Sistem POS (Point of Sale) yang Perlu Diketahui

-

Perkembangan teknologi saat ini memiliki dampak yang cukup luas, tidak terkecuali dalam dunia bisnis. Saat ini telah berkembang sebuah teknologi untuk membantu bisnis F&B, yaitu POS.

POS merupakan singkatan dari Point Of Sale, sebuah sistem yang dapat digunakan oleh bisnis F&B skala besar atau UMKM (Usaha Kecil Menengah). Sistem yang terkomputerisasi ini memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak penjualan, cek stok bahan baku, mempercepat proses transaksi, pencatatan transaksi, analisa penjualan, menampilkan promo dan dapat sangat membantu menyederhanakan pembukuan Anda.

Baca juga : Mengelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Dengan Point-of-Sale dari KAWN!

Secara tidak langsung POS dapat dikatakan sebuah kasir modern (online) yang dirancang untuk mengatasi masalah Anda dalam bisnis F&B dan untuk mengetahui seluk beluk tentang penjualan dengan menggunakan sebuah perangkat seperti PC, tablet, ataupun smartphone.

Terkadang dengan menggunakan mesin kasir ‘tradisional’ membuat sang pemilik bisnis F&B atau termasuk Anda sulit untuk mengatur penjualan. Maka dari itu Anda sebagai pemilik restoran menggunakan POS sebagai teman dalam menjalankan bisnis F&B merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan.

Apabila dilihat lebih dalam lagi, POS tidak hanya sesederhana mesin kasir online dengan menggunakan PC, tablet, atau smartphone saja. Tetapi POS dapat membantu mengintegrasikan data transaksi dari perangkat tersebut dalam 1 aplikasi.

Baca juga : KAWN Aplikasi Kasir Online Pendamping Bisnis F&B, Hadir untuk Anda!

Karena teknologi ini diperuntukan untuk para pelaku bisnis F&B, POS juga dapat membantu segala bentuk aktivitas bisnis F&B Anda. Berikut beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang POS;

Berbasis Cloud System

Sebuah kasir online memiliki teknologi atau fitur yang bernama hybrid cloud technology atau disebut juga sebagai cloud system. Pada fungsi utama dari teknologi tersebut, yaitu untuk melakukan sinkronisasi data secara online ataupun offline.

Mungkin saja ketika restoran Anda sedang mati lampu yang membuat koneksi internet menjadi terputus, dengan teknologi ini data aktivitas transaksi selama mati lampu (offline) dapat diperbarui secara otomatis ketika sudah tersambung koneksi internet.

Comprehensive Dashboard

Menjalankan sebuah bisnis F&B dalam setiap hari tentunya akan ada transaksi yang dilakukan. Dengan adanya fitur comprehensive dashboard di POS sangat membantu Anda untuk melihat data rata-rata transaksi baik itu dari harian, bulanan, bahkan tahunan.

Berdasarkan data tersebut comprehensive dashboard akan memperlihatkannya ke dalam sebuah bentuk grafik agar mudah dilihat dan dimengerti dengan mudah. Dari grafik tersebut akan dapat mengetahui pendapatan restoran Anda apakah mengalami kenaikan atau penurunan.

Baca juga : Teknologi Aplikasi Kasir KAWN Untuk Menunjang Bisnis dan Usaha Anda!

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui transaksi penjualan berdasarkan kategori menu, menampilkan 5 produk apa saja yang paling diminati, dan apabila memiliki beberapa cabang restoran Anda dapat melihat itu semua secara real-time.

Promo Display

Sebuah bisnis F&B salah satu cara untuk menarik konsumen, yaitu dengan cara menggunakan promosi. Pada sistem POS terdapat fitur yang membantu menampilkan tampilan promosi Anda lebih menarik.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Kasir, Solusi Digital Bisnis Anda

Di tampilan promo display Anda dapat menampilkan deskripsi secara jelas mengenai informasi tentang promosi, seperti tipe promosi apa yang ingin Anda tawarkan, misalnya promosi pada semua jenis order, atau promosi berdasarkan metode pembayaran tertentu.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur waktu promosi tersebut dan menariknya di promo display Anda juga dapat membuat promosi dengan menggunakan hastag seperi #promolebaran agar promosi mudah ditemukan.

