdampak pada kualitas hasil foto produk.

Baca juga : Pentingnya Pencahayaan Dalam Dunia Fotografi

Jika sesi foto produk dilakukan indoor dan pencahayaan dirasa kurang, ada baiknya Anda membuat light box dan menggunakan lampu duduk yang dipasang di kanan atau kiri light box, hal ini dibuat layaknya studio mini yang dapat memaksimalkan pencahayaan. Namun, jika sesi foto produk dilakukan diluar ruangan, sebaiknya Anda memanfaatkan cahaya matahari untuk hasil yang lebih maksimal dan alami. Satu catatan penting, hindari penggunaan lampu flash pada kamera HP, karena akan merusak hasil foto produk Anda.

Hindari Penggunaan Zoom

Anggaplah kamera HP Anda adalah kamera dengan fixed lens yang tidak bisa diatur zoom-nya. Memotret dengan kamera HP biasanya akan memperkecil objek yang diambil. Apabila produk yang ingin diambil gambarnya cukup jauh, usahakan untuk tidak menggunakan fitur zoom, karena dengan menggunakan fitur zoom hanya akan membuat foto produk Anda menjadi pecah dan beresolusi rendah, sehingga foto produk yang diambil menjadi kurang tajam. Agar foto produk tetap berkualitas tinggi, sebaiknya Anda mengambil gambar objek lebih dekat.

Gunakan Aplikasi Edit Foto dan Beri Watermark Logo Bisnis Anda

Cara terakhir yang sering dilakukan untuk membuat foto produk tampak lebih ciamik, yaitu dengan menggunakan aplikasi editing yang ada pada HP Anda, seperti Snapseed atau PixelLab kemudian atur filternya agar lebih bagus dan enak dilihat. Akan tetapi editlah secukupnya, sebab bila terlalu berlebihan justru akan membuat foto produk terlihat aneh. Cukup mengedit foto produk untuk memperkuat kesan foto, agar tampilan foto produk tetap sama dengan aslinya. Karena tentu saja konsumen akan sangat kecewa jika produk yang dibelinya tidak sesuai dengan foto produk yang dilihatnya.

Baca juga : 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Smartphone

Selain edit dari segi tampilan foto produknya, hal yang tidak kalah penting adalah dengan membubuhi foto produk dengan watermark logo bisnis Anda. Watermark fungsinya untuk menandai foto tersebut adalah milik Anda. Penempatan watermark juga harus Anda perhatikan. Hindari memberikan watermark pada bagian pojok foto produk karena mudah dihapus, sebaiknya letakan watermark di tengah produk, tapi jangan lupa untuk mengatur transparansinya agar tidak menutupi bagian utama produk Anda.

Itu tadi beberapa tips untuk menghasilkan foto produk yang lebih ciamik hanya dengan menggunakan kamera HP. Melalui foto produk yang menarik, diharapkan banyak konsumen yang tertarik dan memutuskan untuk membeli produk Anda.

Saat ini aplikasi kasir online KAWN hadir dengan fitur yang lebih komplit, salah satunya adalah dengan menambahkan foto produk pada aplikasi KAWN Anda, jadi tidak ada lagi masalah kesulitan untuk mencatat dan memisahkan produk yang Anda jual dan tentu saja akan memudahkan pelanggan untuk menentukan pesanan. Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan KAWN pada bisnis Anda? klik disini untuk menikmati manfaat dari fitur-fitur KAWN secara gratis selama 30 hari ya!