5 Bisnis yang Cocok untuk Pemula

-

Bagi orang yang telah menyelesaikan jenjang pendidikannya, banyak yang memutuskan untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. Namun tidak sedikit pula yang memutuskan untuk membangun usahanya sendiri. Memang dibutuhkan keberanian dan tekad yang kuat bila seseorang ingin memulai suatu bisnis, terlebih dia adalah seorang pemula.

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Berbisnis mungkin bagi beberapa orang awam hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman. Padahal, semua orang bisa menjadi pebisnis, tanpa mengenal latar belakang pendidikan, gender maupun usia. Memang dibutuhkan banyak wawasan untuk berbisnis, karena bisa menjadi referensi bagi Anda untuk memulai sebuah bisnis baru.

Baca juga : 5 Peluang Bisnis Saat Pandemi COVID-19

Banyak jenis bisnis di Indonesia ini yang cocok untuk pemula dan mungkin bisa Anda coba, salah satunya adalah bisnis franchise. Melansir dari folderbisnis.com, berikut adalah rekomendasi bisnis yang cocok untuk seorang pemula.

Bisnis Franchise

Banyak yang percaya, bahwa bisnis franchise atau waralaba merupakan bisnis yang mudah dijalankan dan sangat menguntungkan, namun langkah awalnya adalah Anda harus memilih franchise yang tepat dan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Ada banyak pilihan franchise yang bisa Anda pilih dengan produk yang berbeda-beda. Anda bisa saja memilih produk minuman thai tea, ayam krispi, makanan kebab dan masih banyak lagi

Baca juga : 4 Tips Penting Memulai Bisnis Waralaba untuk Pemula

Pilihannya pun cukup beragam, ada yang menawarkan dengan fasilitas rumah makan dan ada juga yang menawarkan dengan konsep kaki lima yang pastinya harganya lebih murah. Implementasi dari bisnis ini juga harus tepat, seperti dalam hal memilih tempat untuk berjualan, pastikan di tempat tersebut masih minim persaingan, supaya bisnis Anda bisa menarik banyak pelanggan.

Dengan memilih bisnis franchise, Anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan konsep sampai menyiapkan seluruh perlengkapannya. Jadi, sepertinya bisnis franchise ini sangat cocok bagi Anda yang seorang pemula.

Bisnis Kuliner Kekinian

Bisnis kuliner atau makanan merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dari segi keuntungan. Sudah banyak pelaku bisnis yang membuka bisnis kuliner. Bahkan ada beberapa yang mematok harga mahal pun masih saja diburu para pecinta kuliner. Namun tetap saja harus perhatikan aspek kualitas makanan dan pelayanan. Tak terkecuali pada bisnis makanan kekinian.

Ya, kuliner kekinian bisa jadi bisnis yang menguntungkan untuk Anda seorang pemula. Sebut saja, seperti minuman boba, bakso beranak, es dalgona dan thai tea. Sebenarnya, kunci sukses pada bisnis kuliner ini bergantung pada tren atau hal yang sedang viral. Sebagai contoh, Anda bisa saja memodifikasi kuliner tradisional dengan menambahkan hal yang baru atau yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

Apabila Anda ingin membuka bisnis kuliner kekinian, Anda harus bisa memancing rasa penasaran calon pelanggan dengan nama, rasa hingga bentuk dari makanan itu sendiri. Selain itu, Anda juga harus jeli melihat tren yang sedang atau akan viral sehingga tidak akan ketinggalan dari pada pesaingnya.

Bisnis Perlengkapan Bayi (baby shop)

Banyak orang tahu bahwa, perlengkapan dan pakaian bayi masa pemakaiannya lebih singkat dibandingkan orang dewasa, sehingga hal ini membuat orang tua harus lebih sering berbelanja untuk bayinya. Ini menjadi kesempatan untuk berbisnis bagi beberapa orang, tak terkecuali bagi pemula. Ya, bisnis perlengkapan bayi memang tidak akan ada matinya.

Modalnya memang cukup besar, karena Anda harus menyewa tempat untuk membuka toko. Tetapi, jika toko perlengkapan bayi milik Anda sudah dikenal masyarakat luas, keuntungan akan terus mengalir begitu saja.

Ada 3 point penting yang harus dipersiapkan saat akan membuka bisnis baby shop ini, pertama adalah dengan mencari produsen atau pemasok barang perlengkapan bayi yang berkualitas dan tidak mudah rusak, kedua mengikuti tren perlengkapan bayi, dan yang tak kalah terpenting adalah ketiga mencari karyawan yang mau kerja keras dan dapat dipercaya.

Dropshipper atau Reseller

Bisnis dropshipper atau reseller bukanlah hal yang sulit, karena Anda tak membutuhkan modal untuk bisa menjalankannya, sehingga bisnis ini sangat cocok untuk para pemula. Modal yang harus Anda miliki adalah smartphone, kuota internet dan rajin membujuk orang untuk tertarik dengan produk yang Anda jual.

Baca juga : Dropshipper VS Reseller, Lebih Baik yang Mana?

Menjadi dropshipper atau reseller sama halnya Anda menjualkan produk orang lain. Bagusnya lagi, Anda tidak perlu membelinya terlebih dahulu untuk bisa dijual kembali. Anda hanya perlu memasang katalog di sosial media atau memasarkan foto-fotonya secara online saja.

Kreativitas dan rajin dalam melakukan promosi menjadi hal penting yang harus dimiliki untuk sukses menjalankan bisnis ini. Karena, Anda harus bersaing dengan dropshipper atau reseller lain yang menjual produk yang sama dengan Anda.

Bisnis Makanan Ringan (snack)

Mungkin bisnis makanan ringan dianggap sebagai bisnis yang paling mudah dijalankan dan tidak membutuhkan modal besar. Bisnis makanan ringan ini terbilang cukup minim resiko, namun resiko kerugian ini tetap saja ada jika Anda tidak menjalankan dengan benar dan teliti. Sepertinya semua orang bisa menjalankan bisnis ini.

Untuk bisa berbisnis makanan ringan, Anda bisa memasaknya atau membuatnya sendiri, namun bisa juga dengan mengambil dari produsen makanan kemudian Anda kemas kembali dengan merek dagang yang sudah Anda siapkan. Adapun makanan ringan yang bisa Anda jadikan ladang bisnis seperti keripik singkong, makaroni pedas, macam-macam kerupuk dan makanan ringan lainnya yang banyak disukai orang.

Untuk memulai sebuah bisnis, tidak dianjurkan untuk langsung dengan yang besar, Anda dapat memulainya dari usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Kekuatan relasi dan komunitas seperti perlu, jadi jangan sungkan untuk mencari referensi dan ilmu baru lainnya ya, dari daftar diatas yang telah kami rangkum, kira-kira bisnis apa nih yang akan Anda jalankan, tulis di kolom komentar ya!