Custom Order

Tentunya Anda pernah mendengar Istilah pembeli adalah raja, bukan? istilah tersebut menjadi acuan POS dalam menjalankan sistemnya. Beberapa pelanggan ketika membeli menu yang tertera di restoran Anda memiliki pesanan khusus agar dapat menikmati menu yang dihidangkan.

Baca juga : Permudah Bisnis dan Usaha Dengan Aplikasi Kasir Online

Terkadang permintaan yang cukup detail seperti sedikit gula atau tambahkan pedas membuat Anda luput dari permintaannya tersebut. Dengan menggunakan POS hal-hal terkecil yang diminta oleh pelanggan dapat tercatat dengan baik.

Custom Receipt

Sebuah bisnis terlebih F&B agar dapat diketahui secara top of mind oleh konsumen perlu adanya sebuah identitas untuk memperkuat bisnis tersebut. Sistem POS dapat membantu dengan menggunakan sebuah fitur custom receipt, dimana sebuah struk dapat dicetak dengan khusus.

Dalam membuat struk khusus tersebut, Anda memerlukan mesin print agar dapat mencetak struk sesuai dengan identitas bisnis Anda. Misalnya, ingin menambahkan logo bisnis atau menambahkan signature dari pemilik agar lebih personal.

Table Management

Saat memasuki jam ramai pengunjung restoran seperti pulang kantor atau waktu liburan. Biasanya pengunjung akan sulit mendapatkan tempat yang sesuai dengan pesanan. Pada fitur table management di POS dapat membantu pelayanan dalam hal penempatan meja untuk pengunjung.

Melalui fitur ini Anda akan dapat terbebas dari kesalahan penempatan meja untuk pelanggan. Dikarenakan, fitur table management akan menampilkan status ketersediaan masing-masing meja secara real-time.

Baca juga : 13 Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir Untuk Bisnis Anda

Selain itu, adanya fitur table management dapat memberikan informasi untuk restoran Anda dapat memberikan informasi mengenai durasi rata-rata pengunjung di meja tersebut, sehingga informasi tersebut dapat menjadi masukan untuk bisnis F&B Anda kedepannya.

Inventory Management

Sebuah bisnis khususnya F&B tentunya sangat diperlukan sebuah bahan baku sebagai penunjang menu yang ditawarkan pada restoran Anda. Namun, terkadang bahan baku yang Anda miliki sulit sekali untuk dikelola dengan baik.

Pada sistem POS terdapat fitur inventory untuk membuat daftar dan menghubungkan bahan baku dengan resep menu restoran Anda tawarkan. Selain itu, dengan inventory ini Anda dapat mengetahui jumlah stok bahan baku apa saja yang akan habis dan menu apa saja yang laris.

Dengan mengetahui hal tersebut, secara tidak langsung Anda mendapatkan insight untuk perkembangan bisnis Anda kedepan dengan menjual menu-menu yang laris dipasaran.

Multi Outlet

Mungkin saja beberapa dari Anda memiliki restoran di beberapa tempat dan jaraknya cukup berjauhan. Sehingga Anda akan kesulitan untuk mengontrol restoran satu dengan restoran lainnya dan dapat membuang waktu dan tenaga Anda.


Apabila bisnis menggunakan POS Anda dapat mengontrol beberapa restoran yang Anda miliki, seperti dapat mengontrol stok barang, karyawan, pengunjung, dan pemasukan.

Munculnya teknologi POS dapat menjadi solusi bisnis hari ini, Anda hanya cukup menggunakan 1 aplikasi dan terhubung koneksi internet Anda dapat melihat sekaligus mengelola bisnis Anda dimana saja dan kapan saja.

Baca juga : Aplikasi Kasir berbasis Point-of-Sales Tingkatkan Penjualan

Hal tersebut merupakan beberapa fitur yang berada pada sebuah sistem di POS. Tentunya POS ini dapat membantu segala bentuk kegiatan operasional dengan membuat laporan harian, bulanan, dan sampai tahunan.

Laporan yang dikelola oleh POS memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi, dikarenakan sistem POS didukung teknologi komputerisasi yang canggih. Beberapa fitur tersebut bisa Anda dapat temukan di aplikasi KAWN. Apabila Anda penasaran bisa klik disini dan rasakan pengalaman gratis selama 30 hari, selamat mencoba!