Team building menjadi salah satu program penting yang kerap kali diagendakan oleh banyak perusahaan. Tidak hanya pada perusahaan besar, perusahaan kecil dengan karyawan sedikit pun menganggap team building memiliki andil yang cukup penting terhadap operasional perusahaan.
Hal ini pun bukan tanpa alasan, team building dinilai memiliki banyak manfaat bagi perusahaan atau karyawannya itu sendiri, salah satunya dapat mengenal anggota tim satu sama lain. Maksudnya, bukan hanya mengenal namanya saja, melainkan dapat mengenal dari segi karakter, latar belakang serta kepribadian dari masing-masing karyawan.
Baca juga: Loyalitas Karyawan, Bagaimana Cara Meningkatkannya?
Sebelum membahas lebih dalam mengenai team building, ada baiknya jika kita kenali dahulu definisinya. Dikutip dari laman wikipedia, team building merupakan aktivitas yang digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu dalam suatu tim. Biasanya, aktivitas yang dijalankan bersifat edukatif, menyenangkan serta penuh semangat.
Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat perusahaan saat menggelar team building? Melansir glints.com, berikut pemaparannya.
Team Building Mampu Meningkatkan Komunikasi dan Kekompakan Tim

Salah satu manfaat team building yang utama adalah terjalinnya komunikasi dan kekompakan tim yang semakin meningkat. Pasalnya, komunikasi dan kekompakan dalam tim sangat dibutuhkan agar tercapainya visi dan misi dari sebuah perusahaan.
Ilustrasinya seperti ini, dengan adanya games atau permainan yang terbagi dalam beberapa tim, para peserta dituntut untuk saling berkomunikasi dan kompak agar mampu menemukan solusi dan menyelesaikan misi dari permainan tersebut. Harapannya, komunikasi dan kekompakan tim yang sudah terbentuk pada momen team building, mampu diaplikasikan pada lingkungan kerja.
Baca juga: 5 Tools Komunikasi Bisnis yang Sering Digunakan saat Pandemi
Bak tembok penghalang antar sesama karyawan, perbedaan divisi membuat komunikasi banyak dilakukan melalui aplikasi pesan singkat atau surel. Padahal komunikasi secara verbal juga sangat dibutuhkan untuk menyamakan persepsi demi terwujudnya visi dan misi perusahaan.
Menumbuhkan Kepercayaan antar Sesama Karyawan
Selain komunikasi dan kekompakan, seluruh anggota dalam tim juga wajib saling percaya satu sama lainnya. Tentunya, hal ini dilakukan agar tercapainya goal atau tujuan dari permainan tersebut.
Karena itulah, menumbuhkan kepercayaan antar sesama tim menjadi manfaat lainnya dari kegiatan team building. Sama seperti komunikasi dan kekompakan, harapannya sikap saling trust antar sesama karyawan dapat terwujud dalam lingkungan pekerjaan.
Menghilangkan Stres
Rutinitas serta beban pekerjaan yang dilakukan dalam lima atau enam hari setiap minggunya, bisa saja berdampak buruk pada kesehatan mental karyawan, seperti stres. Terlebih pekerjaan yang dilakukan secara monoton dan tidak ada variasinya sama sekali.
Karena itulah, berbagai aktivitas team building dibuat secara fun atau menyenangkan. Dengan begitu, seluruh karyawan bisa melupakan sejenak beban pekerjaan yang ada dan bersenang-senang.
Diharapkan, saat kembali ke meja kerja, para karyawan di selimuti suasana hati yang bahagia. Sehingga, bisa menjadi energi positif yang mampu memicu karyawan untuk berkontribusi secara maksimal.
Baca juga: 11 Cara Mengatasi Stres Akibat Pekerjaan Dan Penyebabnya. Karyawan Wajib Tahu!
Menemukan Jiwa Kepemimpinan
Tanpa disadari, adanya aktivitas team building akan memicu seorang karyawan untuk bertindak sebagai leader atau pemimpin. Hal ini bisa dilihat saat ia mengarahkan timnya untuk menjadi pemenang, memiliki kemampuan membuat keputusan dan mampu berkomunikasi baik dengan anggota tim.
Tak ayal, adanya team building kerap kali dimanfaatkan pemilik perusahaan atau atasan untuk mencari karyawan yang memiliki potensi sebagai pemimpin. Atas dasar inilah, banyak yang merancang permainan atau aktivitas dalam team building yang membutuhkan leader dalam timnya.
Baca juga: Kenali 6 Karakteristik Seorang Entrepreneur, Mungkin Anda Salah Satunya?
Meningkatkan Kreativitas Tim
Memecahkan masalah untuk mencapai tujuan dari aktivitas atau permainan team building memicu seluruh anggota tim untuk berpikir kreatif. Bahkan, tak jarang pula, karena banyaknya anggota tim yang saling bertukar pikiran bisa menghasilkan ide kreatif yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Tentunya, kondisi ini juga sangat diharapkan dapat diaplikasikan pada dunia kerja sesungguhnya, yakni berpikir kreatif demi mencapai hasil atau tujuan yang maksimal.
Baca juga: 5 Bisnis Kreatif yang Duitnya Fantastis
Team building memang memiliki peranan penting sebagai refreshment moment bagi seluruh karyawan. Meski begitu, Anda sebagai pemilik perusahaan pun perlu memperhatikan dari sisi kondisi keuangan perusahaan.
Jika tidak memungkinkan untuk menjalankannya, lebih baik tahan dahulu hingga kondisi keuangan perusahaan membaik. Pasalnya, banyak yang perlu disiapkan saat ingin mengadakan team building, seperti menyewa jasa event organizer, konsumsi, sewa lokasi serta kebutuhan logistik lainnya.
KawanKAWN, sekian ulasan yang dapat KAWN bahas kali ini. Jika ada pertanyaan seputar team building, silahkan tulis di kolom komentar ya! Terima kasih!