Panganan Khas Sumatera Utara yang Melegenda

-

Panganan atau hidangan memang merupakan kebutuhan pokok dari setiap insan. Mau tua, muda, kaya atau miskin, semua kalangan membutuhkan panganan sebagai bahan bakar untuk memperoleh energi harian.

Setiap daerah di dunia pasti mempunyai panganan khasnya sendiri. Faktor budaya, adat istiadat, bentang alam dan lain sebagainya turut mempengaruhi dari keanekaragaman panganan masing-masing wilayah.

Seperti yang akan dibahas oleh artikel KAWN pada edisi kali ini, akan fokus membahas tentang panganan khas Sumatera Utara yang cukup melegenda. Tidak hanya Danau Toba saja, melainkan panganan khas Sumatera Utara cukup ikonik dan sayang jika tidak Anda coba. Melansir dari berbagai sumber berikut adalah ulasannya.  

Baca juga: Makanan Khas Medan, dari Bika Ambon sampai Lemang

Panganan Berbahan Baku Mi: Mie Gomak

source : sahabatufs

Siapa yang tak kenal dengan panganan satu ini. Sepertinya hampir di setiap sudut kota selalu ada yang menjual mi gomak sebagai pilihan menu santap siang.

Sesuai dengan namanya, panganan ini dibuat dengan cara “digomak”, yang mana mi akan dipegang-pegang oleh tangan sebelum disajikan di mangkuk. Terdapat beberapa varian, yakni mi gomak kuah dan mie gomak goreng/tumis.

Baca juga: Mi gomak

Bika Ambon

source : okezone

Mendengar namanya saja pasti Anda akan bertanya-tanya mengapa Kota Ambon disebut di panganan ini. Meskipun, membawa nama Kota Ambon, namun murni panganan ini berasal dari Provinsi Sumatera Utara.

Mengambil nama Jalan Ambon di Kota Medan, panganan ini terbuat dari tepung tapioka yang difermentasi oleh air nira. Bika Ambon mempunyai rasa yang khas akibat adanya proses fermentasi tersebut. Legit, harum dan manis menjadi sensasi awal ketika Anda mencicipinya.

Baca juga: Kuliner Balikpapan yang Harus Anda Coba

Lemang

source : tribunnewswiki

Lemang menjadi daftar nomor 3 dari panganan khas Sumatera Utara yang melegenda. Pasalnya saking populernya terkadang Anda dapat menjumpai panganan ini di kota lain, bahkan di kota Anda saat ini berdomisili!

Terbuat dari ketan yang digulung memanjang menggunakan daun pisang kemudian dibakar. Lemang sangat cocok di padu padankan dengan selai durian atau tape uli agar semakin nikmat tak terbantahkan.

Baca juga: Jajanan Khas Flores, Nusa Tenggara Timur

Berikut tadi adalah 3 panganan khas Sumatera Utara yang cukup melegenda. Bagi Anda yang mempunyai daftar lainnya, jangan sungkan untuk komen dibawah ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.