Rangga Umara: Korban PHK hingga Mampu Mendirikan Pecel Lele Lela

-

Rangga Umara merupakan salah satu pebisnis sukses Indonesia pada bidang kuliner saat ini. Menariknya, disaat pebisnis lainnya menjadikan ayam, ikan gurame atau bahkan daging sapi sebagai menu utamanya, Rangga Umara justru sukses dengan menu ikan lele.

Adalah Pecel Lele Lela, bisnis rintisan Rangga Umara yang menjadikan pecel lele sebagai menu andalannya. Bukan hanya pecel lele, di rumah makan ini Anda bisa menemukan berbagai menu berbahan dasar ikan lele, mulai dari lele fillet saus padang, lele cabe ijo, lele goreng tepung hingga lele mayonaise.

Baca juga: Ternak Lele dan Cara Efektif Memasarkannya

Siapa sangka, berbekal menu sederhana ini Rangga Umara bisa membuka banyak cabang di seluruh Indonesia. Bahkan, berkat keberanian dan kegigihannya, kelezatan Pecel Lele Lela bisa dirasakan di berbagai negara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan juga Arab Saudi, kutip tribunnews.

Baca juga: 5 Hidangan Populer Khas Arab yang Menggugah Selera

Perjalanan Rangga Umara dalam membangun Pecel Lele Lela tidaklah mudah. Tentunya banyak cerita menarik yang bisa kita teladani dibalik renyah dan lezatnya kuliner berbahan dasar ikan lele ini. Mau tau apa saja? Yuk simak baik-baik!

Rangga Umara dan Cerita Berdirinya Pecel Lele Lela

source : canva

Cerita perjalanan Rangga Umara dimulai saat dia terkena PHK sepihak oleh tempat kerjanya. Sebelum menjadi pebisnis sukses, Rangga Umara pernah bekerja menjadi manajer pada sebuah perusahaan swasta.

Baca juga: Bob Sadino, Pebisnis Sukses yang Kaya Akan Petuah Bijak, Yuk Kenali Sosoknya!

Namun, kondisi perusahaan tempat dia bekerja sedang tidak stabil saat itu. Seiring berjalannya waktu, kondisi perusahaan tidak kunjung membaik, sehingga tepat pada tahun 2006 perusahaan melakukan PHK terhadap sejumlah karyawan, tak terkecuali dengan Rangga Umara.

Kondisi ini mengharuskan dia mencari cara untuk bertahan hidup. Menariknya, dilatarbelakangi kejadian PHK tersebut, Rangga Umara bertekad tak mau lagi jadi karyawan, dan lebih memilih membuka usaha. Lantas, apakah tekadnya itu langsung membuahkan hasil? Tentu saja tidak!

Sebelum mendirikan Pecel Lele Lela, Rangga Umara membuat usaha kuliner dengan menjual masakan laut atau seafood. Namun sayangnya, usahanya ini tidak berjalan mulus sesuai harapan. Usahanya sepi pembeli karena lokasinya yang tidaklah strategis.

Bermodalkan pengalaman tersebut, Rangga Umara mencoba peruntungannya pada bisnis kuliner lainnya di lokasi yang berbeda. Akhirnya, tepat pada pertengahan tahun 2007 diputuskan untuk membuka bisnis kuliner dengan label “Pecel Lele Lela”, di bilangan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.  

Awalnya, menu pecel lele ala Rangga Umara tidak langsung laku begitu saja, malah cenderung sepi pembeli. Tidak patah arang, dia coba bereksperimen dengan menyajikan beragam menu serba lele yang cukup unik, seperti lele goreng tepung, lele filet kremes, dan lele saus padang.

Alhasil, menunya disukai banyak orang, dan siapa sangka Pecel Lele Lela saat itu menjadi tempat makan favoritnya warga sekitar. Bisa dibilang, Rangga Umara membuat menu lele menjadi naik kelas.

Akan tetapi, perjalanannya dalam membangun Pecel Lele Lela tidaklah mulus. Ada saja permasalahan silih berganti menerpa usahanya, salah satunya adalah terjebak hutang yang cukup besar hingga terancam bangkrut. Hebatnya, kondisi ini tidak membuat dia putus asa. Berkat kegigihannya, Rangga Umara berhasil membawa Pecel Lele Lela menjadi salah satu brand kuliner besar di Indonesia.

