Kuliner Mantap Khasnya Masyarakat Cilacap, Tertarik Coba?

-

Kuliner selalu menjadi daya tarik dari setiap daerah di Indonesia, tidak terkecuali pada Kabupaten Cilacap. Seperti kita ketahui, Cilacap merupakan salah satu kabupaten atau kota yang berada di kawasan pantai selatan Pulau Jawa. Secara geografis, Kabupaten Cilacap merupakan daerah penghubung antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Karena berada di kawasan pantai selatan, tak ayal membuat Cilacap memiliki deretan wisata pantai yang sangat memukau, mulai dari Pantai Teluk Penyu, Pantai Jetis hingga Pantai Kali Kencana. Namun perlu Anda ingat juga, di Kabupaten Cilacap lah terdapat Pulau Nusakambangan yang merupakan lapas dengan keamanan tingkat tinggi yang ada di Indonesia.

Baca juga: 10 Wisata Pantai di Cilacap Paling Hits Dikunjungi

Selain beberapa fakta tersebut diatas, nyatanya Cilacap juga memiliki segudang kuliner mantap yang menarik untuk di santap. Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari makanan berkuah, makanan kering, aneka minuman, camilan hingga aneka oleh-oleh pun hadir menghiasi keberagaman kuliner khas Cilacap.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jogjakarta yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh karena itu, berwisata kuliner menjadi itinerary wajib saat Anda dan keluarga berlibur di Kabupaten Cilacap. Sebetulnya, begitu banyak kuliner khas dari Tanah Cilacap, namun pada artikel ini KAWN coba mengulas 5 kuliner yang menjadi primadonanya.

Apa sajakah itu? Dikutip dari beberapa sumber, yuk kita ulas satu persatu!

Kuliner Ikonik Kabupaten Cilacap, Brekecek

source : indonesia terhubung

Brekecek merupakan kuliner ikonik yang berasal dari Kabupaten Cilacap. Mungkin, kuliner ini cukup asing terdengar di telinga Anda, namun brekecek merupakan hidangan yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Cilacap.

Dikutip kulinear, dalam Bahasa Cilacap, brekecek berasal dari 2 kata, yakni “brek” yang artinya menjatuhkan, dan ”krecek” artinya dicampur. Penamaan makanan ini berasal dari teknik memasak, dengan menjatuhkan kepala ikan kedalam olahan bumbu dapur yang telah dicampur.

Brekecek sendiri merupakan kuliner berbahan dasar kepala ikan. Ikan yang digunakan merupakan ikan jahan yang banyak ditemukan di muara dan laut dangkal. Kuliner ini tentu tidak lepas dari Kabupaten Cilacap yang merupakan kawasan pesisir sebagai penghasil ikan yang cukup besar.

Baca juga: Mengenal Lebih Rinci Tentang Ikan Jahan

Brekecek menggunakan bumbu rempah yang sangat beragam, mulai dari cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun jeruk, daun kemangi dan lain sebagainya. Secara visual, makanan ini sangat mirip dengan ikan masak rica-rica. Rasanya yang pedas, manis, gurih, asam serta aroma khas dari daun kemangi membuat siapa saja sulit untuk menolak kelezatannya.

Baca juga: Olahan Ikan Dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Yuk Dicoba!

Tergolong Street Food yang Paling Umum di Cilacap, Tahu Brontak

source : dapurkobe

Tahu brontak masuk kedalam kategori street food-nya masyarakat Cilacap. Bisa dibilang, hampir setiap sudut jalan di Kabupaten Cilacap hadir penjaja kuliner ini, tak ayal membuat tahu brontak menjadi salah satu kuliner yang sangat mudah ditemukan.

Bagi penggemar camilan tahu isi, seperti wajib mencicipi tahu yang satu ini. Tahu brontak merupakan makanan berbahan dasar tahu pong yang diisi dengan berbagai macam sayuran, mulai dari wortel, kol dan juga tauge.

