Bisnis Laundry Kiloan, Potensi Cuan Melimpah di Bisnis Ini

-

Laundry kiloan merupakan salah satu bisnis yang bisa dibilang cukup menjanjikan. Karena, banyak faktor yang bisa dijadikan alasan mengapa bisnis laundry kiloan bisa mendatangkan banyak cuan? Salah satunya adalah pola hidup masyarakat kota yang terkenal super sibuk.

Baca juga: 3 Usaha Rumahan yang Tidak di Lekang Jaman

Memang, mencuci dan menyetrika pakaian merupakan salah satu aktivitas yang cukup melelahkan. Terlebih jika dilakukan sendiri, sudah barang tentu, aktivitas mencuci dan menyetrika pakaian akan memakan waktu yang cukup lama.

Ditambah lagi banyak kalangan seperti karyawan dan mahasiswa yang sering tidak punya waktu untuk mencuci dan menyetrika. Sehingga jasa laundry kiloan menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pakaian kotor mereka.

Baca juga: Bisnis Jasa Laundry Kiloan, Modalnya Bisa di Bawah Rp10 Juta

Bagaimana, apakah Anda tertarik merintis bisnis laundry kiloan? Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalani bisnis ini, Anda perlu ketahui dulu beberapa kekurangan dan kelebihan dari bisnis laundry kiloan.

Kekurangan bisnis laundry kiloan:

1. Persaingan Tinggi

Selain pasar yang potensial, bisnis laundry kiloan merupakan jenis bisnis yang tidak memerlukan keahlian khusus, bahkan setiap orang bisa melakukannya. Tidak heran jika persaingan bisnis ini cukup tinggi.

2. Ketergantungan Dengan Cuaca

Jika bisnis laundry Anda tidak menggunakan mesin cuci dengan pengering khusus, pastinya Anda sangat bergantung pada kondisi cuaca. Masalahnya, jika masuk musim penghujan, dikhawatirkan akan menghambat operasional bisnis laundry Anda.

3. Membutuhkan Lahan yang Cukup Luas

Bisnis laundry tentu membutuhkan ruang yang dapat menampung mesin cuci, pengering, area menjemur, papan setrika bahkan area pengepakan. Untuk itu, sangat dibutuhkannya lahan yang cukup luas.

4. Biaya Maintenance Alat yang Cukup Mahal

Semua peralatan laundry memiliki batasan usia, terlebih jika digunakan setiap hari, sudah barang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatannya.

Baca juga: 13 Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Harus Dimiliki Saat Memulai Bisnis

Kelebihan bisnis laundry kiloan:

1. Potensial Mendapatkan Pelanggan Loyal

Mahasiswa dan pekerja kantoran merupakan target pasar yang sangat potensial dari bisnis ini. Saat mereka nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan, bukan tidak mungkin akan menjadi pelanggan yang loyal terhadap bisnis laundry Anda.

Baca juga: Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

2. Bisnis yang Tak Lekang Oleh Zaman

Bisnis laundry kiloan tak akan tergerus oleh zaman, selama kita masih menggunakan pakaian, maka bisnis laundry kiloan akan tetap dibutuhkan.

3. Mudah Dijalankan

Bisnis laundry juga tidak menuntut Anda untuk memiliki skill khusus. Siapapun bisa mempelajarinya, kuncinya adalah konsisten, tentunya bisnis laundry kiloan Anda bisa semakin berkembang dan maju.

4. Bisa dijalankan dirumah

Jika rumah Anda memiliki ruang kosong yang tidak terpakai, Anda bisa menggunakannya tanpa harus merogoh kocek untuk biaya sewa bangunan.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari bisnis laundry kiloan yang perlu Anda ketahui. Selain itu, jika Anda benar-benar tertarik untuk menjalankan bisnis ini, namun masih bingung untuk memulainya. Anda bisa terapkan beberapa tips jitu untuk menjalankannya, seperti yang telah KAWN lansir dari koinworks.com, berikut ulasannya:

Pahami Cara Mencuci yang Benar

source : google image

Tips pertama saat membuka bisnis laundry kiloan adalah dengan mengetahui cara mencuci yang benar, karena hal ini sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Saat pakaian pelanggan Anda rusak karena prosedur pencucian yang tidak benar, hal ini akan mengurangi kepercayaan pelanggan dan tentu saja membuat mereka enggan menggunakan jasa laundry Anda lagi.

Baca juga: Catat Yuk! Ini Cara Mencuci Baju yang Benar Bagi Pemula

Satu tips penting saat Anda mencuci pakaian, jangan Anda mencampur pakaian putih dengan pakaian berwarna. Selain itu, Anda juga harus mempelajari tips lainnya saat mencuci pakaian, seperti cara menghilangkan noda membandel, cara mencuci berbagai jenis bahan pakaian serta penggunaan macam-macam sabun yang sesuai dengan pakaian pelanggan.

