5 Cara Berbisnis ala CEO Alibaba Jack Ma

-

Pasti Anda tentu pernah mendengar nama Jeff Bezos, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg, bukan? mereka adalah jajaran para pengusaha sukses dalam bidang teknologi internet, bahkan salah satu dari mereka masuk kedalam 10 orang terkaya di dunia. Tapi, kalau mendengar nama Jack Ma, apa yang terlintas pertama kali di pikiran Anda?

Jack Ma adalah seorang pendiri salah satu e-commerce asal China dan menjadi perusahaan marketplace terbesar di dunia yang bernama Alibaba. Pada tahun 2014, perusahan ini berhasil dinobatkan menjadi situs yang ramai dikunjungi dan memperoleh hasil keuntungan ratusan triliun.

Baca juga : 8 Keuntungan Bisnis E-Commerce yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum sukses seperti sekarang dan melakukan ekspansi perusahaan di berbagai negara, Jack Ma jatuh bangun dalam membangun bisnisnya. Sempat ditolak karena ide bisnisnya begitu tidak masuk akal dan beberapa temannya mengatakan bahwa bisnisnya tidak akan bisa berkembang.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1999 ternyata semakin lama berkembang, berkat kegigihan dan kerja keras Jack Ma berhasil mengubah prasangka terhadap bisnisnya. Pada tahun 2016 Jack Ma diberikan kesempatan untuk sharing pengalaman berbisnis di World Economic Forum, berikut ini beberapa point penting yang dia sampaikan cara berbisnis.

Inovatif

Satu hal yang perlu dimiliki oleh para pengusaha, yaitu inovatif. Sebagai pengusaha harus dituntut selalu berinovasi dan berkreasi untuk mengembangkan sebuah bisnis. Seperti yang dilakukan oleh Jack Ma saat membuat Alibaba, dia dapat dikatakan orang pertama yang membangun bisnis e-commerce marketplace di China.

Baca juga : Jack Ma : Platform Digital dan Inovasi Mengubah Negara

Ide-ide inovatif nya sampai membuat perusahaan kelas dunia, jauh dan gagal sudah menjadi bagian perjalanan Jack Ma. Namun, ketika ide yang digagas gagal di eksekusi, Jack Ma mencari cara lain atau ide lain untuk membuat perusahaannya terus berkembang.

Tidak sampai membuat perusahaan saja, tapi Jack Ma terus memberikan inovasi pada produk layanannya guna dapat diterima oleh pengguna. Jadi, tidak heran apabila perusahaan yang didirikan sejak 1999 sampai saat ini berhasil melakukan ekspansi di berbagai negara.

Fokus pada pelanggan

Dalam dunia bisnis, kita mengenal siapa yang kuat dia akan menang. Semenjak Alibaba berhasil menjadi marketplace terbesar di China dan dikenal oleh dunia. Barulah pertarungan bisnis dimulai, semakin banyak e-commerce yang bermunculan sebagai pesaing Alibaba.

Baca juga : Tips Untuk Meningkatkan Fokus Pelanggan

Banyaknya pesaing atau kompetitor dari Alibaba membuat Jack Ma tidak takut menghadapinya, justru dia meningkatkan lagi pelayanan kepada pelanggan yang tidak didapatkan oleh kompetitor.

Menurut Jack Ma pelanggan adalah raja, apapun yang mereka butuhkan Alibaba harus bisa penuhi. Selain itu, Jack Ma juga berpendapat bahwa kepuasaan pelanggan lebih dari apapun termasuk margin atau keuntungan yang di dapat. Dengan pelayanan tersebut, pelanggan akan tetap betah pada produk yang dia buat.

Menangkap peluang

Pada saat diwawancara, Jack Ma mengatakan bahwa peluang itu selalu ada, tapi bagaimana cara kita melihat peluang tersebut. Di tahun 1990-an internet di China sedang ramai diperbincangkan, di samping itu pengusaha dan juga tingkat konsumsi suatu barang juga meningkat.

Baca juga : 6 Cara Menangkap Peluang Usaha yang Tepat dan Berpotensi

Dengan ide kreatif dan inovatifnya Jack Ma mendirikan Alibaba, sebuah perusahaan marketplace yang dapat membantu para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya dengan menggunakan teknologi internet. Seiring berjalannya waktu para pengusaha di China menjual dagangannya di Alibaba.

Internet dan juga para pengusha di China adalah bentuk dari peluang Jack Ma untuk membuat perusahaan Alibaba.

Abaikan haters

Perjalanan Jack Ma membuat perusahaan Alibaba sangat dramatis dan penuh cibiran berbagai pihak termasuk orang terdekatnya. Namun, dia tidak terlalu memperdulikan omongan orang lain, berkat itulah membuat Jack Ma terus fokus melakukan inovasi untuk produknya.

Baca juga :  Manfaatkan Haters, Rahasia Sukses Gibran Kelola Bisnis

Satu hal yang hanya dipikirkan oleh Jack Ma dalam berbisnis adalah terus inovasi untuk produk yang dijalankan, tidak peduli apa komentar orang lain dan tidak peduli para pesaing atau kompetitornya.

Karena kegigihan dan ide briliannya tidak berselang lama produk Alibaba diluncurkan Jack Ma menciptakan produk pendukung, yaitu Alipay. Produk ini merupakan sebuah pembayaran khusus bagi pelanggan Alibaba untuk memudahkan transaksi dan sampai saat ini Alipay menjadi salah satu metode pembayaran digital terbesar di China.

Berani gagal

Seperti halnya petinju yang selalu ada resiko untuk kena pukulan, berbisnis juga memiliki resiko untuk gagal. Menurut Jack Ma kegagalan adalah suatu yang pasti terjadi di dalam berbisnis atau membangun sebuah bisnis.

Baca juga :  Berani Gagal Berwirausaha

Perjalanan 2 tahun Alibaba cukup berat, hampir saja gagal dan bahkan tutup selamanya karena kurangnya pendanaan dan juga keuntungan dari para pengusaha dan juga pengiklan. Namun, Jack Ma menghadapi hal tersebut dengan tentang dan terus melakukan inovasi.

Jack Ma juga mengatakan kegagalan tidak hanya diawal saja, tapi masih ada kegagalan berikutnya yang sedang menanti bisnis kita.

Berikut merupakan cara berbisnis CEO Alibaba Jack Ma, menurut Anda cara mana yang paling berkesan dan pernah lakukan untuk bisnis Anda. Tulis di kolom komentar dibawah ini ya!