Kuliner Tersembunyi Namun Tak Pernah Sepi di Jakarta Selatan

-

Jakarta memang menawarkan ragam kuliner yang sangatlah lengkap, tak terkecuali untuk kawasan Jakarta Selatan. Sebagai ibu kota Indonesia, tentu wajar saja kalau banyak tempat kuliner, baik itu restoran maupun kaki lima yang mudah Anda jangkau. Jadi, pernahkah Anda bayangkan keberadaan kuliner yang letaknya sangat tersembunyi namun tak pernah sepi pengunjung.

Baca juga : 5 Rekomendasi Tempat Makan Enak di Kemang, Jakarta Selatan

Sepertinya akan jadi sensasi tersendiri ya! kalau sesekali Anda menelusuri tempat makan yang tersembunyi di Jakarta Selatan. Memang perlu sedikit usaha ekstra, tapi selama tempat kuliner itu punya sajian yang enak dan bikin Anda penasaran, menelusuri lebih dalam pun sepertinya tidak akan jadi masalah. Nah, berikut daftar kuliner di Jakarta Selatan yang KAWN rangkum yang bisa Anda kunjungi meskipun letaknya tersembunyi.

Baca juga : Destinasi Wisata Tersembunyi di Jakarta yang Patut Dikunjungi

Nasi Ulam Ibu Yoyo - Gang Dogol Kuningan Jakarta Selatan

Rekomendasi pertama dalam daftar KAWN adalah Nasi Ulam Ibu Yoyo. dilansir dari food.detik.com Nasi Ulam Ibu Yoyo memang lokasinya cukup tersembunyi, berada di kawasan bisnis Mega Kuningan yang tepatnya berada di Gang Dogol atau di belakang Mall Ambassador. Meski cukup tersembunyi, Nasi Ulam Ibu Yoyo tak pernah sepi pengunjung, karena berada di kawasan perkantoran, jadi jangan kesini disaat jam makan siang ya! dijamin Anda akan akan mengantri panjang untuk dapat menikmati kuliner ini.

Nasi Ulam sendiri adalah kuliner khas Betawi yang terdiri dari nasi putih dengan taburan serundeng, irisan mentimun dan daun kemangi yang biasanya dimakan dengan berbagai macam lauk pauk seperti ayam goreng, empal sapi, dan semur jengkol. Untuk harga seporsi nasi ulam dibanderol Rp 8.000, sedangkan untuk lauk pendamping dihargai sekitar Rp 3.000 hingga Rp 16.000. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi kuliner ini?

Alamat : Gang Dogol, Jl. Karet pedurenan no. 3 Kuningan - Jakarta Selatan

Kisaran harga : Rp 25.000 per orang

Rumah Makan Berkah - Cilandak Timur

Sekilas kalau Anda lihat dari depan, Rumah Makan ini memang tampak cukup sederhana, meski begitu, kelezatan sop Betawi dengan kuah beningnya tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang rela menelusuri gang kecil hanya untuk menikmati seporsi sop daging ini, terlebih di waktu makan siang tiba, bisa dipastikan tidak akan sepi pengunjung.

Baca juga : Sop Daging Berkah, Direbus Berjam-jam Sampai Empuk

Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari jalan utama TB Simatupang, Jakarta Selatan. Rumah Makan Berkah berada di sudut gang kecil jalan Jeruk Purut Jakarta Selatan. Namun, rumah makan yang telah berusia 30 tahun ini lebih dikenal dengan nama Warung Sop Ratu Prabu, karena posisinya persis di belakang gedung perkantoran Ratu Prabu.

Menu andalan di rumah makan ini adalah sop daging sapi dengan potongan daging yang besar namun tetap empuk dan lembut, jadi jangan ditanya lagi untuk rasanya, gurih, segar dan nikmat. Harga yang ditawarkan rumah makan ini pun relatif murah, mengingat porsinya yang lumayan besar yaitu Rp 30.000 satu porsinya, sedangkan ada beberapa pelengkap seperti tahu dan tempe yang dihargai Rp 2.000 sedangkan perkedel Rp 3.000.

