Makanan Penambah Berat Badan yang Aman & Sehat

-

Makanan tidak lepas dari kebutuhan setiap makhluk hidup. Terutama manusia yang beraktivitas di setiap harinya, membutuhkan makanan dengan jumlah porsi tertentu. Meskipun porsi makan setiap orang berbeda-beda, namun sama-sama membutuhkan makanan yang bernutrisi loh.

Tidak saja porsi makanan yang berbeda, kategori bentuk tubuh setiap orang juga berbeda. Ada yang bertubuh kurus, sedang dan gemuk. Ketiganya pasti mudah dibedakan oleh Anda, bukan?

Baca juga: Sayuran Hijau: Kenali Jenis, Nutrisi Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Nah, kebanyakan dari kita pasti menginginkan postur tubuh yang sedang-sedang saja, karena dianggap ideal. Namun, tahukah Anda untuk bisa bertubuh ideal itu ditentukan oleh beberapa faktor loh. Misalnya, usia, berat badan dan tinggi badan.

Semua faktor di atas dapat bersinergi dengan makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga nantinya akan menghasilkan tubuh yang ideal. Makanan seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda? Kita bahas singkat ya.

Baca juga: 5 Minuman Sehat yang Mudah Dibuat

Beberapa nutrisi berikut dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan bakar utama penghasil energi harian. Yaitu, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta serat dan air. Nah, kali ini KAWN akan lebih spesifik membahas beberapa menu makanan yang dapat dijadikan referensi bagi Anda untuk menambah berat badan.

Pastikan untuk selalu mencari referensi menu makanan yang sehat, aman dan bergizi ya KawanKAWN. Artikel berikut pasti sangat bermanfaat. Yuk kita simak bersama penjelasannya!

Baca juga: Jus Buah, Temukan Ragam Manfaat Kesehatan Didalamnya

Makanan Berbahan Dasar Kentang

Source: Canva

Kentang memang dikenal menjadi salah satu sumber karbohidrat, selain nasi. Kentang juga memiliki kandungan serat, vitamin C serta kalori di dalamnya. Selain harganya yang cukup terjangkau, Anda juga dapat dengan mudah loh membeli kentang di pasar tradisional maupun pasar modern.

Menu makanan berbahan dasar kentang, salah satunya adalah perkedel kentang, kentang goreng, mashed potato dan lain sebagainya. Mashed potato banyak digemari dan dijadikan pendamping steak loh.

Rasanya yang nikmat dan bertekstur lembut, semakin lengkap kadar gizinya karena proses pembuatannya ditambahkan dengan mentega, keju dan susu. Yuk dicoba!

Baca juga: 9 Resep mashed potato, enak, praktis, sederhana dan bergizi

Makanan Berbahan Telur

Source: Canva

Menu makanan ini bisa Anda jadikan menu sarapan. Telur dadar, telur ceplok, telur omelette dan kreasi telur lainnya pastinya sangat familiar bagi Anda. Proses pembuatan dan bahannya yang cukup sederhana, membuat aneka makanan berbahan telur menjadi banyak digemari.

Baca juga: 10 Kreasi telur dadar ala rumahan, praktis, enak, dan bikin nagih

Makanan Berbahan Daging Merah

Source: Canva

Untuk menu makanan satu ini, banyak Anda temukan di Indonesia. Misalnya adalah rendang, soto daging, rawon, gulai daging dan masih banyak lagi lainnya. Selain berbahan dasar daging merah, menu makanan tersebut menjadi semakin nikmat dengan disertakan bumbu rempah khas Indonesia.

Menu makanan di atas memang cocok jika disajikan untuk makanan berat siang hari. Lengkapi dengan nasi agar kebutuhan karbohidrat Anda juga tercukupi. Meskipun nikmat, pastikan Anda mengontrol intensitas konsumsi menu makanan di atas ya.

Baca juga: 10 Tips Memasak Daging Rendang, Dijamin Empuk dan Bumbunya Meresap

Makanan Berbahan Dasar Susu dan Turunannya

Source: Canva

Maksud dari susu dan turunannya adalah keju, yoghurt, es krim dan lain sebagainya. Menu-menu makanan ini bisa Anda temukan pada makanan khas negara Barat. Misalnya adalah es krim, siapa yang tidak menyukainya?

Es krim identik dengan makanan manis, dingin, dan disukai oleh anak kecil. Namun tahukah Anda jika es krim memiliki kandungan susu beserta turunannya. Bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan, bisa rutin mengonsumsi es krim sebagai menu makanan penutup mulut atau biasa dikenal dengan dessert.

Baca juga: 9 Cara Membuat Es Krim Buah Yang Sehat dan Segar

Demikianlah, menu-menu makanan yang dapat menjadi referensi Anda untuk menaikkan berat badan ya. Sampai jumpa di artikel inspiratif lainnya. Salam sehat!