Dikutip mytrip123, sebelum digoreng tahu brontak dicelupkan ke dalam kuah santan yang telah dicampur dengan berbagai macam bumbu. Karena proses inilah yang membuat tekstur luar tahu lebih renyah, namun bagian dalamnya tetap lembut dan empuk. Mungkin ini yang menjadi pembeda antara tahu brontak dengan tahu isi pada umumnya.

Baca juga: Perkiraan Modal Awal Bisnis Tahu Krispi

Oleh-Oleh Wajib Khas Cilacap, Keripik Sukun

source : idntimes

Satu hal yang wajib dilakukan saat berlibur ke Kabupaten Cilacap, yakni berburu oleh-oleh keripik sukun. Bagaimana tidak, sebagai penghasil buah sukun terbesar di Jawa Tengah, membuat camilan berbahan dasar sukun sangat mudah ditemukan, salah satunya adalah keripik sukun.

Baca juga: Hasil Panen dan Sentra Produksi Sukun di Indonesia

Teksturnya yang tipis dan renyah, serta rasanya yang manis dan sedikit gurih membuat siapa ketagihan saat mencicipinya. Keripik sukun sangat cocok sebagai pendamping saat minum teh atau menikmati secangkir kopi.

Nasi Leles, Sarapan Paginya Masyarakat Cilacap

source : timesindonesia

Seperti halnya Warga Jakarta yang banyak menjadikan nasi uduk sebagai sarapan paginya, Warga Cilacap juga memiliki hidangan serupa, yakni nasi leles. Secara tampilan, nasi leles mirip dengan nasi kucing khasnya Warga Yogyakarta.

Dimana, nasi putih berukuran yang tidak begitu besar kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Pelengkap hidangan ini cukup sederhana, mulai dari orek tempe, serundeng, ayam goreng, telur dadar hingga bihun goreng.

Ada satu proses yang membuat nasi leles begitu nikmat saat disantap. Setelah matang, nasi putih didinginkan dengan dikipas-kipas, kemudian barulah dibungkus dengan daun pisang. Proses inilah yang membuat aroma nasi leles begitu khas saat dinikmati. Menariknya, dikutip timesindonesia, nasi leles kerap menjadi salah satu menu yang dihidangkan di beberapa hotel di Cilacap lho!

Baca juga: Berbahan Dasar Nasi, Berikut Hidangan yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Kuliner Sate Khas Masyarakat Cilacap, Sate Martawi

source : freepik

Terakhir, ada sate martawi yang menjadi kuliner wajib saat Anda berlibur ke Cilacap. Berbeda dengan sate ayam pada umumnya, sate martawi memiliki potongan daging ayam yang sangat besar. Sampai-sampai, sate ini menggunakan 2 batang tusukan sekaligus.

Sate martawi menggunakan daging ayam yang diberi bumbu terlebih dahulu sebelum dibakar, sehingga memiliki rasa yang gurih dan begitu lezat. Seperti sate ayam pada umumnya, sate Martawi disajikan dengan lontong dan bumbu kacang. Namun bedanya, bumbu kacang yang dipakai pada sate martawi sedikit lebih encer.

Baca juga: Sate, Salah Satu Sajian yang Wajib Anda Coba Saat Mampir Ke Kota-Kota ini!

KawanKAWN, ada yang kurang memang, jika bertandang ke suatu daerah namun tidak menikmati kuliner khasnya. Terlebih jika daerah tersebut memiliki wisata alam yang memesona dan kuliner yang tentunya menggugah selera seperti Cilacap. Diatas merupakan 5 kuliner khas dari tanah Cilacap yang telah KAWN ulas.

Oh iya, jika kuliner khas daerah tempat tinggal Anda ingin KAWN ulas juga, jangan sungkan-sungkan tuliskan di kolom komentar ya! Kami tunggu!