Tepat pada tahun 2009, Rangga Umara memberanikan diri untuk mewaralabakan usahanya. Langkahnya ini dinilai sangat tepat, sehingga membuat Pecel Lele Lela berkembang hingga ke berbagai daerah, mulai dari Bandung, Yogyakarta hingga Medan.

Pecel Lele Lela Kini

source : google image

Perjalanan Pecel Lele Lela hingga saat ini memang membuat kita berdecak kagum. Bagaimana tidak, pada tahun 2009 saja, Rangga Umara sudah berhasil memasarkan menu pecel lelenya lebih dari 90 cabang dengan omzet Rp 8,2 milyar per bulan, kutip kumparan.

Bukan hanya tersebar di seluruh Indonesia, Pecel Lele Lela juga memanjakan lidah para penggemarnya di belahan dunia lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan juga Arab Saudi. Sungguh capaian yang luar biasa bukan?

Seiring berjalannya waktu, inovasi produk terus dilakukan oleh Rangga Umara. Bukan hanya menu serba ikan lele, saat ini Pecel Lele Lela juga menyajikan menu-menu unik lainnya, mulai dari Ayam Suwir Bumbu Bali, Ayam Saus Padang dan juga aneka menu bakso dan menu bebek.  

Baca juga: Ayam Penyet, Bisnis Makan Siang yang Tak Pernah Sepi

Berbagai penghargaan pun masuk ke dalam etalase milik Rangga Umara. Penghargaan pertama hadir dari Kementrian Perikanan. Rangga Umara dianggap mengangkat citra ikan lele dan juga menjadi sosok yang mendorong budaya makan ikan.

Selain itu, penghargaan lainnya datang dari Kementrian UMKM, yang bertajuk Indonesia Small and Medium Business Entrepreneur Award (ISMBEA) tepat pada tahun 2010.

Tips Berbisnis Ala Rangga Umara

source : canva

Sebagai pebisnis sukses, tidak serta merta membuat Rangga Umara jumawa. Sikap rendah hatinya kerap menjadi teladan bagi banyak pengusaha muda.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan mengisi acara, Rangga Umara kerap memberikan tips-tips sederhana bagi pengusaha pemula. Dikutip eviindrawanto.com, berikut pemaparannya.

1. Keterbatasan Bukanlah Halangan

Menurutnya, ada 2 tipe manusia di dunia ini. Pertama, ada yang jago masak namun memilih untuk menjadi koki (karyawan) pada sebuah rumah makan. Dan yang kedua tidak bisa masak namun memilih untuk membuka usaha rumah makan atau restoran.

Artinya, untuk menjadi seorang pengusaha tidaklah harus ahli dalam satu bidang yang digeluti. Karena, seorang pengusaha bisa mencari tenaga ahli yang dibutuhkan. Itulah gambaran Rangga Umara saat memulai Pecel Lele lela.  

2. Pilih Produk Umum, Lalu Beri Nilai Tambah

Bisa dibilang, ikan lele merupakan bahan makanan yang disukai banyak orang. Oleh karena itulah, hidangan berbahan dasar ikan lele memiliki pangsa pasar yang cukup luas.

Namun, umumnya cara menghidangkannya hanya digoreng saja. Tipsnya, coba beri nilai tambah, dengan mengkreasikan ikan lele menjadi berbagai macam hidangan yang menarik untuk dicoba. Seperti halnya yang dilakukan Pecel Lele Lela.

Baca juga: 5 Jajanan Tradisional yang Beranjak Naik Kelas

3. Pikiran Adalah Doa

Tips terakhir terbilang sederhana namun efeknya sangat bermanfaat. Menurutnya, cita-cita atau harapan yang Anda pikirkan merupakan doa yang suatu saat akan terwujud dalam realitas. Seperti halnya Rangga Umara yang selalu menuliskan cita-citanya dalam buku bertajuk “My Dreams Book” karangan dia sendiri.  

Baca juga: Lele Lela, Berawal dari Sebuah Catatan Impian

KawanKAWN, baru saja kita ulas perjalanan hidup seorang Rangga Umara, yang merupakan korban PHK namun mampu bermetamorfosa menjadi pebisnis kuliner sukses. Bagaimana, sangat menginspirasi bukan?

Oh iya, jika KawanKAWN ada pertanyaan seputar KAWN atau ingin mencoba free trial aplikasi kasir online KAWN selama 15 hari, silahkan klik disini ya! Kami tunggu!