Soto Betawi Paling Enak Di Jakarta, Pecinta Kuliner Wajib Coba Nih!

-


Soto Betawi merupakan hidangan soto khas Jakarta, yang tidak kalah dengan daerah lainnya yang mempunyai hidangan serupa. Memang, soto merupakan hidangan yang hampir ada setiap daerah di Indonesia, sebut saja Soto Padang, Soto Mie Bogor atau bahkan Soto Madura.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Soto yang Ada Di Indonesia

Kuah santan dengan tambahan susu, potongan daging dan jeroan sapi yang melimpah merupakan ciri yang paling khas dari Soto Betawi. Ditambah lagi potongan tomat, kentang goreng, emping dan taburan bawang goreng semakin membuat Anda tidak berdaya untuk menolaknya.

Baca juga: Mengenal Kuliner Khas Betawi, Orang Jakarta Wajib Tahu nih!

Lantas, Soto Betawi mana saja di Jakarta yang wajib Anda coba? Melansir idntimes.com, berikut daftarnya.

Soto Betawi H. Husein

source: @yennymakanmulu

Bisa dibilang Soto Betawi H.Husein merupakan legenda kuliner yang ada di Jakarta. Berdiri sejak tahun 1975, dan tetap eksis sampai saat ini, membuat Soto Betawi H. Husein menjadi salah satu kedai soto yang cukup lawas di Jakarta.

Baca juga: Kuliner Tersembunyi Namun Tak Pernah Sepi di Jakarta Selatan

Soto Betawi H.Husein terkenal akan potongan daging sapinya yang melimpah. Sebelum digoreng, daging sapi direbus terlebih dahulu selama tiga jam, sehingga seluruh bagian daging terasa empuk dan mudah untuk dikunyah. Selain itu, kuah soto hasil dari perpaduan santan, susu cair dan beragam rempah-rempah pun terasa meresap ke dalam daging sapi.

Namun, jangan sekali-kali Anda mampir ke Soto Betawi H.Husein diatas jam 2 siang ya, karena sudah dipastikan Soto Betawi tersebut tandas terjual. Bagaimana, tertarik untuk mencicipi lezatnya Soto Betawi H. Husein ini?

Alamat: Jl. Padang Panjang No 6B - 6C, Setia Budi, Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari (Jumat libur), pukul 07.00 - 14.00

Kisaran harga: Rp 50.000 per orang

Soto Betawi Afung

source: Vici Phanduwinata

Kawasan yang terkenal akan kuliner chinese seperti Puri Kembangan, Jakarta Barat ternyata menyimpan hidangan Soto Betawi yang tidak boleh dilewatkan, Soto Betawi Afung namanya. Berdiri sejak tahun 1982, Soto Betawi Afung tetap setia melayani penggemarnya walau diterpa banyaknya kehadiran chinese food di kawasan tersebut.

Baca juga: 13 Tempat Makan Enak di Puri Ini Wajib Kamu Datengin

Saat Anda mampir kesini, Anda akan disuguhkan Soto Betawi bercita rasa otentik yang terdiri dari potongan daging, paru, babat, tomat dengan kuah santan gurih nan segar. Tentu saja ditambah dengan siraman kuah yang bercita rasa gurih dan nikmat.

Berbeda dari Soto Betawi lainnya, yang hanya menyuguhkan kuah bersantan saja. Di Soto Betawi Afung, Anda bisa memilih antara kuah bening atau kuah santan. Namun, tetap saja kuah santan yang menjadi favoritnya.

Alamat: Jl. Raya Puri Kembangan No. 8B, Kedoya, Jakarta Barat

Buka: Setiap hari, pukul 06.00 - 16.00 WIB

Kisaran harga: Rp 50.000 - Rp 100.000 per orang

Soto Betawi H. Ma’ruf

source: google image

Selanjutnya, kita mampir ke kawasan Jakarta Pusat, tepatnya di Taman Ismail Marzuki yang boleh bangga dengan keberadaan Soto Betawi H. Ma’ruf. Benar saja, soto yang ada sejak tahun 1940-an ini, sudah menjadi langganan tokoh-tokoh penting negeri ini. Sebut saja, Presiden Joko Widodo dan Anies Baswedan pun sudah pernah merasakan enaknya Soto Betawi H. Ma’ruf.