Wajib Menggunakan Pewangi Pakaian

source : google image

Disaat Anda sudah dibekali pengetahuan cara mencuci pakaian yang benar. Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan dari layanan laundry kiloan adalah penggunaan parfum atau pewangi pakaian. Seperti yang kita ketahui, banyak bisnis laundry kiloan yang menggunakan pewangi pakaian sebagai jurus jitu untuk menarik minat pelanggan.

Oleh karena itu, jika Anda tidak memberi pewangi pakaian pada layanan laundry Anda. Bukan tidak mungkin, pelanggan tidak akan menggunakan jasa laundry Anda kembali di kemudian hari.

Tentukan Harga yang Tepat

source : google image

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah dengan menetapkan harga yang tepat. Perlu diketahui, kebanyakan calon pelanggan cenderung menilai suatu jasa dari harganya. Semakin murah harganya, semakin besar pula kemungkinan calon pelanggan akan menggunakan jasa laundry Anda.

Baca juga: Baru Membuka Bisnis F&B, Tentukan Harga Jual Produk dengan Cara Berikut Ini!

Namun perlu diperhatikan juga, janganlah Anda membuat harga yang terlalu murah. Alih-alih untuk menarik pelanggan, harga yang terlalu murah malah akan menimbulkan kecurigaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Selain itu, harga terlalu murah juga bisa membuat Anda malah menderita kerugian.

Pada kasus tersebut, penting bagi Anda untuk melakukan survey dan meneliti terlebih dahulu pasaran harga untuk layanan laundry kiloan. Salah satunya dengan melihat dari harga kompetitor bisnis laundry kiloan.

Berikan Pelayanan yang Memuaskan

source : google image

Harga murah bukan lah satu-satunya untuk memenangkan persaingan antar jasa laundry, karena pelayanan yang memuaskan merupakan jurus lainnya untuk menarik hati calon pelanggan. Maka dari itu, coba buat strategi pelayanan yang baik untuk memuaskan hati pelanggan Anda.

Baca juga: Pentingnya Kepuasan Pelanggan untuk Perkembangan Bisnis Anda

Salah satunya adalah dengan memberikan layanan gratis antar jemput pakaian yang akan dicuci. Dengan begitu, pelanggan akan merasa terbantu dengan layanan ini.

Pilih Lokasi yang Strategis

source : google image

Faktor penting lainnya yang menentukan sukses dan tidaknya bisnis laundry kiloan adalah pilih lokasi yang strategis. Karena, jika salah menentukan lokasi, bisa saja akan membuat bisnis Anda sepi pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Memilih Lokasi Strategis Untuk Bisnis Anda

Mahasiswa, pekerja kantoran dan rumah tangga adalah target market potensial terhadap bisnis Anda. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang dekat dengan kos-kosan atau tempat tinggal mereka. Tujuannya, tentu saja agar mudah dijangkau dan ditemukan oleh mereka.

Mengelola Keuangan

source : google image

Ketika bisnis laundry kiloan sudah berjalan, keuangan adalah bahan bakar penggerak bisnis Anda. Oleh karena itu, mengelola keuangan sangat diperlukan oleh bisnis untuk melihat ke mana saja aliran dana bisnis Anda. Mengelola keuangan bisa dimulai dari mencatat semua biaya operasional, pencatatan setiap transaksi, hingga biaya perawatan peralatan apabila terjadi kerusakan.

Baca juga: Teknologi Aplikasi Kasir KAWN Untuk Menunjang Bisnis dan Usaha Anda

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir online KAWN. Karena, aplikasi kasir online KAWN memiliki fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola keuangan, seperti analisa keuangan lengkap, laporan penjualan lengkap atau bahkan menghitung laba.

Untuk itu, jika Anda merasa membutuhkan aplikasi kasir handal untuk menunjang bisnis laundry kiloan Anda. Anda bisa klik disini untuk bisa merasakan free trial selama 30 hari.

Hargai Waktu Pelanggan

source : google image

Dalam bisnis laundry kiloan, waktu merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, hargai waktu pelanggan Anda dengan sebaik-baiknya. Sebab ketepatan waktu, akan sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan Anda.

Namun, jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik, bukan tidak mungkin jika bisnis Anda gagal akibat reputasi atau penilaian yang buruk dari pelanggan. Perlu Anda ingat, review pelanggan akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis Anda.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda

Bisnis laundry kiloan memang dinilai mudah untuk dijalankan, tetapi pada kenyataannya membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat agar sukses. Untuk itu, di atas adalah beberapa tips yang bisa dijalankan saat Anda membuka bisnis laundry kiloan. Namun jika Anda memiliki tips jitu lainnya, boleh tuliskan di kolom komentar ya! Terima kasih!