Party Planner, Bisnis yang Patut Anda Coba

-

Party planner bisa menjadi solusi saat seseorang ingin menggelar pesta, namun tidak mau direpotkan dengan segala perencanaannya. Karena pada dasarnya, banyak hal yang harus dipersiapkan saat melangsungkan sebuah pesta, mulai dari venue acara, konsep acara, hidangan, dekorasi serta hal-hal kecil lainnya.

Pesta sendiri sudah menjadi kebiasaan kaum urban saat merayakan sesuatu, seperti lamaran, ulang tahun atau hari jadi pernikahan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan segalanya. Sehingga, disinilah peran party planner sangat dibutuhkan.

Kalau Anda jeli melihat peluang, kondisi ini bisa saja Anda jadikan bisnis yang menjanjikan. Bermodalkan kreativitas dan mampu meng-organize sebuah acara, Anda bisa kok menjadi seorang party planner.

Baca juga: Hobi Menjadi Bisnis, Kenapa Tidak? Berikut Hobi yang Menghasilkan

Lantas, adakah tips atau hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan saat Anda membangun bisnis party planner? Melansir zetizen.jawapos.com, berikut yang bisa Anda tiru.

Kreativitas Wajib Dimiliki bagi Pebisnis Party Planner

source : google image

Mungkin ini bisa dibilang kunci utama saat Anda membangun bisnis party planner, yakni kreativitas. Bisa dibilang, kreativitas merupakan ciri khas yang bisa Anda tonjolkan. Selain itu, dengan kreativitas tersebut, Anda bisa saja menawarkan berbagai tema konsep acara yang unik kepada calon klien Anda.

Dikutip batam.tribunnews.com, Devi Sofiana sang pemilik @daisypartyplan menuturkan, “sebagai party planner tentu kita bebaskan klien untuk menentukan tema yang diinginkan, untuk itu, dibutuhkan kreatifitas untuk mencari ide dekorasi agar acara pesta tak terasa membosankan”

Jalin Kerjasama yang Baik dengan Vendor

source : google image

Berbicara pesta, bukan hanya dekorasi dan konsep acara saja yang menjadi concern utama. Banyak hal lainnya yang perlu disiapkan, seperti hidangan, sound system serta tata lampu atau lighting. Disaat semua itu tidak bisa Anda siapkan, tentunya Anda membutuhkan pihak ketiga atau biasa disebut vendor.  

Baca juga: Bisnis Katering, Berikut Kiat Sukses Memulai Bisnis ini

Namun, dalam menentukan vendor, Anda tidak boleh sembarangan. Selain harga yang kompetitif, kualitas barang yang mereka siapkan juga tidak boleh luput dari perhatian Anda.  

Untuk itu, jalinlah kerjasama yang baik dengan pihak vendor. Dengan begitu, mereka tidak segan-segan untuk memberikan yang terbaik, dari segi pelayanan dan harga.

Lakukan Promosi

source : google image

Selain kreativitas, promosi juga tidak kalah pentingnya. Hal ini tentu saja agar bisnis party planner Anda bisa dikenal orang dan banyak yang menggunakan jasa Anda. Saat menjalankan promosi, trik terbaik yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan kekuatan media sosial.    

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Pertama-tama, Anda bisa mengincar orang terdekat disekitar Anda, seperti rekan kerja, sahabat atau tidak menutup kemungkinan Anda bisa tawarkan kepada saudara sendiri. Selain bisa menjadi klien pertama Anda, orang terdekat juga bisa menjadi ajang promosi paling efektif.

Baca juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu, Ini 8 Tips Promosi Dapat Penjualan Online Pertama

source : google image

Tidak seperti bisnis-bisnis lain yang membutuhkan modal besar untuk memulainya. Party planner bisa saja Anda jalankan dengan modal minim.

Baca juga: 3 Tips Memulai Usaha F&B dengan Modal Kecil

Triknya, saat Anda menerima order, buatlah termin atau skema pembayaran dengan menerapkan DP atau uang muka. Paling tidak, mintalah 50% dari total tagihan yang disepakati bersama. Dengan uang muka tersebut lah, Anda bisa manfaatkan untuk membeli segala kebutuhan pesta.

Setelah itu, sisakan keuntungan dari seluruh tagihan tersebut untuk ditabung, yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli perlengkapan party planner sendiri. Bagaimana, cukup menarik dan cerdik bukan!

Siapkan SDM dan Gudang yang Cukup untuk Logistik

source : google image

Terakhir, saat bisnis party planner Anda sudah berjalan dan cukup besar, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan SDM yang berpengalaman dan gudang yang cukup untuk menyimpan semua logistik. Kebayang dong, semakin banyak logistik yang Anda punya, namun tidak ada gudang yang cukup untuk menyimpannya. Bisa dipastikan, logistik yang Anda punya akan cepat rusak.

SDM atau karyawan yang berpengalaman juga tidak kalah pentingnya. Anda pun tidak mau dong, terus-terusan turun tangan dalam hal mendekorasi acara. Karena Anda sebagai pemilik, pastinya banyak hal yang lebih penting untuk dikerjakan selain mendekor. Untuk itu, cari karyawan yang berpengalaman yang bisa menggantikan peran Anda dalam mendekorasi acara.

Tidak bisa dipungkiri, party planner merupakan bisnis yang sangat segmented. Akan tetapi, Anda jangan berkecil hati, selama seseorang masih menggelar pesta dan malas untuk mengurusnya. Disitulah pundi-pundi cuan siap Anda raih.
Bagaimana, setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis party planner? Silahkan tuliskan jawaban Anda di kolom komentar ya! Terima kasih!