Baca juga: Soto Betawi Haji Ma'ruf, Kuliner Legendaris Jakarta Langganan Para Pejabat

Kedai Soto Betawi ini menyuguhkan sajian soto yang sangat enak dengan potongan daging dan jeroan sapi yang empuk, sehingga nyaman saat dikunyah. Namun, sama seperti Soto Betawi pada umumnya, Soto Betawi H. Ma'ruf juga dilengkapi dengan irisan daun bawang, tomat, taburan emping dan bawang goreng.

Baca juga: Ingin Nikmati Kelezatan Soto Betawi Di Jakarta Pusat, Ini Tempatnya

Kuah hasil campuran santan, susu dengan beragam rempah, membuat soto ini semakin terasa nikmat dan menggugah selera. Bagaimana, tertarik mencicipi soto yang menjadi langganan orang nomor satu di negeri ini?

Alamat: Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73, Cikini, Jakarta Pusat

Buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 22.00 WIB

Kisaran harga: Rp 40.000 per porsi

Soto Betawi H. Mamat

source: idntimes.com

Mungkin Soto Betawi H. Mamat adalah satu-satunya yang memiliki banyak gerai yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Karena porsi daging dan kuahnya yang melimpah, sehingga soto ini cocok sekali jika dijadikan teman bersantap siang Anda.

Satu hal menarik yang ada pada Soto Betawi H. Mamat, Anda akan disuguhkan menu soto betawi oseng, dimana menu ini tidak ada pada Soto Betawi lainnya. Spesialnya, daging atau jeroan akan dioseng dengan bermacam-macam bumbu terlebih dahulu sebelum disajikan kepada pelanggannya.

Cara penyajiannya pun terbilang cukup sempurna, daging yang sudah dioseng akan disajikan terpisah dari kuahnya dengan mangkuk yang berbeda. Jika Anda tertarik mencoba Soto Betawi H. Mamat, silahkan cek disini untuk mencari gerai terdekat dengan rumah Anda.

Buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 22.00 WIB

Kisaran harga: Rp 50.000 per orang

Soto Betawi Sambung Nikmat

source: google image

Kalau biasanya rumah makan soto menaruh embel-embel nama pemiliknya, seperti Soto Betawi H. Husein dan Soto Betawi H. Ma’ruf, berbeda dengan soto ini, yang bernama Soto Betawi Sambung Nikmat. Bagaimana, setelah mendengar namanya, tertarik untuk mencicipinya?

Baca juga: Resep Soto Betawi ala 'Sambung Nikmat'

Soto Betawi yang berada di bilangan Pondok Pinang, Jakarta Selatan ini memang terbilang cukup mahal, seporsi dibanderol Rp 70.000. Namun, ungkapan “ada harga ada rupa” sepertinya sangat berlaku pada kasus ini. Anda akan disuguhkan seporsi daging dan kuah yang super melimpah.

Bahkan, saking besarnya porsi soto ini, penyajiannya pun tidak menggunakan mangkuk, melainkan menggunakan piring. Sehingga, seporsi Soto Betawi Sambung Nikmat bisa dimakan untuk dua orang. Jadi, tidak heran jika harganya yang mahal, tetapi rumah makan ini tetap ramai pengunjung.

Alamat: Jl. Ciputat Raya No. 2, Pondok Pinang, Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari (Minggu libur), pukul 08.00 - 14.000 WIB

Kisaran harga: Rp 70.000 per porsi

Sudah terbayang kelezatan Soto Betawi yang ada pada daftar diatas? Kelima daftar diatas mungkin hanya sebagian kecil dari Soto Betawi yang ada di Jakarta. Namun, jika Anda punya Soto Betawi favorit lainnya yang ada di Jakarta, boleh tulis di kolom komentar ya! Terima kasih!