Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Dibawa Pulang

-

Semarang sebagai Ibukota Jawa Tengah tentunya memiliki potensi wisata yang cukup menarik perhatian, sebut saja Kelenteng Sam Po Kong, Umbul Sidomukti, Lawang Sewu, Benteng Pendem serta Pantai Tirang. Akan tetapi, selain sederet daftar wisata yang mempesona, Semarang juga menyimpan kekayaan kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Bahkan, salah satu alasan wisatawan datang ke Kota Semarang karena kuliner khasnya.

Baca juga: Kuliner di Kota Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Selain kuliner yang dapat dinikmati di tempat, banyak juga yang bisa dijadikan oleh-oleh atau buah tangan saat kembali ke kota asal. Karena dengan membawa oleh-oleh, tentu saja akan membuat liburan Anda di Kota Semarang semakin berkesan. Untuk itu, jangan lupa bawa oleh-oleh ya, saat Anda pulang ke kota asal.

Lantas, apa saja oleh-oleh khas Semarang yang perlu Anda bawa pulang? Melansir javatravel.net, berikut daftarnya.

Oleh-oleh Wajib Kota Semarang: Lumpia

source : sajiansedap.grid.id

Apa yang terlintas dipikiran Anda saat disodorkan dengan kata “Semarang” dan “oleh-oleh”, kita pasti sepakat kalau lumpia lah yang menjadi jawabannya. Karena banyak yang beranggapan, tidak sah rasanya bila berwisata di Semarang kalau tidak membawa oleh-oleh lumpianya.

Baca juga: Berawal dari Kisah Cinta, Ini 6 Fakta Unik Sejarah Lumpia yang Perlu Diketahui

Dibuat dengan resep yang sudah turun-temurun dengan rasa yang lezat, membuat lumpia Semarang begitu istimewa. Jika Anda ingin mencicipi kelezatan lumpia Semarang, Anda bisa datang ke beberapa kedai yang cukup legendaris, seperti Lumpia Mbak Lien, Lumpia Cik Me Me serta Lumpia Gang Lombok.

Rasanya gurih, dengan tekstur yang renyah di luar dan relatif lebih lembut di dalam. Kebanyakan, lumpia khas Semarang berisi rebung atau tunas bambu muda. Ada dua jenis lumpia Semarang, selain lumpia kering, ada juga lumpia basah yang keduanya bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Perbedaan yang paling ketara dari keduanya, yakni dari tampilan warnanya. Lumpia kering berwarna coklat keemasan hasil proses menggoreng, sedangkan lumpia basah berwarna putih karena tanpa adanya proses menggoreng.  

Ikan dengan Duri yang Lunak: Bandeng Presto

source : google image

Lumpia memang bertengger di urutan pertama sebagai oleh-oleh khas Semarang, namun ada satu lagi makanan khas Semarang yang wajib Anda bawa pulang, yakni bandeng presto. Ikan bandeng dimasak dengan berbagai macam bumbu dan menggunakan panci presto dengan suhu yang tinggi. Hasilnya, bukan hanya rasa daging ikan yang lezat, namun juga teksturnya yang empuk hingga ke bagian duri.

Agar bandeng presto dapat awet cukup lama, biasanya oleh-oleh ini dikemas menggunakan plastik kedap udara. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mendapatkan bandeng presto dalam keadaan basi.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Bahan Baku Kemasan untuk Bisnis F&B

Ada beberapa rekomendasi bandeng presto yang ada di Kota Semarang, salah satunya yang paling terkenal adala Bandeng Juwana dan Rumah Bandeng Hj. Djum. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 30.000, Anda sudah bisa membawa oleh-oleh 1 ekor Bandeng Presto Juwana. Bagaimana, tertarik?  

Legit dan Pastinya Bikin Ketagihan: Wingko Babat

source : inews.id

Wingko merupakan kue tradisional yang terbuat dari ketan, tepung beras, gula dan campuran parutan kelapa. Anda akan menemukan rasa manis dan legit saat pertama kali mencicipi kue ini.  

Baca juga: Resep Sederhana Membuat Wingko Babat yang Empuk dan Legit

Ada cerita menarik yang melatarbelakangi nama kue ini. Kabarnya, wingko berasal dari Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur, namun, popularitasnya justru menanjak setelah dijual di Semarang. Sejak saat itulah, predikat oleh-oleh khas Semarang melekat pada wingko babat.

Anda tidak perlu bingung saat mencari wingko babat untuk dibawa pulang, karena sudah banyak toko oleh-oleh yang menjual makanan ini. Namun, beberapa merek yang tidak perlu diragukan rasanya, seperti Wingko Babat cap Kereta Api, Wingko Babat Dyriana dan Wingko Babat cap Tiga Kelapa Muda.

Oleh-Oleh bagi Penikmat Kopi: Kopi Banaran

source : google image

Orang tua, saudara atau rekan Anda pecinta kopi? Tidak usah bingung, bawakan saja oleh-oleh kopi saat berwisata ke Kota Semarang. Sama seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Semarang juga menghasilkan kopi yang sangat nikmat untuk Anda cicipi, Kopi Banaran namanya.

Kopi ini merupakan olahan kopi dari PT. Perkebunan Nusantara IX Jateng. Perkebunan yang berada di ketinggian sekitar 480-600 meter diatas permukaan laut ini, menghasilkan biji kopi robusta yang berkualitas tinggi. Selain menghasilkan biji kopi unggulan, kebun ini juga menjadi objek wisata yang patut Anda datangi.

Baca juga: Serba-Serbi Biji Kopi

Karena rasanya yang begitu nikmat, banyak yang menjadikan Kopi Banaran sebagai oleh-oleh saat bertandang ke Kota Semarang. Bahkan, melansir cnnindonesia.com, Kopi Banaran berhasil melanglang buana hingga ke luar negeri, mulai dari Italia, Amerika Serikat, Jepang hingga China.

Baca juga: Berencana Travelling ke Jepang? Yuk, Mari Bekali Pengetahuan Kuliner Khas Jepang

Semarang juga Punya Kue Moci: Moaci Wijen Namanya

source : google image

Bisa dikatakan, mochi merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang bisa ditemukan di kota lainnya. Namun, mochi khas semarang sedikit berbeda dengan mochi pada umumnya, Mochi Semarang berisikan kacang halus yang ditambahkan biji wijen pada bagian luarnya. Bahkan, Semarang menyematkan nama khusus pada cemilan ini, yakni moaci wijen.  

Baca juga: Sejarah Kue Mochi, Fakta Unik, hingga Variasinya

Moaci wijen paling terkenal di Kota Semarang adalah Moaci WIjen Gemini. Terdapat dua varian rasa yang ditawarkan Moaci Wijen Gemini, yakni rasa original dan durian. Tak perlu bingung, jika ingin menjadikan Moaci Wijen Gemini sebagai oleh-oleh saat pulang ke kota asal, karena Anda dapat dengan mudah menemukan moaci wijen di toko oleh-oleh di sepanjang Jalan Pandanaran.

KawanKAWN, berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas kota Semarang yang wajib Anda bawa pulang. Jadi, jika Anda sedang berlibur di Kota Semarang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh tersebut ya! Oia, kalau Anda punya daftar oleh-oleh khas Semarang lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya, terima kasih!