Komunitas Bisnis, Temukan Manfaat Saat Anda Bergabung Didalamnya

-

Komunitas bisnis bisa menjadi jawaban atau jalan keluar saat Anda bingung menentukan langkah pada bisnis yang sedang Anda jalani. Karena begitu pentingnya komunitas bisnis, tak heran banyak pengusaha rela untuk bergabung didalamnya.

Baca juga: Mendadak Jadi Pengusaha? Ikuti Langkah Transisi Berikut Ini

Di Indonesia sendiri, tercatat begitu banyak komunitas bisnis yang dapat kita temui. Mulai dari komunitas pengusaha muda, komunitas pengusaha kuliner, komunitas pengusaha otomotif hingga komunitas pengusaha event organizer. Jadi, jangan salah masuk ya! Sesuaikan komunitas dengan bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: Cara Menjadi Pengusaha di Usia Muda

Lebih lanjut, begitu banyak kegiatan yang biasa dijalankan oleh komunitas bisnis. Kegiatannya sendiri bisa berupa aktivitas online maupun offline, seperti seminar, diskusi terbuka serta workshop. Tentunya, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ragam kegiatan tersebut.  

Lantas, apa saja manfaat dengan bergabung kedalam komunitas bisnis? Melansir indonesiana.id, berikut ulasannya.

Komunitas Bisnis Dapat Memperluas Jaringan

source : pexels

Sebetulnya, pintar saja tidak akan cukup untuk mencapai kesuksesan, karena dibutuhkan jaringan atau networking yang luas untuk mencapainya, terlebih dalam dunia bisnis. Karena hal tersebut, sangat disarankan bagi Anda untuk bergabung ke dalam komunitas bisnis yang biasanya beranggotakan dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda.  

Dengan jaringan bisnis yang luas, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari meningkatkan knowledge tentang bisnis, memungkinkan mendapatkan partner hingga selalu update tentang perkembangan bisnis.  

Menambah Wawasan Dalam Berbisnis

source : google image

Pada dasarnya, ilmu atau wawasan dalam berbisnis bisa Anda dapatkan pada banyak media. Bukan hanya melalui buku dan media internet, bergabung dalam komunitas bisnis juga sangat efektif untuk meningkatkan wawasan Anda dalam berbisnis.  

Biasanya, komunitas bisnis menggelar acara yang bersifat edukasi terhadap para anggotanya, seperti seminar bisnis, webinar serta diskusi terbuka. Dari ajang inilah, Anda bisa memperdalam wawasan bisnis.

Baca juga: Apa Itu Webinar serta Manfaatnya Terhadap Bisnis Anda

Memungkinkan Anda Bertemu Investor atau Pemodal

source : pexels

Satu elemen penting saat seseorang merintis sebuah bisnis, yakni besarnya modal yang disiapkan. Namun sayangnya, besarnya  modal kerap kali menjadi kendala atau hambatan bagi pebisnis.

Baca juga: 7 Hal Yang Membuat Investor Mau Berinvestasi Kepada Anda

Disaat keuangan pribadi Anda tidak cukup untuk memodali bisnis yang Anda rintis. Satu-satunya jalan keluar adalah mencari investor atau pemodal. Sayangnya, mencari orang yang mau memberikan modal terhadap bisnis Anda tidak semudah membalikan telapak tangan.

Namun, bergabung dengan komunitas bisnis, memungkinkan Anda bisa menemukan orang yang mau memodali bisnis Anda. Kuncinya satu, buat investor percaya dan yakin terhadap perkembangan bisnis dan masa depan dari bisnis tersebut.

Dapat Belajar Langsung dari Para Ahli atau Mentor

source : pexels

Tidak menutup kemungkinan, dalam komunitas bisnis terdapat orang yang ahli atau yang sudah terbukti kesuksesannya dalam berbisnis. Dan bahkan, mereka tidak segan-segan untuk menularkan ilmu dan kesuksesannya terhadap pebisnis baru.

Baca juga: Mentor Saat Menjalani Bisnis, Ketahui Penting dan Manfaatnya

Dengan bergabung dalam komunitas bisnis, memungkinkan Anda untuk memiliki mentor. Perannya pun sangatlah vital, karena dia bisa memberikan banyak saran dan nasihat untuk kesuksesan bisnis rintisan Anda. Lebih lagi, saat Anda dihadapkan suatu masalah yang membingungkan, dengan pengalamannya, sang mentor bisa memberikan jalan keluar terbaik.  

Ajang Bertukar Informasi

source : pexels

Pada dasarnya, dunia bisnis terus berkembang dari waktu ke waktu. Untuk itu, informasi bisnis ter-update sangat dibutuhkan bagi para anggotanya.  

Seperti disinggung sebelumnya, komunitas bisnis sering kali menggelar seminar atau diskusi terbuka baik secara offline maupun online. Dari ajang inilah, biasanya dimanfaatkan bagi seluruh anggotanya untuk bertukar informasi.

Baca juga: 7 Manfaat Mengikuti Seminar Bisnis, Pemula Wajib Ikut Nih!

Diatas merupakan manfaat yang bisa Anda dapatkan saat Anda tergabung dalam komunitas bisnis. Namun, selain manfaat yang disebutkan diatas, komunitas bisnis juga bisa menjadi wadah bagi para anggotanya untuk menjalin koneksi sesama pebisnis.

Akan tetapi, jika Anda memiliki pandangan lainnya tentang manfaat komunitas bisnis. Boleh ceritakan pengalamannya di kolom komentar ya! Terima kasih!