Makanan Khas yang Membuat Anda Makin Cinta dengan Kota Magelang

-

Makanan khas merupakan salah satu aspek yang bisa menjadi kebanggaan dari suatu daerah. Perlu kita ketahui, banyak daerah di Indonesia ini yang terkenal berkat kekhasan dari makanannya.

Sebut saja Palembang yang terkenal akan pempeknya, atau gudeg yang sudah menjadi jati diri Kota Yogyakarta. Tak ayal, jika Yogyakarta dikenal dengan sebutan kota gudeg.  

Baca juga: Kuliner di Kota Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Selain itu, makanan khas kerap menjadi objek destinasi wisata kuliner di suatu daerah. Magelang misalnya, meski terkenal dengan kupat tahunya, nyatanya Magelang masih menyimpan makanan khas yang lezat dan juga menarik untuk diulas. Apa sajakah itu? Dikutip gotravelly.com, berikut daftarnya.

Makanan Khas yang Terkenal dari Kota Magelang, Kupat Tahu

source : pegipegi

Ini bisa menjadi salah satu makanan khas dari Kota Magelang yang paling terkenal, kupat tahu namanya. Pasalnya, kupat tahu merupakan makanan khas yang bisa ditemukan di banyak kota lainnya di Indonesia ini, mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, medan, Semarang dan lain-lain.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Medan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Untuk itu, jika Anda mampir ke kota yang menjadi rumah Candi Borobudur ini wajib mencicipi lezatnya kupat tahu. Kupat tahu khas Magelang biasanya berisi ketupat yang dicampur dengan berbagai macam bahan lainnya, mulai dari potongan tahu goreng, toge, kol  dan daun seledri. Serta tidak lupa juga, taburan bawang goreng dan kerupuk sebagai pelengkap wajib pada makanan khas Magelang ini.

Sedapnya Lele Goreng yang Dicampur Kuah Santan, Mangut Lele

source : IDN times

Pastinya dari Anda semua sudah pernah mencoba bagaimana enaknya lele goreng bukan? Namun, apakah Anda pernah mencoba lele goreng yang disajikan dengan kuah santan pekat dengan nuansa kuning kemerahan?

Di Magelang ada satu makanan khas dengan deskripsi seperti diatas, yakni mangut lele. Mangut lele kerap menjadi buruan bagi wisatawan yang mampir ke Kota Magelang. Disajikan bersama nasi hangat, menjadi satu kesempurnaan yang sulit untuk dilewatkan.

Kuah yang disajikan menjadi kunci kelezatan makanan ini. Bagaimana tidak, santan yang bercita rasa gurih dipadupadankan dengan berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia, mulai dari kunyit, jahe, kayu manis, lengkuas, kapulaga, serai, bawang merah, bawang putih dan lain sebagainya.

Baca juga: Bukan Hanya Sebagai Penyedap Masakan, Kenali Ragam Manfaat Kesehatan dari Rempah-Rempah Berikut ini

Unik Makanannya dan Unik Pula Namanya, Magelangan

source : travel kompas

Nasi goreng mungkin sudah biasa, namun apakah Anda pernah tahu ada nasi goreng yang dicampur dengan mi? Di Kota Magelang, ada lho makanan yang masuk kategori unik ini.

Cara membuatnya sama dengan membuat nasi goreng pada umumnya. Yang membedakan, nasi dan mi digoreng secara bersamaan kemudian disajikan dalam satu piring. Tidak sampai disana, namanya pun terbilang unik. Karena berasal dari Magelang, sampai-sampai makanan ini dinamakan magelangan lho.

Usut punya usut, penamaan makanan ini justru muncul dari banyak penggemarnya yang ada di daerah lain, yang berdekatan dengan Magelang, seperti Yogyakarta atau Solo. Mereka menjuluki nasi goreng unik asal Magelang ini dengan istilah magelangan. Lambat laun istilah ini menjadi populer di Magelang sendiri.

Baca juga: Sepiring magelangan bikin lidah ketagihan

Nasi yang Direbus, Sego Godog

source : yummy app

Jika magelangan merupakan nasi yang digoreng, beda halnya dengan sego godog. Sego godog merupakan makanan khas Magelang yang berbahan dasar nasi dengan cara direbus.

Dalam pembuatannya, nasi godog menggunakan berbagai macam bumbu untuk memperkuat rasa. Biasanya, sego godog disajikan dengan telur, mi, sayuran dan juga kerupuk. Bagi masyarakat Magelang sendiri, menu ini menjadi alternatif bagi mereka yang bosan menikmati nasi putih hangat seperti pada umumnya.

Baca juga: Berbahan Dasar Nasi, Berikut Hidangan yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Sejuknya Kota Magelang, Yuk Cobain Sup Senerek

source : detik food

Perlu Anda ketahui, Magelang merupakan salah satu kota yang memiliki suhu cukup sejuk, bahkan cenderung dingin di beberapa tempat. Banyak cara dilakukan masyarakat Magelang untuk mengusir rasa dingin. Selain minum wedang jahe, banyak orang yang mengonsumsi makanan hangat, sup senerek salah satunya.

Baca juga: Suhu di Magelang Diprediksi Capai 19* Celcius Dalam Tiga Hari Kedepan

Lantas apa itu sup senerek? Secara tampilan dan cara membuatnya, sup senerek hampir sama dengan sup pada umumnya. Akan tetapi, isian sup senerek menggunakan bahan-bahan yang cukup unik, mulai dari bayam, kacang merah dan juga tetelan sapi.

Penjaja sup senerek kerap dijumpai di pelosok Kota Magelang saat malam hari. Banyak warga Magelang yang mengisi perut sambil mengusir hawa dingin dengan mengonsumsi makanan khas ini.

Baca juga: Hawa Dingin Saatnya Menyantap Hidangan Berikut!

KawanKAWN, dari kelima makanan khas Magelang yang disebut diatas, apakah Anda pernah mencicipi salah satunya? Jika sudah, coba jawab di kolom komentar ya! Terima kasih!