Parsel merupakan salah satu tradisi unik yang biasa dilakukan umat muslim menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran. Biasanya, parsel dikirimkan dari seseorang kepada klien bisnis, partner atau kolega sebagai bentuk ucapan selamat hari raya Idul Fitri.
Isi dari parsel pun sangat beragam, mulai dari piranti makanan, buah-buahan, perlengkapan sholat hingga pakaian muslim. Namun tentu saja, yang paling umum dari isi parsel adalah produk makanan dan minuman kemasan. Selain itu, biasanya dalam parsel terselip sebuah kartu ucapan lebaran.
Fenomena parsel jelang lebaran pun dapat terlihat dari membludaknya pembeli di pusat penjualan parsel, seperti di kawasan Cikini, Jatinegara serta Barito yang berada di Jakarta Selatan. Sehingga, dapat disimpulkan, kalau parsel merupakan bisnis yang cukup menarik dan menjanjikan saat menjelang lebaran tiba.
Pernyataan pun selaras dengan ujaran dari pakar marketing, Yuswohady pada cnbcindonesia.com, bahwa "parsel akan lebih happening dibanding yang lalu-lalu, karena kita tidak boleh mudik, berarti oleh-oleh berupa parsel akan dikirim ke kampung, dan saya prediksikan parsel ini akan lebih banyak peminatnya,"
Baca juga: Mudik Lebaran Dilarang, Ladang Cuan bagi Startup Logistik
Melihat begitu menariknya bisnis parsel jelang lebaran, adakah tips khusus yang bisa dijalankan bagi pebisnis parsel pemula? Tentu saja ada! Pada kesempatan kali ini, KAWN coba mengulas beberapa tips saat membangun bisnis parsel. Melansir koinworks.com, berikut ulasannya.
Cari Pemasok Parsel yang Tepat

Satu komponen yang penting saat pertama kali membangun bisnis parsel, yakni mencari supplier atau pemasok yang tepat. Dalam mencari pemasok pun terbilang susah-susah gampang, bukan hanya mencari perlengkapan dan isi parsel dengan kualitas terbaik, namun juga perlu diperhatikan dari segi harganya, karena harga bahan baku akan menentukan keuntungan yang akan Anda dapatkan.
Selain itu, jika Anda menjual parsel berisikan makanan dan minuman kemasan. Satu hal yang paling penting untuk diperhatikan, yakni tanggal kedaluarsanya. Jangan sampai, barang yang sudah Anda pesan memiliki tanggal kadaluarsa yang singkat atau bahkan lebih parahnya sudah mencapai lewat kedaluarsa.
Latih Kemampuan Mengkreasikan Parsel

Sejatinya, bisnis parsel tidak hanya menjual isi barangnya saja, melainkan menjual kreativitas dari kemasannya juga. Untuk itu, sebelum memulai bisnis parsel, luangkan waktu Anda untuk melatih kemampuan dalam membuat parsel yang menarik. Tentunya, kemasan yang menarik selalu menjadi buruan dari para pembelinya.
Variasikan bentuk dan hiasan biar lebih unik dan menarik dari penjual parsel yang lain. Anda bisa belajar secara otodidak melalui Internet atau mengikuti kursus. Selain itu, selalu up to date terhadap tren atau model parcel yang sedang populer.
Ketahui Target Market dari Bisnis Parsel

Selanjutnya, penting bagi Anda untuk mengetahui tentang target market dari bisnis parsel. Sesungguhnya, parsel sendiri banyak dibeli oleh individu atau perusahaan yang ingin mengirimkannya sebagai bingkisan kepada klien, kolega, kerabat dan keluarga yang merayakan hari raya Idul Fitri.
Baca juga: Memahami tentang Target Pasar, Apa dan Bagaimana?
Untuk itu, saat memasarkan parsel Lebaran nanti, Anda bisa menyasar perusahaan-perusahaan. Atau untuk permulaan, coba Anda mulai tawarkan parsel Lebaran kepada orang-orang terdekat.
Tentukan Jenis, Ukuran dan Harga Parsel

Guna mengakomodir permintaan konsumen yang berbeda-beda, ada baiknya jika Anda menyajikan parsel dengan berbagai macam jenis, ukuran serta harga. Tipsnya, Anda bisa mengaplikasikan parsel dengan 3 ukuran, yakni small, medium dan large.
Dimana masing-masing ukuran tersebut memiliki isi dan harga yang jelas berbeda. Lalu, selain parsel yang berisikan makanan dan minuman kemasan, patut dicoba juga Anda sediakan parsel dengan isian piranti makan, pakaian muslim serta peralatan sholat.
Baca juga: Pentingnya Memperhatikan Ukuran Kemasan untuk Produk Baru
Promosikan

Langkah terakhir dalam mempersiapkan bisnis parsel lebaran adalah dengan melakukan promosi. Karena melakukan promosi sangatlah penting untuk memperkenalkan bisnis parsel lebaran kepada konsumen.
Anda bisa melakukan berbagai hal untuk mempromosikan bisnis parsel Anda, misalnya dengan menggunakan media sosial, mencetak brosur, bahkan bisa dari mulut ke mulut. Semakin gencar Anda melakukan promosi, maka semakin besar pula kemungkinan parsel Anda laku terjual.
Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan
Belakangan, parsel memiliki peranan yang cukup penting saat momen hari raya Idul Fitri. Karena, parsel bisa menjadi media silaturahmi yang cukup bermakna, disaat raga tidak bisa bertatap muka secara langsung.
KawanKAWN, diatas sedikit penjelasan tentang bisnis parsel yang kian menarik menjelang lebaran tiba. Namun, jika Anda pengusaha parsel yang sudah merasakan manisnya keuntungan yang didapat, silahkan ceritakan pengalamannya di kolom komentar ya! Terima kasih!
Ditunggu artikel selanjutnya!