Consumer Insight Serta Pentingnya Terhadap Sebuah Bisnis

-

Consumer insight menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda pahami saat menjalankan bisnis. Tidak bisa dipungkiri, prioritas teratas dalam roda perputaran bisnis adalah konsumen.

Karena hal itulah, Anda perlu mengenal konsumen Anda secara menyeluruh, salah satunya adalah dengan mengetahui apa yang dibutuhkannya. Nah, salah satu solusi jitu untuk mengenali konsumen Anda lebih dalam adalah dengan menerapkan konsep consumer insight.

Baca juga: 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Bahkan, tak jarang lahirnya inovasi produk atau bahkan ide produk baru hasil dari kekuatan konsep consumer insight. Oleh karena itu, melihat begitu pentingnya consumer insight tak jarang pada perusahaan-perusahaan besar ada posisi tertentu yang mengurus bagian ini.

Lantas secara definitif apa itu consumer insight? Apa manfaatnya dan bagaimana cara mengoptimalkan consumer insight saat menjalankan bisnis? Jangan khawatir, pada artikel kali ini KAWN coba jelaskan semuanya. Simak baik-baik ya!

Consumer Insight, Apa Itu?

source : canva

Sebelum kita ulas lebih dalam, ada baiknya jika kita tahu dulu apa itu consumer insight. Dikutip dari laman techtarget, consumer insight merupakan proses memahami atau mengenali konsumen secara menyeluruh mulai dari perilaku, minat dan pola pikir pelanggan saat membeli produk maupun layanan yang diterimanya.  

Dengan proses ini, Anda akan mendapatkan feedback dari konsumen yang bisa Anda jadikan bahan untuk mengevaluasi serta melakukan inovasi maupun perbaikan terhadap produk atau layanan ke depannya. Selain itu, dengan data-data yang dihasilkan dari consumer insight, Anda dapat menjalankan strategi marketing yang tepat sasaran dan tentunya akan menghemat biaya juga.

Untuk itu, jika Anda sedang merintis sebuah bisnis, disarankan untuk menjalankan konsep consumer insight. Pasalnya, ketika Anda sudah memahami keinginan dan kebutuhan konsumen, kemungkinan besar produk atau layanan Anda akan terjual dalam jumlah yang banyak. Dan tentunya repeat order dari konsumen bukan suatu hal yang mustahil terjadi.

Manfaat Consumer Insight Bagi Perusahaan

source : canva

Dari yang sudah diuraikan diatas dapat disimpulkan bahwa consumer insight adalah konsep yang harus diperhatikan dan penting untuk dijalankan bagi pebisnis saat ini. Lantas, apa saja manfaat lainnya dari consumer insight?

1. Indikator Pengembangan Produk

Dengan consumer insight memungkinkan Anda untuk mendapatkan data yang bisa dimanfaatkan sebagai pertimbangan dalam meningkatkan produk, fitur dan keputusan perusahaan lainnya demi memberikan kepuasan terhadap pelanggannya.

Baca juga: Kepuasan Pelanggan, Terapkan Cara ini untuk Mengukurnya

2. Memperluas Pasar

Consumer insight dapat membantu Anda untuk melihat segmen pasar lainnya yang memungkinkan untuk Anda masuki. Begitupun sebaliknya, Anda bisa meninggalkan segmen pasar yang tidak memberikan profit terhadap bisnis Anda.

3. Menentukan Harga yang Tepat

Manfaat lainnya dari consumer insight adalah memungkinkan Anda untuk menentukan harga yang ideal terhadap produk yang Anda jual. Pasalnya, tidak sedikit insight dari pelanggan terkait masalah harga.

4. Identifikasi Tren Baru

Tidak sedikit pula dari konsumen yang membocorkan kepada Anda tentang tren yang sedang berlangsung. Bahkan, menariknya tren ini bisa diprediksi sebelumnya lho! Dengan begitu Anda bisa melakukan inovasi terhadap produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

5. Identifikasi Kompetitor

Data dari consumer insight akan memberikan informasi tentang kompetitor brand Anda, mulai dari siapa, apa keunggulannya, bagaimana produknya maupun layanannya. Karena konsumen biasanya sudah mencoba berbagai brand berbeda sebelum menjatuhkan pilihannya terhadap brand Anda.

Baca juga: Kompetitor dalam Berbisnis, Ambil Positifnya Saja!

6. Identifikasi Strategi Pemasaran

Yang terakhir adalah manfaat dari consumer insight yang dapat membantu pebisnis dalam merancang strategi pemasaran dan promosi yang lebih efektif untuk menjangkau audiens yang ditargetkan demi meningkatkan engagement dan penjualan.

Optimalkan Consumer Insight dengan Cara Berikut

source : canva

Setelah mengetahui apa itu consumer insight beserta manfaatnya, selanjutnya kita bahas beberapa cara untuk mengoptimalkan consumer insight dalam bisnis.

1. Kumpulkan dan Analisis Data

Ini bisa menjadi dasar saat Anda hendak menjalankan konsep consumer insight, yakni mengumpulkan dan menganalisis data sebanyak-banyak dari pelanggan. Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini tersedia beberapa tools untuk mendapatkan itu semua, dari mulai dari google analytics, media sosial atau e-commerce.

Dari data yang sudah Anda analisis tersebut nantinya Anda dapat mengetahui minat, perilaku dan juga pola pikir pelanggan dalam melihat dan membeli produk Anda.

2. Riset Konsumen

Selain mengumpulkan data, menjalankan riset terhadap konsumen menjadi salah satu cara optimal juga untuk mengumpulkan insight dari konsumen. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti dengan mengadakan focus group discussion, melakukan survei atau menelepon secara langsung. Nantinya, Anda bisa mengetahui hal apa saja yang harus diperbaiki dari produk atau layanan yang Anda berikan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Riset Konsumen Penting bagi Pengembangan Produk

3. Manajemen Pemasaran

Selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan manajemen pemasaran dengan baik melalui manajemen pemasaran, Lalu Anda juga bisa mengetahui tingkat efektivitas promosi atau iklan yang sudah Anda jalankan.

4. Kumpulkan Consumer Feedback

Cara lain untuk memaksimalkan consumer insight adalah dengan mengajukan customer feedback. Caranya, Anda bisa mengirim survei maupun kuesioner yang bisa menghasilkan insight kuat terhadap kualitas produk maupun layanan yang Anda berikan.

Penting untuk dicatat bahwa survei pelanggan merupakan metode yang  paling umum dan paling banyak dilakukan perusahaan untuk mendapatkan consumer insight sejak dahulu. Salah satu cara sederhananya adalah dengan memberikan selebaran kuesioner. Namun di era yang serba digital seperti saat ini mengirimkan email, link google docs atau kolom website bisa digunakan untuk melakukan survei secara online oleh para konsumen.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda

5. Third Party Data

Cara selanjutnya dalam mengoptimalkan consumer insight adalah dengan third party data atau data yang berasal dari pihak ketiga.

KawanKAWN Kini banyak sudah contoh perusahaan yang berhasil mengembangkan bisnisnya dari dilakukannya consumer insight. Bagaimana? masih ragu untuk mulai menjalankan consumer insight?

Oh iya! jika Anda punya pernah menjalankan consumer insight dan mendapatkan dampak positif yang cukup signifikan terhadap bisnis Anda. Boleh berbagi pengalamannya di kolom komentar ya! Kami tunggu!