Kediri Punya Kuliner yang Wajib Anda Cicipi, Yuk Kenali Ragamnya!

-

Kediri merupakan salah satu kota kecil yang berada di Jawa Timur. Meskipun masuk kategori kota kecil, daerah dengan julukan kota tahu ini memiliki banyak aspek yang menarik perhatian masyarakat kota lainnya di Indonesia ini, mulai dari sejarah, bangunan atau monumen, wisata alam, kesenian, kebudayaan hingga dunia kuliner.

Monumen misalnya, kota kediri punya monumen yang menjadi ikon kota dan tentu saja menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan, Monumen Simpang Lima Gumul namanya. Tak jarang monumen ini dijadikan background banyak wisatawan yang ingin berswafoto. Dikutip wikipedia, monumen ini didirikan karena terinspirasi dari ramalan Jongko Joyoboyo pada zaman Kerajaan Kediri di abad 12 yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri.

Baca juga: Jongko Joyoboyo, Peninggalan Tak Berwujud yang Terasa Nyata

Cerita Kota Kediri tidak sampai pada sebuah monumen kebanggaan saja. Pasalnya, dunia kuliner juga menjadi salah satu aspek yang menarik untuk diperbincangkan.

Sejak lama Kediri dikenal dengan sebutan kota tahu. Hal ini tidak lepas dari sejarah yang ditulis kedirikota, dimana pada awal 1900-an terjadi migrasi besar-besaran warga Tionghoa masuk ke Indonesia, termasuk wilayah Kediri.

Salah seorang imigran mendapati kesamaan karakteristik air di Kediri dengan air di tanah asalnya, sejak saat itulah dia mulai merintis usaha pembuatan tahu pada tahun 1912. Seiring berjalannya waktu, jumlah industri tahu di Kota Kediri semakin berkembang, hingga sebutan kota tahu melekat pada diri Kota Kediri.

Baca juga: Perkiraan Modal Awal Bisnis Tahu Krispi

Melihat fakta diatas, apakah kuliner Kota Kediri hanya mengandalkan tahu saja? Tentu saja tidak! Nyatanya banyak kuliner lainnya yang bercita rasa lezat dan wajib Anda cicipi saat mampir ke kota ini. Dikutip dari beberapa sumber, berikut daftarnya!

Kuliner yang menjadi Ikon Kota Kediri, Tahu Takwa

source : tribunnews

Kuliner khas Kota Kediri yang paling ikonik adalah tahu takwa. Mungkin Anda sedikit bertanya dalam hati, kenapa namanya “takwa”? Dikutip foodnesia, kata takwa disini dari berasal dari bahasa cina yang artinya aroma. Tahu takwa juga menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Kediri.

Secara visual, tahu takwa tidak ada beda dengan tahu kuning pada umumnya. Namun, aroma dan citarasa tahu takwa tidak akan pernah didapat dari tahu asal kota lainnya di Indonesia ini.

Rasanya yang gurih dengan tekstur yang lembut membuat tahu takwa digemari banyak orang, tidak terkecuali para wisatawan. Selain itu, tahu takwa dibuat menggunakan air dari rebusan bunga lawang kering, sehingga memiliki aroma wangi yang sangat khas.

Pecelnya Masyarakat Kota Kediri, Pecel Tumpang

source : faktualnews

Seperti yang kita ketahui, pecel merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Dikutip mojok.co, setidaknya ada 5 kota di Jawa Timur yang dikenal sebagai penghasil pecel, mulai dari Nganjuk, Madiun, Blitar Ponorogo serta Kediri.

Baca juga: 5 Kuliner Pecel di Jawa Timur, Nikmat dan Tak Boleh Terlewat

Lantas, apa bedanya pecel tumpang khas Kediri dengan pecel lainnya? Sebetulnya pecel tumpang memiliki isian dan pelengkap yang sama, mulai dari nasi, ragam sayuran, peyek bahkan tempe goreng. Namun, bumbu yang digunakan menjadi satu-satunya pembeda antara pecel tumpang dan yang lainnya.