Alamat : Jl. Jeruk Purut No.10 Cilandak Timur - Jakarta Selatan

Kisaran harga : < Rp 50.000 per orang

Gado-gado PLN - Duren Tiga

Hanya kios tenda sederhana berukuran tidak begitu besar, namun banyak orang rela mengantri untuk merasakan kelezatan kuliner ini. Karena tak pernah sepi pengunjung, sering kali Gado-gado PLN Duren Tiga ini bisa habis dalam 4 jam saja, padahal lokasinya yang terbilang cukup tersembunyi, berada di belakang kantor PLN Duren Tiga Jakarta Selatan. Jadi jangan heran kalau mau menikmati kuliner ini Anda diwajibkan ambil nomor antrian terlebih dahulu.

Baca juga : Kalau Ada di Kawasan Duren Tiga, Jangan Lupa Jajan Tongseng dan Gado-gado yang Sedap

Lantas, apa spesialnya kuliner ini? sang pemilik kedai gado gado disini bisa dibilang tidak pelit dengan bumbu kacangnya, sehingga Anda dapat menikmati gado gado dengan balutan bumbu kacang kental dan gurih yang begitu melimpah dan ditambah lagi dengan taburan kerupuk, yang merupakan paduan lengkap yang dapat menggugah selera Anda.  Jadi, jika Anda berencana kulineran kesini, dianjurkan datang sebelum jam 11 atau sebelum jam makan siang ya!

Alamat : Jl. Duren Tiga Selatan 5 Jakarta Selatan (Belakang Kantor PLN)

Kisaran harga : < Rp 30.000 per orang



Kuliner Pasar Santa - Senopati

Pada dasarnya Pasar Santa adalah hanya pasar tradisional yang menjual kebutuhan primer, sayur mayur dan alat bangunan. Namun, sejak direvitalisasi pada tahun 2014 pasar ini berubah menjadi salah satu pusat wisata kuliner dan lokasi hangout di Jakarta Selatan. Pasar tradisional yang letaknya agak tersembunyi ini memang tidak mudah ditemukan, karena tidak berada di pinggir jalan raya.

Baca juga : 12 Tempat Makan di Pasar Santa yang Paling Seru

Untuk varian kulinernya pun sangat beragam, mulai dari kedai kopi, ice cream, ayam krispi hingga makanan tradisional khas Indonesia ada di Pasar Santa ini. Salah satu kuliner terkenal yang ada di Pasar Santa adalah Sate Padang Ajo Ramon dan Kopi Tuku. Sepertinya, bagi Anda yang sudah pernah kulineran di Pasar Santa, pasti setuju kalau weekend adalah waktu dimana Pasar Santa tidak pernah sepi pengunjung.

Alamat : Jl. Cipaku 1 Senopati - Jakarta Selatan

Kisaran harga : Rp 25.000 - Rp 100.000 per orang

Kura Kura Restoran - Cipete Dalam

Mungkin ini adalah satu-satunya kuliner dengan konsep restoran yang masuk dalam rekomendasi KAWN kali ini. Benar saja, restoran Kura Kura berada di Jalan Cipete Dalam yang lokasinya memang tersembunyi, tidak berada di pinggir jalan, seraya ingin keluar dari hiruk pikuk keramaian kawasan Cipete. Tak heran kalau banyak pengunjung yang menyebut tempat makan ini sebagai hidden gem di Cipete Jakarta Selatan.

Baca juga : 3 Restoran Cozy Berkonsep Tematik di Kawasan Cipete

Menyediakan varian makanan khas Italia dan Prancis, restoran Kura Kura menawarkan hidangan yang tak biasa. Semua menu yang terdiri dari appetizer, menu breakfast, main course hingga dessert ini disajikan dengan porsi yang pas dan penyajian yang sangat menarik. Bagaimana, tertarik kulineran di restoran Kura Kura? Sebelum kesini, sebaiknya Anda datang lebih awal mengingat tempatnya yang agak kecil dan tak pernah sepi, atau bila perlu Anda melakukan reservasi dulu ya!

Alamat : Jl. Cipete Dalam No.37a, Cipete - Jakarta Selatan

Kisaran harga : Rp 100.000 - Rp 150.000 per orang


Nah, berikut adalah 5 daftar kuliner tersembunyi di Jakarta Selatan yang tak pernah sepi yang telah KAWN rangkum, walau tempatnya tidak begitu strategis namun tetap laris ya. Kira-kira dari daftar diatas, tempat makan mana yang akan menjadi short runaway Anda akhir pekan ini? tulis di kolom komentar ya!