Pecel khas Kediri menggunakan sambal yang diberi nama tumpang. Tumpang sendiri merupakan sambal yang terbuat dari tempe yang dicampur dengan berbagai macam rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, daun salam serta lengkuas. Setelah tercampur rata, ditambahkan pula santan, garam dan gula merah. Pecel tumpang biasanya menjadi menu sarapan bagi kebanyakan warga Kediri.

Lezatnya Nasi yang Digoreng dengan Api Arang, Nasi Goreng Arang

source : pergikuliner

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini? Terbuat dari nasi yang dilengkapi berbagai macam topping, seperti telur, suwiran daging ayam, acar hingga kerupuk, membuat siapa saja sulit untuk menolaknya.

Ya, kita wajib mengakui sebuah fakta bahwa, nasi goreng sudah menjadi makanan favoritnya orang Indonesia. Lantas, apa yang spesial dengan nasi goreng arang khasnya masyarakat Kediri?

Secara tampilan dan bumbu yang digunakan memang hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya. Akan tetapi, nasi goreng khas Kota Kediri dimasak menggunakan api arang.

Dimana, cara memasak seperti itu dapat menimbulkan aroma bakaran yang begitu khas. Tentu saja, hal ini menambah nafsu makan bagi siapa saja yang mencicipinya.

Baca juga: Berbahan Dasar Nasi, Berikut Hidangan yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Sate yang Jarang Orang Tahu, Sate Bekicot

source : kikomunal

Umumnya, sate terbuat dari dari daging kambing, ayam maupun sapi. Namun, pernahkah Anda tahu jika ada sate yang berasal dari daging bekicot?  

Mungkin, ekspresi bagi Anda yang baru mendengarnya akan mengerutkan dahi. Akan tetapi, masyarakat Kota Kediri sendiri sudah sangat familiar menikmati kelezatan seporsi sate bekicot.

Mengolah sate bekicot hampir sama dengan sate pada umumnya. Awalnya, daging bekicot dicuci bersih, dipotong kecil-kecil kemudian dibakar diatas bara api. Bumbu pelengkap yang digunakan pun juga sama, yakni menggunakan bumbu kacang.

Dikutip pinhome, sate bekicot banyak sekali ditemukan di Desa Djengkol Kabupaten Kediri, lebih tepatnya sebelah tenggara kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Bahkan, di daerah ini bekicot bukan hanya diolah menjadi sate saja, melainkan diolah juga menjadi panganan lainnya, seperti tongseng, keripik, krengsengan, serta masih banyak lagi olahan berbahan dasar bekicot.

Baca juga: Sate, Salah Satu Sajian yang Wajib Anda Coba Saat Mampir Ke Kota-Kota ini!

Kerap Dijadikan Oleh-Oleh dari Kota Kediri, Getuk Pisang

source : bisnisukm

Terakhir, kuliner khas Kota Kediri yang wajib Anda cicipi saat mampir ke kota ini adalah getuk pisang. Bahkan, tak jarang wisatawan yang menjadikan getuk pisang sebagai oleh-oleh khas dari tanah Kediri.

Pisang yang digunakan adalah jenis pisang nangka. Alasannya, karena tekstur pisang nangka lebih padat dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Rasanya yang manis legit dan sedikit masam, membuat siapa saja sulit untuk menolak kuliner ini.

Baca juga: Berikut Ini Kudapan Olahan Buah Pisang yang Bisa Dijadikan Ladang Bisnis

KawanKAWN, baru saja kita ulas beberapa kuliner khas dari Kota Kediri yang wajib Anda cicipi. Apakah Anda pernah mencoba salah satunya? Lantas bagaimana dengan rasa dan kesan Anda? Yuk diskusikan di kolom komentar!